Jenis Kabel Listrik Beserta Spesifikasinya

Kabel merupakan komponen utama dalam instalasi listrik. Jenis kabel listrik terdapat berbagai macam dengan fungsi dan spesifikasi yang berbeda.

Dalam proses instalasi harus dilakukan oleh tenaga ahli. Kenapa demikian? Jika dilakukan oleh orang yang tidak mengerti soal kabel listrik bisa membahayakan keselamatan jiwanya.

Mengerti tentang jenis-jenis kabel itu penting. Anda harus harus tahu jenis kabel yang biasa Anda gunakan di rumah. Hal ini supaya memudahkan Anda saat ada kerusakan ringan kabel listrik di rumah Anda.

Belajar Mengenal Jenis-jenis Kabel

kabel jaringan

Jenis-jenis kabel listrik dan spesifikasinya penting untuk dipelajari. Hal ini karena listrik adalah sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Semua butuh listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin tahu merk kabel listrik dan jenis jenis kabel instalasi listrik bisa simak ulasan di bawah ini:

Kabel NYY

Kabel NYY merupakan salah satu jenis kabel listrik yang terbuat dari kabel tembaga. Isolasi dari kabel ini berbahan PVC. Untuk ukuran isolasi selubung luar adalah kisaran 0,6 kv – 1 kv.

Spesifikasi Kabel NYY mencakup beberapa hal di bawah ini:

  • Pertama adalah N yang mencakup Kabel inti tembaga.
  • Kedua Y yang mencakup Isolasi PVC.
  • Ketiga Y yang mencakup Selubung luar isolasi PVC.

Kabel jenis NYY memiliki fungsi dalam hal instalasi tertanam. Dalam instalasinya bisa tunggal, 2 hingga mencapai 4 inti. Untuk bagian selubung luar dan isolasi berbahan PVC.

Fungsi kabel berbahan PVC ini sangat aman dari serangan tikus. Meskipun, kabel ini tertanam di jenis tanah apapun.

Dalam pembangunannya biasanya sering difungsikan dalam instalasi kabel listrik bawah tanah dan pada tembok Gedung.

Kabel NYM

ukuran kabel listrik

Kabel NYM bisa dikatakan tergolong dalam tipe kabel jenis tembaga. Untuk bahan isolasi terbuat dari bahan PVC. Ukuran kabel listrik jenis NYM ini untuk isolasi bagian luarnya kisaran 300v – 500v.

Spesifikasi Kabel NYM mencakup beberapa hal di bawah ini:

  • N mencakup kabel inti tembaga.
  • Y mencakup Isolasi PVC.
  • M mencakup Isolasi kabel lebih dari satu.

Fungsi kabel jenis NYM adalah untuk instalasi pada kabel jaringan kelistrikan rumah, sistem tenaga dan Gedung. Terdiri dari 2 – 4 inti dan memiliki bahan isolasi PVC dua lapis. Dengan begitu, kabel jenis NYM tingkat keamanannya lebih tinggi.

Keuntungan menggunakan kabel NYM adalah bisa diaplikasikan pada tempat basah dan kering.

Jenis kabel ini tidak cocok jika diterapkan pada instalasi kelistrikan bawah tanah. Alasannya, kabel NYM merupakan diantara jenis jenis kabel instalasi listrik untuk rumah dan untuk pemasangan luar bukan untuk lainnya.

Kabel NYA

Jenis kabel NYA ini masih sama dengan dua jenis kabel yang sudah dijelaskan di atas yaitu berbahan tembaga. Hanya saja berbeda pada ukuran isolasinya yang berkisar 450v – 750v. Ukuran kabel cukup tebal yaitu 1,5 mm2 – 2,5 mm2.

Spesifikasi untuk jenis kabel NYA yaitu bisa simak di bawah ini:

  • N adalah kabel inti tembaga
  • Y adalah PVC
  • A adalah kabel tunggal

Kode warna kabel listrik jenis kabel NYA ada hitam, biru, kuning dan merah. Jika Anda bingung mencari kabel lampu dan macam macam kabel yang cocok untuk instalasi di rumah, maka kabel NYA adalah pilihannya.

Selain, untuk instalasi rumah, Anda bisa gunakan untuk instalasi udara dan sistem tenaga.

Supaya kabel menjadi awet, Anda perlu tambahkan pipa kabel untuk melindungi kabel dari serangan tikus. Ukuran kabel yang kecil dan hanya terdiri dari satu lapisan, membuatnya lebih mudah terkelupas.

Jenis kabel ini juga rentan rusak akibat gesekan yang terlalu sering dan keras. Anda juga harus menghindarkan dari air. Hal yang perlu diingat juga, kabel ini bukanlah jenis kabel untuk ditanam.

Kabel AAAC

jenis jenis kabel instalasi listrik

Untuk kabel AAAC ini terbuat dari bahan silikon-aluminium-magnesium yang tergolong dalam logam campuran. Konstruksi kabel AAAC cukup kuat dan anti karat. Kabel AAAC sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan pemasangan kabel Anda bertahan lama.

Fungsi dari kabel ini sering digunakan dalam upaya menangkal petir. Dengan memasang kabel AAAC, maka bisa sebagai penghantar penangkal petir dari atas ke tanah.

