Pengertian Welder, Gaji, Kualifikasi dan Tempat Pelatihannya

Welder merupakan salah satu jenis pekerjaan. Bagi beberapa orang, jenis pekerjaan yang satu ini tampaknya sepele dan dipandang rendah. Padahal pekerjaan dalam bidang welding bisa memberikan penghasilan dalam jumlah yang tinggi.

Jika pekerja mempunyai sertifikat yang mendukung dan bisa bekerja dengan lebih profesional, maka penghasilan yang didapatkan bisa lebih besar lagi. Sebaiknya pekerjaan jenis ini tidak dipandang rendah karena bahkan tidak semua orang bisa melakukan jenis pekerjaan yang satu ini.

Pengertian Welder

Welder adalah salah satu pekerjaan khusus yang membutuhkan keahlian mengenai welding atau pengelasan. Pengelasan sendiri adalah suatu proses untuk menyambungkan benda yang dibuat dari bahan khusus, seperti besi, baja, aluminium, atau jenis logam yang lain.

Istilah lain untuk orang yang bekerja dalam bidang welding adalah tukang las atau juru las. Meskipun disebut sebagai ‘tukang’, tidak sembarang orang bisa mendapatkan profesi ini. Juru las harus mempunyai suatu sertifikasi tertentu sehingga bisa memperoleh penghasilan yang tinggi.

Kedengarannya, pekerjaan welder adalah pekerjaan yang mudah. Padahal seseorang perlu memenuhi kriteria dan kualifikasi tertentu agar bisa lolos dan mendapatkan profesi tersebut.

Kualifikasi Welder

welder indonesia

Jenis pekerjaan yang satu ini sangat dibutuhkan di dunia industri dan di dunia konstruksi bangunan. Seorang juru las perlu mempunyai kemampuan yang sesuai dengan berbagai kualifikasi yang sudah ditentukan. Ada beberapa kualifikasi yang perlu dipenuhi untuk bisa meraih profesi ini, yaitu:

Kualifikasi Berdasarkan Kelas

Kualifikasi yang pertama dibagi menjadi 3 bagian atau 3 kelompok, yaitu kelas 1, kelas 2, serta kelas 3. Apa saja perbedaannya?

1. Welder kelas 1

Merupakan welder yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pengelasan, terutama terhadap suatu sambungan yang mengalami tekanan. Kelas 1 adalah tingkatan pekerjaan yang paling tinggi dalam dunia pengelasan.

2. Welder kelas 2

Merupakan juru las yang diperbolehkan untuk melakukan pengelasan pada beberapa bagian tertentu, misalnya bagian penyangga, tangan, isolasi, atau dapur pengapian yang ada pada ketel uap. Kelas 2 adalah tingkatan pekerjaan yang ada di bagian tengah.

3. Welder kelas 3

Merupakan juru las yang hanya bisa melakukan proses pengelasan di beberapa bagian tertentu, yaitu di bagian yang tidak mendapatkan tekanan apapun. Welding operator yang terakhir ini adalah kelas yang paling rendah dibandingkan dengan dua kualifikasi lain welder yang disebutkan sebelumnya.

Kualifikasi Berdasarkan Jenis Objek

Selain berdasarkan kelasnya, jenis pekerjaan sebagai juru las juga bisa dikelompokkan berdasarkan jenis objek yang dikerjakan. Berdasarkan jenis objeknya, ada 2 kualifikasi juru las, yaitu:

1. Welder pipe

Juru las yang termasuk dalam kategori ini adalah yang mempunyai kemampuan khusus untuk melakukan suatu proses pengelasan pada sambungan pipa yang tingkat kesulitannya lebih tinggi dibandingkan dengan pengelasan pelat.

Kategori pekerjaan yang satu ini dibagi lagi menjadi dua kategori berbeda, yaitu berdasarkan ukuran diameter pipa yang sudah disambungkan dan berdasarkan posisi pengelasannya. Level yang paling tinggi dari jenis pekerjaan ini adalah 6G.

2. Welder plate

Orang yang kerja sebagai welder adalah orang yang hanya boleh mengerjakan proses pengelasan pada sambungan plat saja. Meskipun begitu, posisi pekerjaan yang satu ini juga dibagi lagi menjadi beberapa kategori.

Pengkategorian pekerjaan pengelasan plate didasarkan pada posisi plat yang disambungkan dan berdasarkan tingkat ketebalan platnya. Kelas yang paling tinggi adalah yang paling mampu untuk mengerjakan proses pengelasan mulai dari 1G dan 2G, serta 3G dan 4G.

