Jenis-jenis Sinar Inframerah

Sinar inframerah termasuk tipe radiasi energi tidak tampak mata telanjang. Tetapi kehadirannya bisa dirasakan karena manfaat sinar inframerah beragam. Salah satunya untuk kebutuhan sehari-hari. Anda tidak bisa lepas dari manfaatnya sejalan dengan perkembangan teknologi.

Perlu diketahui, aktivitas mengandalkan inframerah digunakan setiap waktu. Misalnya untuk Smartphone, transfer data, teleskop astronomi, remote control dan aktivitas lainnya.

Misalnya saat Anda menyalakan televisi menggunakan remote, pasti lampu kecil pada remote menyala karena diarahkan pada bagian kamera televisi. Proses penghantaran Televisi menyala karena kinerja inframerah.

Jenis-jenis Infrared

bahaya sinar inframerah

Sinar inframerah pertama kali ditemukan oleh Astronom Inggris bernama William Herschel. Ia menemukan infrared saat mencari bahan penyaring optik dan menemukan radiasi berwarna merah. Hal tersebut menjadi awal penamaan inframerah sampai sekarang.

Saat itu, radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang sinar lebih pendek. Seiring berjalannya waktu, infrared memiliki beberapa jenis. Berikut ada jenis infrared yang harus diketahui, antara lain:

1. Infrared Dekat ( NIR)

Jenis infrared pertama adalah inframerah jarak dekat dengan panjang gelombang elektromagnetik 0.75 um sampai 1.5 um.

Fungsi infrared jarak dekat atau NIR, tak kalah penting karena untuk alat mencitrakan pandangan malam hari.

Fungsi tersebut disebut Nightscoop, NIR membuat aktivitas Anda di luar ruangan tidak terganggu walaupun malam hari. Apalagi aktivitas malam semakin signifikan sehingga keamanannya harus terjaga.

2. Infrared dengan Gelombang Pendek (SWIR)

Infrared gelombang pendek atau Short Wavelength memiliki panjang 1.4 sampai 3 micrometer. Walaupun Anda mengetahui manfaat sinar inframerah beragam, tetapi harus mengetahui bahaya sinar inframerah. Dengan begitu kegunaan infrared lebih maksimal tanpa menimbulkan masalah.

Anda harus bijak menggunakan benda yang mengandalkan sinar inframerah. Jangan tergiur dengan hal besar yang memicu bahaya, apalagi saat bahaya mendekat bisa meresahkan masyarakat.

3. Infrared dengan Gelombang Menengah (MWIR)

manfaat sinar inframerah

Jenis infrared selanjutnya adalah infrared gelombang menengah atau Mid-Wavelength. Jenis tersebut memiliki panjang gelombang 3 sampai 5 micrometer. Jenis MWIR digunakan untuk teknologi rudal karena harus mencari panas.

Selain itu, infrared mampu menghasilkan sinar gamma di suatu ruangan. Anda pasti mengetahui infrared yang sudah mendunia, pasalnya infrared menghasilkan gelombang mikro yang stabil dan terarah.

4. Infrared dengan Gelombang Jauh (LWIR)

Sumber sinar inframerah adalah api dan matahari, untuk itulah peran keduanya dibutuhkan. Mengingat sinar inframerah dihasilkan oleh api maupun cahaya matahari, dengan begitu api atau matahari harus ada sehingga infrared bisa bekerja.

Selain itu, radiasi dari sinar inframerah termasuk jenis radiasi elektromagnetik layaknya cahaya tampak. Panjang jenis infrared gelombang jauh adalah 8 micrometer sampai 15 micrometer.

Fungsinya adalah mendapat gambar objek pasif yang suhunya lebih tinggi dari suhu ruangan.

5. Far Infrared (FIR)

Jenis terakhir adalah far infrared dengan panjang gelombang mencapai 15 sampai 1000 micrometer. Sementara suhunya mencapai -80.15 celcius, far infrared sudah banyak digunakan.

Bahkan ada mesin pengering sayuran yang menggunakan teknologi far infrared. Gelombang dari FIR membuat kualitas sayuran tetap baik walaupun dikeringkan dengan alat teknologi.

Anda suka menyantap sayuran kering atau instan di pusat perbelanjaan? Tidak lengkap jika tak mengetahui prosesnya. Sejatinya, sayuran instan tersebut mendapat bantuan teknologi sinar inframerah jenis FAR.

