Cara Memperbaiki Lampu LED Sendiri

Anda mengalami lampu rumah yang tiba-tiba mati total? Jangan langsung ganti dengan yang baru, tapi coba untuk memperbaikinya. Ada beberapa cara memperbaiki lampu led yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

Penggunaan lampu LED kini semakin banyak karena awet lebih dari lampu bohlam. Daya tahan lampu LED sendiri bisa mencapai 20 tahun sehingga sekarang semakin banyak yang beralih ke lampu LED.

Namun, bukan berarti lampu LED minim kerusakan atau tiba-tiba mati total sebelum waktunya. Lampu LED yang tiba-tiba mati total bukan hal yang asing lagi.

Jika di rumah Anda tiba-tiba mati atau memiliki tanda-tanda akan mati seperti berkedip, maka ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Setelah itu, ikuti cara memperbaiki lampu led yang rusak yang akan kita bahas di bawah ini.

Cara Lampu LED Sendiri di Rumah

cara memperbaiki lampu led yang rusak

Apabila dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, lampu LED memang lebih unggul dalam berbagai aspek. Namun, kerusakan seperti berkedip, mati total, dan lainnya pasti dapat terjadi sesekali.

Lampu LED yang rusak belum tentu tidak dapat Anda gunakan kembali. Anda bisa mencoba untuk memperbaiki lampu LED berkedip atau bahkan mati total.

Sebelumnya, Anda harus cek lampu LED putus penyebabnya apa saja. Sebab, cara untuk memperbaikinya pun akan berbeda. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki lampu LED berdasarkan penyebab kerusakannya.

Mati Total Tanpa Gejala

Apabila lampu rumah Anda tiba-tiba mati tanpa adanya gejala seperti redup atau berkedip maka ketahui terlebih dahulu alasan kenapa lampu led strip tidak menyala.

Jika mati total, maka penyebabnya bisa jadi ada dua yaitu karena LED SMD yang rusak atau bagian Elco kembung. Untuk itu, Anda harus membongkarnya terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kerusakannya.

Cara memperbaiki lampu sorot LED yang rusak pada bagian LED SMD adalah sebagai berikut.

  1. Sebelumnya, Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan seperti soldier, multitester, dan pinset. Setelah itu, lepas casing lampu agar lebih mudah memperbaikinya.
  2. Setelah itu, cek satu persatu micro LED dengan menggunakan multitester. Jika tidak memiliki multitester maka Anda juga bisa melihatnya dengan mata telanjang.
  3. Ciri dari micro LED yang rusak adalah tidak terdeteksi oleh multitester. Jika dilihat dengan mata telanjang maka akan terlihat bercak hitam. Tandi micro LED yang rusak agar lebih mudah diperbaiki.
  4. Penyebab lampu LED putus adalah salah satu micro LED nya gosong atau rusak. Oleh karena itu, Anda bisa langsung memperbaiki micro LED yang bermasalah.
  5. Lepaskan bagian luar LED dari badan lampu kemudian cabut micro LED yang rusak dengan pinset. Setelah itu, satukan micro pada bagian positif dan negatifnya dengan menggunakan solder.
  6. Hati-hati saat melepaskan micro LED menggunakan pinset karena dapat menyebabkan micro LED lainnya ikut rusak. Begitu pula saat pemasangan kembali LED menggunakan solder harus berhati-hati.
  7. Setelah selesai, pasangkan kembali LED pada badan lampu dan coba nyalakan lampu melalui saklar. Kini, lampu Anda sudah menyala dan bisa digunakan kembali.

Apabila Elco (kapasitor elektrolit) Meledak

cek lampu led putus

Penyebab lampu LED redup atau mati total lainnya adalah kapasitor elektrolitnya yang meledak. Jadi, apabila micro LED tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan artinya terdapat kerusakan pada Elco.

Untuk memperbaiki lampu LED yang rusak karena Elco meledak juga sangat mudah. Namun, sebelumnya persiapkan alat multitester agar dapat mendeteksi kerusakan pada elco. Setelah itu, ikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Bongkar bagian dalam lampu LED untuk mengecek bagian kapasitor elektrolit (Elco). Setelah itu, cek menggunakan multitester dengan menempelkan multitester sisi negatif pada bagian positif elco dan sebaliknya.
  2. Lihat pada alat multitester saat dihubungkan dengan elco. Apabila tidak menunjukkan angka kilo ohm, artinya elco sudah tidak berfungsi dan harus diganti.
  3. Dalam mengganti elco tidak bisa sembarangan. Anda harus memasang kembali elco dengan nilai dan ukuran yang sama seperti sebelumnya. Kemudian dipasang kembali pada bagian lampu.
  4. Pastikan semua bagian dalam lampu sudah terpasang dengan aman. Lalu, pasangkan kembali lampu dan coba untuk menyalakannya.

