Pengertian Wifi, Fungsi dan Cara Kerja

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah sangat akrab dengan WiFi. Umumnya, WiFi identik dengan jaringan internet wireless atau tanpa kabel. Apakah pengertian WiFi yang sebenarnya?

WiFi digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat elektronik, seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dan video game konsol.

Pengertian WiFi Secara Umum

Apa itu WiFi? WiFi singkatan dari istilah Wireless Fidelity. Secara umum, WiFi adalah frekuensi gelombang radio yang dapat terkoneksi dengan berbagai perangkat yang mendukung. Adapun frekuensi yang digunakan untuk jaringan WiFi mulai dari 2,4 GHz hingga 5 Ghz.

Dahulu, internet bukanlah kebutuhan pokok, melainkan hanya sebagai tambahan. Namun seiring perkembangan zaman, internet telah menjelma menjadi kebutuhan pokok atau primer.

Tak heran jika saat ini banyak muncul perusahaan yang menawarkan layanan internet. Perusahaan tersebut dijuluki sebagai Internet Service Provider (ISP).

Karena layanan internet WiFi semakin terjangkau, saat ini WiFi sudah bisa dijumpai di berbagai tempat umum, seperti terminal, bandara, kafe, restoran, mall, bahkan di rumah-rumah warga.
The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menetapkan standar jenis jaringan WiFi sebagai berikut:

  • 802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz (wireless B, G, N)
  • 802.11a 54 Mb/s 5 GHz (wireless A)
  • 802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz (wireless B)
  • 802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz (wireless B, G)

Frekuensi WiFi B merupakan jenis WiFi yang pertama kali diluncurkan dan digunakan. Sedangkan tipe G dan N menjadi produk yang terjual paling banyak pada 2005 lalu.

WiFi dibagi menjadi dua jenis menurut bentuk fisiknya, yaitu PCI dan USB WiFi. PCI lebih sering digunakan untuk perangkat desktop seperti personal komputer. Sedangkan USB WiFi dipakai untuk keperluan portabel dan bisa dibawa ke mana-mana.

Pengertian WiFi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian WiFi. Berikut ini merupakan beberapa di antara banyak pendapat ahli yang beredar:

1. Onno W. Purbo

WiFi adalah standar yang sering dipergunakan sebagai alat bantu dalam komunikasi di jaringan wireless atau tanpa kabel. Ada pun alat bantu tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh IEEE.

Umumnya, jaringan wireless ini dibagi dalam sebuah ruangan atau ruang lingkup komunitas tertentu sehingga bisa digunakan secara bersamaan.

2. Priyambodo

WiFi merupakan bentuk standar dari wireless networking atau jaringan tanpa kabel, yang berguna sebagai penyempurnaan dari berbagai unsur di dalam jaringan, supaya dapat terhubung dengan internet dengan lebih mudah dan praktis.

3. Yuhezir

WiFi merupakan kependekan dari wireless fidelity, artinya perangkat standar yang dipakai untuk berkomunikasi dalam ruang lingkup lokal tanpa harus menggunakan kabel sebagai media.

4. Doni Kurniawan

Pengertian WiFi menurut Doni adalah teknologi lama yang sudah ada pada netbook atau laptop Pentium 3 dan generasi setelahnya. Dengan kata lain, WiFi adalah jaringan nirkabel dengan teknologi terbaru yang wajib ada pada netbook atau laptop.

5. Jubile Interprise

WiFi adalah teknologi jenis baru dalam dunia TIK yang bekerja dalam sebuah jaringan, terutama Wireless Local Network atau WLAN.

Sejarah WiFi

jaringan nirkabel

Sejarah perkembangan WiFi dapat dilihat pada timeline berikut ini:

  • 1997: IEEE membuat jaringan wireless dengan nama 802.11.
  • 1999: muncul wireless B dengan frekuensi 2,4 GHz yang mampu melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 11 Mbps. Sinyal wireless B rentan gangguan karena memiliki frekuensi yang sama seperti microwave.
  • 2003: wireless G diluncurkan, namun masih memiliki frekuensi di angka yang sama yaitu 2,4 GHz. Kecepatan transfer data meningkat hingga mencapai 54 Mbps.
  • 2009: wireless N diperkenalkan, WiFi yang satu ini dapat menjangkau area yang lebih luas ketimbang pendahulunya. Kecepatan transfer data pun meningkat hingga 300 Mbps dengan 2 antena dan mencapai 450 Mbps bila menggunakan 3 antena.
  • 2014: wireless AC yang berjalan pada frekuensi 5 GHz mulai diperkenalkan. Teknologi wireless yang satu ini mampu mentransfer data dengan kecepatan sangat tinggi, mencapai 1 Gbps.

Fungsi Jaringan Wifi

koneksi internet menggunakan WiFi

Secara umum, WiFi memiliki 5 fungsi sebagai berikut:

1. Media Komunikasi Wireless

WiFi di sini merupakan media transmisi baru yang berperan sebagai pengganti kabel dalam jaringan. Hal ini membuat instalasi jaringan di suatu ruangan atau kantor menjadi lebih ringkas dan praktis.

