Alat Komunikasi Modern dan Tradisional

Alat Komunikasi merupakan hal penting yang menjadi kebutuhan setiap orang untuk saling berinteraksi. Alat komunikasi digunakan untuk menyampaikan dan menerima informasi, baik secara personal atau massal.

Seiring waktu, alat komunikasi terus berubah mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Semua alat komunikasi yang pernah ada baik tradisional maupun modern dianggap efektif dan mampu memberi pesan kepada penerimanya untuk berkomunikasi.

Zaman dahulu, ada beragam jenis alat komunikasi yang digunakan antara lain merpati pos, surat, telegraf, kentongan, dan koran. Tentu saja ada perbedaan signifikan antara alat komunikasi zaman dahulu dan masa kini. Berikut ulasannya!

Alat Komunikasi Tradisional

alat komunikasi zaman dahulu

Sebelum orang-orang berkirim pesan dengan mudah dan cepat melalui ponsel pintar seperti sekarang, dulu orang-orang menggunakan alat komunikasi yang tergolong masih tradisional atau kuno.

Alat komunikasi tradisional ini memanfaatkan benda atau hewan di sekitar sebagai penyambung lidah, belum ada sentuhan teknologi canggih seperti pada alat komunikasi saat ini.

Meski butuh waktu lebih lama untuk mengirim pesan, namun alat komunikasi tradisional ini kerap menjadi penyelamat saat ingin mengabarkan suatu hal kepada orang lain.

Berikut beberapa alat komunikasi pada zaman dahulu yang beberapa diantaranya masih digunakan hingga kini.

1. Asap

Siapa sangka asap yang sering kita lihat ternyata pernah menjadi alat komunikasi. Zaman dahulu, asap menjadi alat komunikasi paling diandalkan saat tersesat di hutan. Kepulan asap yang menjulang tinggi mengisyaratkan pesan bahwa ada seseorang yang sedang butuh bantuan.

Dalam pramuka, asap juga menjadi sinyal untuk memberitahukan suatu informasi.

2. Daun Lontar dan Prasasti

Tulisan adalah alat komunikasi yang umum digunakan dari dulu hingga sekarang. Yang berbeda hanya medianya. Dulu, orang menulis pesan berupa surat atau catatan penting lainnya di daun lontar dan prasasti.

Daun lontar dan prasasti menjadi media pengganti kertas yang belum ada pada zaman dahulu. Meskipun cukup sulit, namun alat komunikasi ini memiliki kelebihan yaitu tahan lama.

3. Telepon Kaleng

Mungkin Anda pernah melihat anak-anak bermain telepon-teleponan dari kaleng pada tahun 80-90an. Ternyata, telepon kaleng memang digunakan orang zaman dahulu untuk berkomunikasi.

Dua buah kaleng yang dihubungkan seutas tali dengan panjang sekitar 5-15 meter. Lalu masing-masing kaleng diletakkan pada mulut (yang berbicara) dan kaleng lainnya diletakkan di telinga (yang mendengar). Suara akan merambat pada tali. Begitulah pesannya tersampaikan.

4. Lonceng

Lonceng adalah alat komunikasi yang digunakan dengan mengandalkan bunyinya. Bunyi lonceng menjadi tanda pengingat orang-orang tentang waktu ibadah dan sinyal bahaya.

Sebelumnya, lonceng juga menjadi alat komunikasi di sekolah sebagai tanda waktu masuk kelas, istirahat, dan pulang sekolah. Namun kini, fungsi lonceng sudah digantikan dengan bel listrik.

5. Kentongan

Tak berbeda jauh dengan lonceng, kentongan juga alat yang mengeluarkan bunyi dan dijadikan sebagai alat komunikasi.

Kentongan masih banyak digunakan hingga kini, terutama di Desa-desa. Alat ini biasanya digunakan saat siskamling dan menandakan adanya maling atau bahaya bencana.

Bila kentongan dipukul berkali-kali secara pelan menandakan situasi aman, sementara jika dipukul dengan keras disertai teriakan artinya ada bahaya.

6. Merpati Pos

Meski sudah tak pernah digunakan lagi, namun merpati pernah berperan penting menjadi “pak pos” pada zaman dahulu.