Jika Jeglek Saat Dihidupkan

Listrik jeglek saat menyalakan lampu? Jangan dulu panik. Anda bisa mencoba untuk memperbaiki lampu LED terlebih dahulu ketika mengalami hal ini.

Penyebab listrik jeglek saat lampu dihidupkan karena terdapat kerusakan pada dioda. Dioda merupakan salah satu komponen penting pada lampu LED yang memiliki fungsi untuk menyearahkan arus.

Apabila terdapat kerusakan pada dioda bridge maka solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Jadi, Anda tidak perlu membeli lampu baru tapi cukup dengan mengganti bagian dioda bridge pada lampu saja.

Cara Memperbaiki Lampu LED Emergency Otomatis

lampu led berkedip

Ketika terjadi pemadaman listrik, otomatis lampu ikut mati yang dapat menghambat aktivitas. Maka dari itu, banyak yang menggunakan lampu LED emergency untuk keadaan darurat.

Namun, terkadang ketika hendak digunakan lampu emergency tiba-tiba rusak tanpa tanda-tanda. Jika Anda mengalami hal serupa, simak cara memperbaiki lampu neon emergency berikut ini.

  1. Cek terlebih dahulu komponen-komponen yang ada di dalam mampu. Apabila terdapat kabel yang putus maka sambungkan kembali dengan solder. Jangan lupa untuk menutupkan dengan selotip agar tidak konslet.
  2. Apabila kabel tersambung semua dan aman, cek komponen lainnya apakah ada yang terbakar atau tidak. Jika ada yang terbakar maka ganti dengan komponen baru yang sama.
  3. Cek juga bagian micro LED terdapat bagian yang gosong atau tidak. Jika ada, maka cara memperbaikinya sama seperti seperti sebelumnya. Anda harus melepas bagian yang gosong dan menyatukan kembali micro LED lainnya agar berfungsi kembali.

Cara Memperbaiki Lampu LED yang Redup

Sebelum mati total, biasanya cahaya lampu perlahan akan meredup dan akhirnya mati total. Sebelum mati total, sebaiknya Anda segera memperbaiki lampu agar dapat kembali digunakan.

Penyebab lampu led redup biasanya karena penurunan kapasitor pada lampu. Tentu ada banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah karena umur penggunaannya yang sudah lama.

Maka, wajar jika lampu mulai redup bahkan mati. Cara memperbaiki lampu led. yang redup adalah dengan mengganti kapasitornya dengan yang baru. Dengan cara ini, lampu dapat kembali bersinar terang seperti baru.

Namun, harus dipastikan kembali apakah terdapat kerusakan pada komponen lainnya atau tidak. Sebab, penurunan kapasitas kapasitor hanya salah satu dari banyaknya penyebab lampu redup bahkan mati.

Cara Memperbaiki Lampu LED Karena Baterai Soak

Lampu LED berkedip? Bisa jadi karena baterainya soak. Untuk bisa mengetahui kenapa lampu rumah berkedip bisa dengan mengecek tegangan pada aki kering.

Lampu yang masih berfungsi dengan baik akan menunjukkan angka 3.7 volt ketika diukur menggunakan voltase. Jika nilainya kurang dari 3.7 v, maka artinya baterai telah soak dan harus diganti.

Jangan khawatir jika baterai lampu LED rusak karena baterainya bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jadi, jika terdapat kerusakan karena baterai segera ganti baterai dengan yang baru sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Kesimpulan

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kerusakan pada lampu LED di rumah. Sebab, Anda bisa memperbaikinya sendiri bahkan setelah lampu mati total.

Namun. cara memperbaiki lampu led di atas tidak selalu bekerja dengan baik. Sebab, kerusakan pada setiap lampu akan berbeda dan tentu membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Anda masih bisa menggunakannya sebagai keinginan jika terjadi kerusakan pada lampu LED.

Leave a Comment