Pengguna yang ingin terhubung dengan jaringan tak perlu lagi menancapkan kabel pada perangkat elektroniknya.

2. Modem dari Smartphone

Perangkat elektronik seperti smartphone bisa terhubung dengan internet tanpa harus menyalakan data seluler berkat adanya koneksi internet menggunakan WiFi.

Tak hanya sampai di situ, smartphone pun bisa dijadikan sebagai modem wireless jika sudah mendukung teknologi WiFi hotspot. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan akses internet kepada laptop ketika sedang berada di tempat yang tidak menyediakan WiFi.

3. Akses Internet dengan Kecepatan yang Stabil

Umumnya kecepatan internet WiFi jauh lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan data seluler. Jaringan internet WiFi bisa lebih stabil karena tidak terpengaruh dengan sinyal. Pengguna WiFi bisa streaming video tanpa putus-putus serta mendownload file dengan lebih cepat.

4. Berbagi Data antar Perangkat

WiFi tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengakses internet. Manfaat WiFi yang keempat adalah mengirimkan data antar perangkat elektronik, seperti smartphone, laptop, dan PC.

Misalnya mengirimkan data dari smartphone ke laptop atau sebaliknya. Kecepatan transfer data melalui WiFi jauh lebih tinggi dibanding menggunakan USB. Dengan begitu, waktu atau durasi yang diperlukan untuk menyalin atau memindahkan file menjadi lebih singkat.

5. Menghubungkan Perangkat ke Dalam Suatu Jaringan

Kegunaan WiFi yang terakhir adalah untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus. Misalnya menghubungkan printer dengan laptop, smartphone dengan smartlamp, dan lain sebagainya.

Jaringan WiFi ini mampu menggantikan peran kabel dengan sangat baik. Bahkan satu laptop atau smartphone bisa terhubung dengan beberapa perangkat sekaligus, hanya dengan menggunakan satu jaringan WiFi yang sama.

Cara Kerja Wifi

teknologi WiFi

Pada dasarnya, teknologi WiFi menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi. Data yang dikirimkan dari sender ke receiver bergerak di udara dengan kecepatan tinggi menggunakan gelombang radio.

Receiver harus memiliki wireless adaptor, sehingga bisa tersambung dengan gelombang WiFi serta menerjemahkan data yang dikirimkan melalui gelombang radio.

Gelombang radio tersebut wujudnya berupa sinyal yang dikirimkan menuju router yang berguna sebagai penerjemah kode atau decoder. Setelah kode selesai diterjemahkan dan menjadi data, selanjutnya data dikirimkan menuju jaringan internet memakai koneksi dari ethernet.

Jaringan WiFi tersebut bekerja di dua arah sekaligus. Jadi, perangkat WiFi mengirimkan data dari internet, sekaligus mengirimkan data ke router lalu setiap paket data tersebut diubah menjadi kode.

Kode dikirimkan ulang dalam bentuk sinyal atau gelombang radio dan diterima oleh adaptor di perangkat komputer atau smartphone. Selain mempelajari tentang WiFi, tidak ada salahnya kita mengulik tentang pengertian mikroprosesor yang masih ada kaitannya dengan WiFi.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WiFi

jenis jaringan WiFi

Seperti teknologi pada umumnya, WiFi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Inilah daftar keunggulan serta kelemahan yang dimiliki oleh jaringan WiFi:

Kelebihan

1) Lebih hemat biaya untuk instalasi.
2) Lebih tahan terhadap berbagai macam gangguan dan lebih awet.
3) Minim penggunaan kabel dan mengantisipasi ruangan yang tidak bisa dipasangi kabel.
4) Lebih praktis untuk membagikan file dan akses ke internet. Hotspot WiFi juga bisa digunakan kapan pun di mana pun.
5) Tidak memerlukan banyak pengaturan karena hanya perlu setting router dan modem. Sekali masuk dan terhubung dengan jaringan WiFi, pengguna tak perlu melakukan pengaturan ulang di waktu mendatang, kecuali ada perubahan SSID atau password.

Kekurangan

1) WiFi cenderung rentan terhadap pembobolan serta pencurian data, terutama pada publik WiFi yang tidak diamankan dengan password. Oleh sebab itu, sebaiknya password dilengkapi dengan WiFi sebagai lapisan keamanan.
2) Jangkauan sinyal WiFi terkadang tidak merata, terutama untuk perangkat yang letaknya jauh dari router. Sinyal WiFi juga terbatas oleh jarak.
3) Cuaca dan iklim sedikit banyak dapat berpengaruh terhadap kualitas jaringan WiFi. Misalnya ketika mendung dan hujan, jaringan WiFi lebih rentan mengalami gangguan.
4) Jaringan WiFi kurang cocok jika dipakai untuk mengirimkan data dengan ukuran yang terlampau besar.

Pengertian WiFi secara singkat adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio. Manfaat WiFi sangat banyak seperti menyediakan jaringan internet, melakukan transfer data, serta menghubungkan banyak perangkat sekaligus.

Leave a Comment