Alat Penghemat Listrik Rekomendasi dan Terbaik

Keberadaan listrik sangat penting bagi kehidupan manusia. Karenanya, semua manusia pasti membutuhkan energi ini. Namun, Anda bisa menikmati energi ini dengan lebih hemat yaitu dengan memakai alat penghemat listrik.

Karena dengan adanya alat ini, kebutuhan listrik sehari-hari tetap terpenuhi dengan baik. Namun, biaya yang ada lebih kecil sehingga Anda bisa menggunakan dana yang ada untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Tentunya terdapat banyak alat yang dapat menghemat pemakaian listrik tersebut. Akan tetapi, Anda bisa memilih beberapa alat penghemat listrik terbaik di bawah ini.

Original Home Electric Saver

alat penghemat listrik token

Perangkat electricity saving box yang pertama adalah original home electric saver. Alat ini merupakan produk asli Indonesia karena penciptanya adalah Bapak Bambang Sugiyono.
Produk ini mudah dibeli karena tersedia secara online. Selain itu, terdapat 3 tipe dari alat ini yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, yaitu:

  • Type A dengan 900-1300 VA
  • Type B dengan 2200-4400 VA, dan
  • Type C dengan 5500-8800

I-SORJ Soft Starter 2A-440 W

skema alat penghemat listrik

Alat penghemat daya listrik satu ini juga banyak tersedia di toko elektronik ataupun secara online. International SORJ ini merupakan alat yang baik untuk menghemat listrik karena dapat menahan lonjakan listrik pada awal penggunaan.

Selain itu, alat ini bisa menjadi stabilizer karena tegangan yang ada tidak berubah. Oleh karena itu, alat ini cocok digunakan di rumah yang tegangan listriknya mudah naik dan turun.

Dragon Power

Anda juga bisa memilih dragon power sebagai alat penghemat listrik rumah. Perangkat ini bekerja dengan efektif karena mampu menghemat biaya listrik dari 10-35%. Namun, penghematan ini bergantung kepada banyaknya peralatan elektronik yang digunakan.

Cara kerja alat penghemat listrik ini cukup sederhana. Anda bisa mengetahuinya dari voltmeter yang digunakan untuk memeriksa tegangan listrik. Fuse yang berguna untuk mengatasi konsleting dan lampu LED sebagai pertanda alat ini aktif atau tidak, serta bisa menjadi lampu tidur di malam hari.

HANNES Intelligent Power Saver

membuat alat penghemat listrik

Alat lain yang bisa Anda pilih adalah Hannes. Harga alat penghemat listrik satu ini cukup ringan karena dimulai dari Rp 400 ribuan. Alat ini sangat kecil dan ringan sehingga mudah dibawa dan digunakan.

Produk ini diyakini dapat menghemat pemakaian listrik sampai 25-45%, sehingga Anda bisa menghemat biaya listrik dengan maksimal. Alat ini juga berguna sebagai stabilizer sehingga daya yang masuk tetap stabil walaupun tegangan listrik sering naik-turun di kediaman masing-masing.

Zenco 40 A

alat penghemat listrik terbaik

Pilihan alat penghemat listrik token adalah Zenco 40 A. Alat ini berasal dari Jepang sehingga kualitas teknologinya tidak perlu diragukan kembali. Selain itu, perangkat ini bisa mengurangi pemakaian listrik dari 10-40%.

Selain itu, alat ini bisa memperbaiki efisiensi jaringan listrik dengan baik, menjaga alat elektronik menjadi tahan lama, mudah dipakai karena cocok untuk pulsa atau prabayar. Harganya juga cukup murah karena dimulai dari Rp 200 ribuan.

Enter Indonesia

Alat penghemat listrik 900 watt atau lebih lainnya yang dapat dipilih adalah Enter Indonesia. Perangkat ini cukup bagus karena mampu menghemat pengeluaran listrik sekitar 10-40%.

Selain itu, alat ini memiliki kemampuan untuk menjaga stabilitas arus serta tegangan listrik, mengurangi lonjakan listrik ketika alat elektronik baru dipakai, mudah digunakan dan dirawat, dan lainnya.

Hanya saja, alat ini termasuk mahal jika dibandingkan dengan alat lainnya yang sejenis. Karena, Enter Indonesia dibanderol sebesar Rp 1.6 juta. Oleh karena itu, Anda harus menabung terlebih dahulu jika menginginkan alat ini.

Power Optimizer

Alat penghemat energi listrik lainnya adalah produk Power Optimizer. Produk Power Optimizer sebagai penghemat listrik cukup banyak karena dibedakan dari dayanya. Semakin besar dayanya maka semakin mahal pula harganya.

Namun, alat ini bekerja dengan baik karena Anda bisa menghemat listrik sampai 40%. Tentu hal ini bergantung kepada banyaknya alat elektronik yang digunakan. Namun, pastikan Anda memilih perangkat ini sesuai dengan daya yang tertera di rumah masing-masing agar alat ini dapat bekerja dengan maksimal.

