Cara Cek ID Pelanggan PLN

Ingin beli token listrik PLN, tapi lupa berapa nomor ID Anda? Jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk cek ID pelanggan PLN, mulai dari manual hingga secara online.

Sebelum membaca lebih lanjut tentang cara-cara mengetahuinya, Anda perlu tahu dulu seluk beluk tentang nomor khas tersebut.

ID pelanggan PLN adalah sebuah kombinasi nomor yang sifatnya unik, berbeda-beda antara satu pengguna PLN dan lainnya. Nomor ini melekat dengan nama pengguna listrik, sehingga tidak bisa salah atau tertukar-tukar. Nomor ini terdiri dari 11 hingga 12 angka.

Kali ini kita akan membahas tentang apa saja kegunaan ID PLN serta cara mengetahuinya baik secara manual maupun online.

Kegunaan ID PLN

cara mengecek id pelanggan PLN

ID PLN memiliki banyak kegunaan. Apabila salah nomor ID PLN, Anda tidak akan bisa membayar listrik atau membeli token sehingga listrik akan mati di rumah. Berikut adalah beberapa kegunaan ID PLN yang Anda perlu tahu.

1. Untuk Membeli Token Listrik

Nomor ID pelanggan PLN sangat penting jika Anda ingin membeli token listrik secara online. Membeli token listrik bisa Anda lakukan di bank, minimarket, atau e-commerce. Namun saat membeli, aplikasi akan meminta Anda menuliskan ID PLN yang benar.

Apabila ID yang Anda masukkan salah, maka stroom token tidak akan bisa masuk ke dalam meteran listrik.

2. Untuk Membayar Listrik

JIka menggunakan meteran listrik dengan sistem pascabayar, maka Anda perlu membayar tagihan listrik sebulan sekali. Jika terlambat, tentu akan ada sanksi berupa denda.

Saat membayar listrik baik melalui kantor PLN, transfer bank, e-commerce ataupun cara lainnya, Anda akan ditanya atau diminta memasukkan ID pelanggan PLN. Petugas yang melayani pembelian Anda tidak akan bisa memproses pembayaran jika tidak ada ID pelanggan yang benar.

3. Untuk Menerima Potongan Pembayaran Listrik

Pada kondisi tertentu, pemerintah bisa memberikan potongan pembayaran listrik. Biasanya pemerintah memberikan bantuan ini terutama untuk golongan rumah tangga dengan jumlah daya tertentu dan dalam kategori bersubsidi.

Cara menggunakan ID PLN untuk mendapatkan potongan pembayaran listrik ini bergantung pada kebijakan yang ada.

Misalnya pada stimulus diskon listrik PLN periode April – Juni 2021. Pada periode tersebut, potongan listrik akan langsung tersedia saat pelanggan dengan nomor ID yang sesuai kriteria membeli token listrik atau membayar tagihan.

Cara mengetahui apakah ID pelanggan Anda termasuk dalam kategori mendapatkan potongan harga, Anda bisa mengunjungi situs www.pln.co.id. Masukkan ID pelanggan di sana untuk cek ID pelanggan PLN subsidi.

Cara Cek ID Pelanggan PLN Manual

cek id pelanggan pln token

Ada dua jenis cara untuk cara mengetahui ID pelanggan PLN. Yang pertama adalah secara manual (tanpa internet) dan yang kedua adalah memanfaatkan informasi secara online.

Berikut adalah beberapa cara mengecek ID pelanggan PLN secara manual.

1. Lihat Pada Struk Pembayaran PLN

Bagi Anda yang merupakan pelanggan pasca bayar pasti sudah tak asing lagi dengan struk yang merupakan bukti sah pembayaran tagihan setiap bulannya.

Anda bisa cek ID pelanggan PLN pasca bayar dengan melihat struk tersebut. Nomor ID Anda akan ada di bagian kiri atas.