Kabel ACSR

Jenis kabel ACSR sering sebenarnya adalah sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan Aluminium Conductor Steel-Reinforced. Konstruksi dari jenis kabel ini adalah kawat penghantar yang terbuat dari bahan alumunium.

Untuk bahan kabel ACSR juga diperkuat dengan inti kawat baja dan bisa untuk mendinginkan inti dari kabel karena tidak adanya isolator pada kabel.

Kabel ACSR merupakan jenis kabel listrik PLN. Jadi, sangat mampu untuk menerima tegangan yang ekstra tinggi.

Pada perusahaan PLN dalam menyalurkan listrik ke beberapa tempat, jaraknya cukup berjauhan. Untuk itu dibutuhkan kabel kuat tarik yang tinggi. Oleh karena itu, kabel ACSR menjadi pilihan bagi Perusahaan Listrik PLN dalam menggunakan kawat penghantar ACSR ini.

Kabel Bare Core atau BC

Sebutan untuk kabel Bare Core sering dikenal dengan nama kabel polos. Fungsi kabel ini adalah untuk konduktor saja.

Kabel Bare Core sendiri memiliki dua jenis jika dilihat dari bahan pembuatannya yaitu:

Kabel BC Aluminium. Sering sekali disebut dengan All Aluminium Conductor (AAC). Contoh jenis kabel ini ada kabel ACAR dan AAAC.
Kabel BC Tembaga. Sering juga disebut dengan Bare Copper Conductor (BCC). Contoh untuk kabel dari bahan tembaga in adalah BBC-Hard.

Kabel ACAR

Jenis kabel jaringan PLN lainnya adalah kabel ACAR. Kabel ACAR sendiri juga merupakan singkatan dengan kepanjangan Aluminium Conductor Alloy Reinforced.

Sebagai salah satu jenis kabel listrik outdoor dan sering digunakan untuk penghantar listrik oleh perusahaan listrik PLN, ACAR ini juga memiliki kekuatan yang lebih dibanding kabel Bare Core.

Hal ini dikarenakan untuk bahannya sendiri dari campuran logam dan aluminium. Sehingga selain jadi distribusi listrik oleh PLN, juga untuk transmisi listrik juga.

Kabel NYMHY

Jika Anda ingin tahu jenis kabel listrik serabut salah satunya adalah kabel NYMHY. Spesifikasi Kabel NYMHY adalah mencakup beberapa hal seperti berikut ini.

  • N merupakan bagian Kabel inti tembaga
  • Y merupakan bagian Isolasi PVC
  • M merupakan bagian inti kabel lebih dari satu
  • H merupakan bagian kabel fleksibel atau berserabut
  • Y adalah selubung luar isolasi PVC

Selubung isolasi untuk kabel NYMHY adalah berkisar 300v – 500v. Terdiri dari kabel inti tunggal atau lebih dan berbahan tembaga fleksibel atau tembaga berserabut.

Jenis kabel ini sangat cocok untuk instalasi dalam rumah. Namun, dalam pemindahannya pastikan tempatnya harus kering.

Kabel NYMHY memiliki isolasi plastik yang mampu menahan panas. Tapi, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Anda harus memperhatikan temperaturnya pada titik sambung kabel yang tidak diperbolehkan melebihi 85 derajat celcius.

Jika Anda tidak berhati-hati, nanti akan membahayakan kabel. Akibatnya kabel mudah rusak dan takutnya akan menyebabkan kebakaran pada area sekitar kabel.

Kabel NYYHY

Masih dengan jenis kabel serabut lainnya yaitu ada kabel NYYHY. Spesifikasi atau komponen dari NYYHY memiliki bagian-bagian seperti:

  • N adalah Kabel inti tembaga
  • Y adalah Isolasi PVC
  • Y merupakan isolasi PVC
  • H merupakan kabel fleksibel atau berserabut
  • Y adalah selubung luar isolasi PVC

Kabel ini termasuk dalam kabel yang biasa digunakan untuk kabel rumah. Kabel NYYHY termasuk jenis kabel audio, sehingga bisa digunakan untuk keperluan menyambungkan suara keluar dari handphone, laptop ke pengeras suara.

Selain itu, kabel NYYHY merupakan jenis kabel data. Jadi, kamu bisa gunakan untuk transfer data dari laptop ke handphone atau sebaliknya.

Kabel N2XY

kabel listrik pln

Jenis kabel listrik yang terakhir ada Kabel N2XY. Bahan dari jenis kabel ini adalah campuran semikonduktor dan aluminium serta tembaga. Kabel N2XY berselubung PVC dan berisolasi PVC.

Jenis kabel ini tergolong dalam kabel dengan tegangan rendah. Jadi, saat penggunaan perlu adanya proses pendinginan atau tidak bisa digunakan dalam waktu yang terlalu lama.

Tegangan yang direkomendasikan adalah berkisar 600/1000 V. Jenis kabel ini biasa digunakan dalam rangkaian power elektronik.

Belajar mengenal jenis kabel listrik memang penting. Hal ini agar bisa tepat dalam instalasi kabel listrik baik dalam memilih jenis kabel maupun dalam perlakuan kabel. Sebagai saran, Ketika ingin melakukan instalasi supaya gunakan alat yang lengkap atau serahkan ke ahlinya saja.

Leave a Comment