Sertifikasi Welder

Sertifikat welder diperlukan jika seseorang ingin mendapatkan penghasilan yang tinggi dari pekerjaan pengelasan ini. Sertifikasi yang akan diberikan untuk pekerjaan pengelasan dikeluarkan oleh BNSP dan LSP. Jenis sertifikasi itu sendiri terbagi menjadi dua.

Yang pertama adalah sertifikat las atau berdasarkan mesin pengelasan yang digunakan. Dan jenis yang kedua adalah berdasarkan posisi pengelasan. Program apa saja yang bisa ditempuh untuk mendapatkan sertifikasi? Dimana tempat untuk mendapatkan pelatihan dan sertifikasi?

Program Sertifikasi Welder

Agar seseorang bisa memperoleh sertifikasi, sangat disarankan untuk mencermati berbagai program yang tersedia. Berikut pengelompokan sertifikasi yang tersedia:

1. Welder kelas 1

Plate Pipe
1G 1G
2G 2G
3G 5G
4G 6G

2. Welder kelas 2

Plate Pipe
1G 1G
2G 2G
3G 5G
4G

3. Welder kelas 3

Plate Pipe
1G 1G
2G 2G

Mengenai tempat pelatihan dan tempat pengadaan sertifikat welder Indonesia, pelatihan bisa dilakukan di tingkat nasional dan di tingkat internasional. Sertifikasinya diberikan oleh beberapa lembaga resmi, antara lain IIW, Kemenaker, Migas, dan BNSP.

Gaji Menjadi Seorang Welder

pekerjaan welder

Saat melihat-lihat lowongan kerja, salah satu hal yang mungkin Anda pertanyakan adalah berapa gajinya. Gaji seorang juru las sangat bervariasi, apalagi kalau sudah profesional di bidang ini. Berikut beberapa perkiraan gaji seorang juru las.

Gaji Welder Skala Nasional

Seorang juru las skala nasional bisa mendapatkan penghasilan antara Rp 3.500.000 sampai Rp 10.000.000. Nominal gaji yang akan didapatkan berbeda-beda, tergantung jumlah lemburnya dan daerah tempat pekerjaan tersebut dilakukan.

Gaji Welder di Luar Negeri

Untuk skala internasional, gaji seorang juru las bisa lebih besar lagi, yaitu antara Rp 25.000.000 hingga Rp 30.000.000.

Gaji Welder dengan Kualifikasi Khusus

Kualifikasi khusus bisa berupa pengelasan untuk konstruksi pipa gas dan air atau pengelasan untuk area bawah laut. Gaji untuk profesi yang satu ini biasanya dimulai dari Rp 2.200.000 per jamnya.

Tips Menjadi Welder Profesional

Bagi Anda yang membutuhkan pekerjaan yang gaji yang tinggi, pastikan untuk mengikuti beberapa tips berikut sehingga bisa menjadi salah seorang juru las yang profesional dan dicari dimana-mana.

  1. Harus mengerti dan memahami tugas seorang juru las dengan sangat baik. Pekerjaan yang satu ini mengharuskan Anda untuk mempunyai fisik yang sehat dan mental yang tangguh.
  2. Bersedia untuk mengikuti semua jenis pelatihan untuk menjadi juru las. Pelatihan bisa diperoleh dari pemerintah, tempat kursus, atau bahkan dari perguruan tinggi.
  3. Bersedia untuk mempelajari berbagai fase dalam pekerjaan pengelasan, mulai dari fase termudah seperti menjadi helper hingga fase yang paling sulit.
  4. Bersedia untuk mengikuti training sehingga bisa memperoleh sertifikasi untuk bisa bekerja menjadi juru las yang jauh lebih profesional dan bisa diandalkan.
  5. Sering melakukan komunikasi dengan banyak juru las yang lain, terutama dengan yang sudah punya banyak pengalaman. Sehingga ilmu pun bisa bertambah.

Seorang juru las juga perlu mempelajari tentang K3LH sehingga bisa bekerja dengan lebih aman dan bisa menghindari berbagai bahaya yang tidak diharapkan. Berbagai perlindungan diri seperti helmet perlu digunakan dengan baik sehingga pekerjaan ini tidak akan membahayakan dirinya sendiri.

Pekerjaan sebagai welder adalah pekerjaan yang tidak biasa. Penghasilannya pun luar biasa. Profesi ini sangat cocok untuk orang-orang yang membutuhkan penghasilan yang tinggi dan ingin mempunyai pekerjaan yang menantang, bukannya pekerjaan yang biasa-biasa saja.

Leave a Comment