Electricity Saving Box

Jika Anda ingin alat yang bisa menghemat pemakaian listrik namun harganya murah meriah maka Electricity Saving Box adalah pilihannya. Alat ini banyak dijual secara online dengan harga yang bervariasi. Namun, harganya berkisar Rp 30 ribu- Rp 70 ribuan.

Produk ini digadang-gadang mampu menghemat listrik sampai 30%, melindungi alat elektronik di rumah, mudah dipakai karena tinggal dicolok pada stop kontak yang dekat dari meteran.

Namun, banyak pihak yang ragu akan alat ini. Bahkan beberapa orang telah memberikan review langsung dan menyimpulkan electricity saving box adalah alat penghemat listrik bohong. Jadi, lebih baik Anda mencari produk yang menghemat listrik yang lebih berkualitas.

Kingsaver

alat penghemat energi listrik

Alat lain yang bisa Anda pilih adalah Kingsaver yang tersedia bebas secara online. Jadi, Anda bisa mencari alat ini dengan mudah. Perangkat ini cukup murah karena dibanderol mulai dari Rp 200 ribuan.

Selain itu, perangkat ini mampu menghemat pemakaian listrik sampai 40%. Produk ini merupakan kapasitor Bank Plus yang diperuntukkan khusus untuk pemakaian rumah. Karena tujuan utamanya adalah menstabilkan daya listrik terutama pada saat pemakaian awal alat elektronik.

Power Star

alat penghemat daya listrik

Alat penghemat listrik pln yang umum digunakan di masyarakat adalah Power Star. Perangkat ini terdiri dari dua tipe yaitu tipe 2200 watt dan 8800 watt. Oleh karena itu, Power Star menjadi alat penghemat listrik 2200 watt yang sangat baik.

Alat satu ini mudah digunakan karena cukup sambungkan ke stop kontak yang paling dekat dengan meteran di rumah Anda. Pastikan untuk mengaktifkan fitur auto agar lonjakan pemakaian listrik dapat diminimalisir. Ketika tidak dipakai, Anda tinggal geser saklarnya ke posisi off tanpa harus mencabut kabelnya.

EPS

Alat lain dengan rangkaian alat penghemat listrik yang baik adalah EPS (Electronic Power Saver). Alat ini cukup sederhana namun ampuh dalam menghemat pemakaian listrik. EPS ini juga cocok digunakan di rumah, kantor, ruko dan lainnya.

Listrik yang dihemat mencapai 40%. Hal ini dapat terjadi karena alat ini memiliki fungsi menaikan daya, mengurangi lonjakan pemakaian listrik pada awal pemakaian, menghilangkan arus semu, sekaligus meningkatkan daya tahan alat elektronik.

Magic Save

cara kerja alat penghemat listrik

Produk satu ini membuat alat penghemat listrik yang cukup ampuh. Selain mampu mengurangi penggunaan listrik sampai 40%, Anda juga memperoleh berbagai manfaat lainnya seperti efisiensi yang lebih baik, alat elektronik tidak mudah rusak dan listrik di rumah menjadi stabil.

Alat penghemat listrik rumah satu ini juga memiliki sistem keamanan yang baik karena mencegah overload. Selain itu, terdapat sekring yang menjaga jika terjadi gangguan pada arus listrik.

Power Plus

Pilihan alat lainnya adalah power plus yang cocok digunakan baik pada rumah, kantor dan tempat lainnya. Alat ini mampu menghemat listrik sampai 40% sehingga sangat menguntungkan bagi siapa saja.

Alat penambah daya listrik sangat baik karena memiliki proteksi yang baik menahan panas. Selain itu, terdapat standar keamanan sehingga aman digunakan. Alat ini harus dipasang pada stop kontak yang terdekat dengan meteran agar fungsinya dapat bekerja dengan maksimal.

Lumina

alat penghemat listrik rumah

Alat penghemat listrik lainnya adalah Lumina yang bisa diperoleh dengan mudah dari website jual beli di Indonesia. Hanya saja harganya cukup mahal karena dimulai dari Rp 1 jutaan.

Namun, harga yang diberikan sepadan karena review alat penghemat listrik Lumina terbukti bisa mengurangi pemakaian listrik sampai 40%, mudah dipakai dan tidak ada perawatan, bisa dipakai untuk menstabilkan arus listrik dan pastinya mengurangi tarikan awal pada alat elektronik.

HES Type 1

rangkaian alat penghemat listrik

Pilihan terakhir yang dapat menjadi alternatif pilihan adalah HES Type 1. Alat ini cukup kecil dan sederhana namun mampu menghemat listrik sampai 30%. Skema alat penghemat listrik cukup sederhana karena akan menurunkan arus yang masuk pada tegangan yang stabil.

Harga alat penghemat listrik ini mulai dari Rp 300 ribuan sehingga termasuk murah dan bisa menjadi pilihan Anda. Alat ini sangat baik karena tidak melanggar aturan PLN. Selain itu, dengan HES Type 1 maka alat elektronik di rumah akan lebih awet.

Nah, itulah beberapa alat penghemat listrik yang harus Anda ketahui. Setiap alat ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Karenanya, pilihlah alat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Leave a Comment