Merpati adalah salah satu hewan yang dilatih untuk dijadikan sebagai pembawa pesan. Meski banyak hewan lain yang juga bisa dilatih, namun merpati diyakini memiliki kemampuan yang baik soal komunikasi jarak jauh.

Cara berkirim pesan melalui merpati sering kita lihat di film-film kerajaan zaman dulu. Sebuah surat diikat di bagian kaki atau badan merpati agar tidak lepas, lalu merpati diterbangkan sesuai dengan tujuan pengiriman pesan.

7. Surat

Surat adalah alat komunikasi yang paling banyak digunakan di semua kalangan masyarakat. Surat memiliki kelebihan yaitu si pengirim dapat menulis pesan sebanyak yang diinginkan tanpa ada batasan.

Meski membutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai ke tujuan, surat menjadi salah satu alat komunikasi yang baik dalam mengirim informasi. Kini, cara mengirim surat berbentuk fisik sudah beralih menjadi elektronik atau lebih dikenal dengan email.

8. Hewan Terlatih

Ada beberapa hewan yang memiliki kemampuan khusus untuk dapat menyampaikan dan mengirim pesan, tentunya harus dilatih terlebih dahulu. Selain merpati, hewan lain tersebut adalah anjing.

Jika merpati biasanya digunakan untuk mengantarkan surat, anjing digunakan sebagai pengintai. Hingga kini, anjing merupakan hewan yang berperan penting khususnya dalam membantu aparat keamanan dalam melakukan tugas atau operasi tertentu.

Anjing akan menyampaikan pesannya dengan memberikan sinyal melalui tingkah laku atau gonggongannya.

9. Sandi Morse

fungsi alat komunikasi

Berbeda dengan alat komunikasi lain, sandi morse menggunakan isyarat dalam menyampaikan pesan. Isyarat yang dimaksud adalah mengganti huruf atau angka menjadi titik dan garis yang disusun sehingga membentuk karakter tertentu.

Samuel Finley Breeze Morse atau lebih dikenal dengan Samuel FB Morse, bersama Alfred Vail pada tahun 1835 menemukan sandi ini. Sandi morse tidak bisa dibaca secara tersurat melainkan harus diterjemahkan secara khusus.

Beberapa cara berkomunikasi dengan menggunakan sandi morse antara lain menggunakan peluit, simbol, ketukan jari, sinar lampu, gerak, tulisan, cermin, dan denyut listrik.

Saat ini sandi morse masih digunakan, salah satunya saat pramuka dengan cara menggunakan sinyal pesan melalui bendera. Lampu lalu lintas juga merupakan sandi morse karena menggunakan sinar lampu sebagai alat komunikasinya.

10. Telegraf

alat teknologi komunikasi

Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan listrik. Alat ini memiliki tembaga khusus yang berfungsi menangkap atau mengirimkan sinyal jarak jauh. Telegraf juga digunakan untuk mengirim pesan berupa sandi morse.

Alat ini cukup populer pada masanya, meski sudah mulai langka, namun telegraf masih digunakan di bidang militer dan pelayaran.

Seiring waktu dan perkembangan teknologi, beberapa alat komunikasi tradisional sudah mulai ditinggalkan. Meskipun ada beberapa jenis alat komunikasi kuno yang masih digunakan hingga kini seperti kentongan dan sandi morse.

Namun, setelah itu muncullah beberapa jenis alat komunikasi lain yang dianggap lebih modern dan cepat serta mudah dalam berkomunikasi. Apa saja alat komunikasi modern tersebut? Berikut uraiannya!

Alat Komunikasi Modern

gambar alat komunikasi

Alat komunikasi modern memiliki kelebihan yaitu lebih canggih dan dapat mengirim pesan dengan mudah dan cepat. Alat komunikasi modern juga dianggap lebih menarik karena dapat mengirim pesan atau informasi secara real time tanpa harus menunggu berhari-hari.

Tak hanya mengirim pesan, alat komunikasi modern juga bisa menghibur dan memberikan informasi yang lebih beragam dari seluruh penjuru dunia.