Kegunaan Infrared

sinar inframerah adalah

Kegunaan sinar inframerah beragam dan bisa dirasakan oleh semua kalangan dan berbagai bidang. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Untuk Kesehatan

Infrared memiliki getaran yang menghasilkan cairan untuk tubuh, otomatis meningkatkan ph tubuh dan meningkatkan metabolisme. Infrared mampu menciptakan molekul air pada tubuh agar selalu aktif, tak heran banyak alat kesehatan mengandalkan infrared.

Spektrum gelombang elektromagnetik infrared memang tinggi, dengan begitu hasil pemeriksaan cepat keluar. Apalagi tubuh yang tidak sehat memberikan respon kondisi kesehatan yang cepat ditangkap infrared.

Manfaat infrared di bidang kesehatan beragam dan banyak yang membuktikannya. Diantaranya mencegah resiko gagal jantung. Gelombang sinar inframerah mampu meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh sehingga tubuh lebih rileks.

Kesehatan wajib dijaga agar semangat menjalani aktivitas, untuk itulah infrared digunakan tenaga kesehatan. Dengan begitu Anda bisa menjaga kesehatan di rumah atau bantuan dokter, apalagi banyak alat kesehatan infrared yang dijual. Anda bisa menggunakannya di rumah saat waktu luang.

  • Untuk Komunikasi

Sistem sensor pada infrared berfungsi menghubungkan antara dua perangkat. Dengan begitu memberikan pengendalian jarak jauh, alarm keamanan dan optimalisasi sistem. Perlu Anda ketahui, terdapat LED inframerah yang fungsinya sebagai pemancar. Bahkan dilengkapi rangkaian khusus sehingga meningkatkan data untuk dikirimkan.

Sementara di bagian penerima memiliki fotodioda, fototransistor dan modulasi inframerah untuk menerima sinar inframerah yang dikirimkan pemancar. Keberadaan infrared membuat aktivitas jarak jauh lebih optimal karena tidak membutuhkan sinyal. Kamu bisa mentransfer data di saat cuaca buruk atau mati lampu.

Pengiriman data dari ponsel menjadi rutinitas Anda, apalagi zaman digital ini dominan menggunakan Smartphone untuk kegiatan. Untuk itulah infrared cocok untuk semua orang karena pengiriman data tidak memakan biaya.

  • Untuk Keruangan

Inframerah pada bidang keruangan dipancarkan dengan bentuk sinar infrared pada suatu objek. Foto infrared akan bekerja berdasarkan pancaran panas suatu objek, fungsinya untuk membuat lukisan panas yang bisa menggambarkan daerah mana yang panas dan tidak.

Walaupun sifat sinar inframerah tidak dilihat mata telanjang tetapi kehadirannya dirasakan Anda. Apalagi kegunaan infrared dalam fisioterapi beragam. Manfaatnya mencakup kesehatan dan kehidupan sehari-hari, baik aktivitas di dalam rumah maupun di luar ruangan.

Infrared untuk keruangan memberikan hasil lebih cepat dengan kualitas yang tajam. Bahkan bisa digunakan saat gelap maupun di cahaya redup.

  • Untuk Industri

Bidang industri mengandalkan infrared, salah satunya untuk lampu infrared dengan panas 2500 derajat kelvin. Lampu tersebut digunakan untuk memanaskan bahan baku industri, misalnya besi, logam, kayu dan sejenisnya.

Selain itu cahaya infrared mampu memberikan informasi struktur tanah dan karakteristik kelembabannya. Sejatinya, infrared memiliki frekuensi standar 300 GHZ sampai 400 THZ. Semakin panjang gelombang maka suhunya semakin rendah.

Sinar inframerah menguntungkan Anda karena banyak kelebihannya. Selain itu penggunaan baterai irit dan bisa mendeteksi suhu, alhasil bisa Anda gunakan untuk penelitian atau pengembangan di bidang industri.

Sinar inframerah merupakan salah satu contoh dari cahaya matahari yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, misalnya alat masak, bola lampu dan peralatan rumah tangga lainnya.

Sinar inframerah memiliki kegunaan dan jenis yang beragam. Kehadirannya membantu Anda melakukan kegiatan, bahkan populer di bidang kesehatan. Apalagi manfaat sinar inframerah untuk wajah, kaum wanita mengidolakan alat kesehatan dengan infrared karena hasilnya maksimal. Pastinya tanpa efek samping atau memicu masalah kesehatan.

Leave a Comment