2. Temukan Pada Meteran PLN

Apabila saat ini Anda sedang berada di dekat meteran listrik yang akan Anda bayar tagihannya, maka amati meteran tersebut. Perhatikan barcode yang ada pada meteran tersebut. Di bawah barcode ada susunan kombinasi angka sebanyak 11 atau 12, dan inilah ID pelanggan Anda.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk cek ID pelanggan PLN prabayar.

3. Lihat Dari Kartu PLN

Langkah lain sebagai cara cek ID pelanggan PLN yang lupa adalah melalui kartu PLN. JIka Anda memegang kartu PLN, maka pada bagian depan, tepatnya di bawah tulisan Nomor Meter telah tertera nomor ID Anda.

Cara Cek ID Pelanggan PLN Online

Meskipun belum pernah melihat contoh ID pelanggan PLN, Anda dapat mengetahui nomor unik tersebut dengan melakukan ketiga langkah di atas. Namun jika saat ini Anda tidak berada di rumah sehingga tidak dapat mengakses semua sumber informasi manual tersebut, maka masih ada cara lain.

Berikut adalah cara mengecek ID secara online.

1. Melalui Website Resmi PLN

Anda dapat membuka www.pln.co.id untuk cek tagihan listrik PLN. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs pln online ini untuk mengetahui ID pelanggan.

Caranya, Anda perlu membuka https://portal.pln.co.id/ lalu pilih menu Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token. Pada halaman baru yang terbuka, Anda akan perlu memasukkan email, kata sandi, dan kode verifikasi. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat nomor ID pelanggan.

Sumber Gambar: https://portal.pln.co.id/

2. Dari Struk Pembayaran e-Commerce

Jika sebelumnya Anda sudah pernah melakukan pembayaran atau pembelian token listrik dengan e-commerce, maka cek ID pelanggan akan semakin mudah.

Cek id pelanggan PLN token maupun pascabayar bisa Anda lakukan dengan melihat kembali struk pembelian token lama/pembayaran tagihan sebelumnya. Di atas nama pemilik rekening biasanya tertera nomor ID pelanggan.

3. Akses Lewat Aplikasi PLN

Saat benar-benar lupa, Anda juga dapat mencari tahu nomor ID pelanggan melalui aplikasi resmi dari PLN, yaitu PLN Mobile. Aplikasi ini aman, dan bisa Anda dapatkan dari Google Play Store atau App Store.

nomor ID pelanggan PLN
Sumber Gambar: https://layanan.pln.co.id/info-layanan-pln/layanan-listrik-makin-mudah-dengan-pln-mobile

Bila sebelumnya Anda pernah mendaftarkan email dan nomor rekening listrik ke aplikasi tersebut, maka pengecekan ID pelanggan bisa dilakukan.

Caranya, cukup buka aplikasi tersebut, lalu login dengan memasukkan alamat email yang didaftarkan beserta passwordnya. Saat berhasil masuk, pada halaman utama akan tertera nama lengkap dan di bawahnya ada ID pelanggan.

Selain untuk melihat ID pelanggan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk cek tagihan PLN bulan ini maupun cek tagihan PLN bulan lalu.

4. Hubungi Customer Service PLN

Apabila Anda sudah mencoba berbagai cara tapi ID pelanggan PLN tidak ditemukan, maka cara terakhir ini bisa dicoba. Hubungi customer service yang nomornya tertera pada website layanan PLN.

Anda bisa telepon ke 123, email ke [email protected], facebook PLN 123, Instagram PLN123_official atau twitter @pln_123. Jika Anda mengalami masalah lain seperti ID pelanggan PLN diblokir, maka menghubungi customer service adalah solusi terbaik.

Selain melalui telepon atau media sosial, Anda juga bertemu langsung dengan customer service di kantor PLN. Di sana, Anda bisa cek ID pelanggan PLN dengan nama.

Kini Anda tak perlu bingung lagi saat butuh cek ID pelanggan PLN saat akan membeli token atau membayar tagihan listrik. Cukup praktekkan salah satu cara di atas, maka ID akan bisa digunakan.
Menurut Anda, cara manakah yang paling mudah?

Leave a Comment