1. Telepon Kabel

Alat komunikasi modern yang pertama adalah telepon kabel. Telepon kabel memiliki jangkauan luas dan jauh, antar kota, negara, bahkan antar benua.

Karenanya, penemuan alat komunikasi ini menjadi salah satu penemuan terbesar yang pernah ada. Penemu telepon pertama sebenarnya adalah Antonio Meucci, warga Italia sebagaimana ditetapkan Kongres Amerika Serikat pada 11 Juni 2002.

Sesuai dengan namanya, telepon kabel menggunakan jaringan kabel yang menghubungkan antara satu telepon dengan telepon lainnya. Inilah alasan telepon kabel memiliki jangkauan luas.

2. Handphone atau Smartphone

Handphone atau smartphone bisa dikatakan primadona dari semua jenis alat komunikasi yang pernah ada. Sekarang ini, hampir seluruh orang di penjuru dunia memiliki handphone.

Awalnya bentuk handphone tidak setipis dan seringan sekarang. Saat pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper pada tahun 1973, handphone memiliki bentuk yang berbeda dengan berat dua kilogram.

Semakin canggih teknologi, handphone pun bertransformasi dari waktu ke waktu hingga menjadi seperti sekarang. Berkomunikasi dengan alat ini pun tak hanya dapat dilakukan melalui suara, tetapi juga bertatap muka langsung atau disebut video call.

Seperti telepon kabel, jangkauan handphone juga sangat luas tanpa ada batasan jarak dan waktu. Handphone bisa dikatakan alat komunikasi yang sangat lengkap. Hingga kini handphone atau smartphone masih terus mengalami perkembangan baik dari segi tampilan maupun fitur.

3. Televisi

Televisi adalah media elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi. Televisi menyampaikan informasi secara massal melalui audio visual.

Benda berbentuk petak ini pertama kali ditemukan ini oleh pria Skotlandia bernama John Logie Baird. Dalam perkembangannya, televisi telah mengalami banyak perubahan baik dari segi bentuk maupun fitur-fiturnya.

Sekarang ini, setiap rumah pasti memiliki televisi. Televisi begitu diminati karena tak hanya sebagai sarana berkomunikasi melainkan juga media hiburan. Ada banyak program televisi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

4. Koran

Alat komunikasi modern selanjutnya adalah koran. Koran merupakan sarana komunikasi dan informasi yang berbentuk tulisan dan gambar.

Melalui tulisan dan gambar, koran berkomunikasi dengan cara menginformasikan berbagai macam berita yang terjadi di berbagai belahan dunia kepada orang-orang di sekitar.

Tema yang disajikan pun beragam, mulai dari sosial, politik, hiburan, hingga lowongan pekerjaan.

5. Komputer

Perkembangan teknologi benar-benar tak pernah berhenti. Selalu ada inovasi baru yang diciptakan guna memudahkan kegiatan manusia. Contohnya adalah komputer.

Dengan menggunakan bantuan jaringan internet, Anda bisa terhubung dengan rekan atau saudara yang berada jauh baik di luar kota maupun luar negeri.

Komunikasi yang bisa diakses menggunakan komputer antara lain chatting, media sosial, dan email. Tak hanya sebagai sarana berkomunikasi, komputer juga berfungsi sebagai komputasi, alat penyimpan dan pengolah data.

Alat canggih bisa kita nikmati berkat temuan pria kelahiran London bernama Charles Babbage yang terkenal dengan julukan bapak komputer.

6. Radio

manfaat alat komunikasi

Radio adalah alat komunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Berbasis audio, radio hanya bisa didengar melalui frekuensi tertentu. Melalui pancaran gelombang tersebutlah informasi berupa suara dapat disampaikan dan diterima.

Radio juga merupakan alat komunikasi yang menyampaikan berita secara massal. Meski tak lagi sepopuler televisi maupun handphone, alat komunikasi modern temuan fisikawan asal Italia, Guglielmo Marconi ini hingga kini masih memiliki tempat di hati para pecintanya.

Itulah beberapa macam alat komunikasi yang pernah digunakan orang-orang untuk berkomunikasi. Setiap alat komunikasi baik tradisional maupun modern memiliki fungsi serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Leave a Comment