Pompa Sentrifugal, Bagian-bagian dan Prinsip Kerja

Pompa sentrifugal banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya bagi masyarakat umum, tetapi juga berguna di kalangan industri dan pertanian.

Ada berbagai macam bentuk dan karakteristik dari pompa. Lalu, bagaimana penjelasan lengkap mengenai fungsi, klasifikasi, termasuk kelebihan dan kelemahannya? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

Fungsi dan Bagian-bagian Pompa Sentrifugal

komponen pompa sentrifugal

Definisi pompa sentrifugal adalah sebuah mesin yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk menghasilkan energi fluida dari energi mekanik melalui pipa.

Beberapa bagian penyusun di dalam pompa terdiri dari cakram serta sudut-sudut, dengan salah satu komponen penting berupa impeller.

Berikut komponen pompa sentrifugal serta penjelasan lengkapnya.

  1. Casing atau volute casing dalam pompa memiliki bentuk yang menyerupai diffuser. Bagian ini memiliki fungsi untuk membuat kecepatan tekanan aliran di dalam pompa menurun.
  2. Impeller menjadi bagian penting yang akan menentukan kinerja pompa. Sebab, impeller pompa sentrifugal memiliki fungsi untuk menyalurkan energi menuju aliran atau fluida. Dalam penggunaannya sendiri, impeller memiliki tipe yang terbuka dan tertutup, contohnya tipe radial, tipe single flow, tipe non-clogging, tipe multi stage, serta tipe single stage.
  3. Bearing memiliki bagian yang bergerak (disebut rotor) dan bagian yang tidak bergerak (disebut stator). Bagian yang membuat rotor bergerak adalah adanya gotri. Bearing atau sering disebut sebagai klaker ini berfungsi untuk menahan agar shaft berputar dengan lancar tanpa beban.
  4. Shaft memiliki fungsi untuk membantu putaran yang berasal dari motor penggerak menuju impeller.
  5. Packing berguna untuk pencegahan jika ada kerusakan yang menyebabkan kebocoran cairan dalam pompa.
  6. Coupling memiliki fungsi untuk menghubungkan putaran ke poros yang digerakkan
  7. Diffuser berguna untuk menghasilkan energi tekan dari energi kinetik.

Klasifikasi Pompa Sentrifugal

karakteristik pompa sentrifugal

Jenis-jenis pompa sentrifugal dapat dibedakan dalam beberapa klasifikasi. Mulai dilihat dari tipe impeller, bentuk rumah pompa, rangkaian, letak dari poros, dan kapasitasnya. Berikut adalah ulasan singkatnya:

  1. Jika dilihat dari tipe impeller, ada yang memiliki impeller terbuka, impeller tertutup, dan impeller setengah terbuka.
    Biasanya, banyak yang menggunakan pompa dengan impeller terbuka karena mampu memompa cairan dengan banyak kotoran yang lebih besar dari pasir.
  2. Berdasarkan bentuk rumah pompa, ada pompa volute dan diffuser. Biasanya, pompa diffuser digunakan dalam industri yang besar karena mampu meningkatkan kinerja pompa dengan lebih kuat.
  3. Dilihat dari rangkaiannya, ada pompa dan rangkaian paralel dan rangkaian seri.
  4. Berdasarkan letak poros pompa, ada pompa yang vertical (berporos tegak) dan horizontal (poros mendatar).
  5. Berdasarkan kapasitasnya, ada yang memiliki kapasitas dengan tekanan tinggi, tekanan menengah, dan tekanan rendah.

Kegunaan Pompa Sentrifugal dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan pompa dengan gaya sentrifugal ini telah membantu banyak kehidupan manusia. Terutama bagi kehidupan para petani dan industri.

Para petani memanfaatkannya untuk memompa air dari sumur atau sungai menuju sawah. Bahkan, masyarakat juga menggunakannya sebagai media pompa air.

Selain mempermudah urusan pertanian, manfaatnya juga sangat besar di kalangan industri. Sebab, dapat membantu mengalirkan berbagai zat cair seperti minyak, garam cair suhu tinggi, hingga bermanfaat untuk industri perkapalan.

Prinsip Kerja Pompa Sentrifugal

jenis jenis pompa sentrifugal

Pompa sentrifugal memiliki prinsip kerja yang sederhana, yaitu mengubah energi mekanik menjadi fluida. Fluida yang dihasilkan akan diarahkan menuju saluran buang , lalu memanfaatkan impeller untuk mengubah fluida menjadi energi tekanan.

Keunggulan dan Kelemahan Pompa Sentrifugal

Dalam kehidupan sehari-hari, pompa dengan prinsip kerja sentrifugal memang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan dari pompa:

Keunggulan Pompa Sentrifugal

  • Bagian pompa sentrifugal berupa motor penggerak bisa langsung tersambung ke pompa
  • Ada banyak jenis sehingga bisa disesuaikan kebutuhan
  • Tidak memakan banyak tempat
  • Mampu mengalirkan zat cair secara kontinyu
  • Perawatan pompa sentrifugal lebih mudah
  • Harga lebih terjangkau
  • Cara pengoperasian pompa lebih sederhana

Kelemahan Pompa Sentrifugal

  • Kerugian terjadi jika terjadi kebocoran
  • Kurang efisien untuk zat cair yang lebih kental

Terlepas dari kekurangannya, pompa sentrifugal memiliki banyak manfaat dalam memudahkan berbagai keperluan industri dan pertanian. Sehingga, tidak heran apabila banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Leave a Comment