Ungkap Rahasia di Balik Kode Meteran Listrik

Adakah rahasia di balik kode meteran listrik prabayar? Pada dasarnya, serentetan angka khusus tersebut adalah angka untuk mengetahui informasi tertentu di MCB (miniatur Cirkuit Breaker). Oleh karena belum banyak yang mengetahuinya, maka angka-angka tersebut seolah menjadi sebuah rahasia.

Sebenarnya, cukup penting tahu tentang kode rahasia meteran listrik itu, karena berkaitan dengan informasi mengenai jaringan elektrik di rumah. Contohnya, apabila ingin mengetahui jumlah KWH yang telah terpakai, atau mengecek penggunaan saat ini.

Apa yang Dimaksud dengan Kode Meteran Listrik?

Pengertian kode meteran listrik prabayar adalah kombinasi angka penting bagi pengguna untuk mengetikkannya pada layar miniatur Cirkuit Breaker. Tujuannya memerintahkan sistem menunjukkan informasi tertentu. Cara ini berguna dalam melakukan pengecekan berkaitan dengan penggunaan, riwayat pengisian, dan lainnya.

Kumpulan Beragam Kode Meteran Listrik Berbagai Merek

Saat ini sudah semakin banyak pengguna listrik prabayar. Keuntungan penggunaanya adalah pengguna dapat memiliki kendali terhadap pemanfaatan jumlah setrum di rumahnya. Namun, meteran listrik token yang terpasang bisa jadi berbeda-beda, dan kodenya pun berlainan pada masing-masing merek.

1. Kode Meteran Listrik Merek CONLOG

kode meteran listrik prabayar

Coba cek terlebih dahulu, merek MCB pada rangkaian listrik di rumah. Apabila brand yang ada pada perangkat tersebut adalah Conlog, maka bisa menggunakan kode-kode di bawah ini untuk mendapat informasi tertentu.

  • Apabila ingin mengetahui kode token listrik sebelumnya, bisa dengan cara mengetikkan kode #11#
  • Untuk melakukan pengecekan jumlah KWH pada pemakaian terakhir, cukup dengan mengetikkan #2#
  • Rata-rata penggunaan listrik akan muncul pada layar MCB meter apabila mengetikkan kode #1#
  • Selanjutnya, apabila ingin mengecek jumlah KWH pada pengisian terakhir, maka perlu mengetik kode #6#

2. Kode Meteran Listrik Merek GLOMET

kode token listrik

Lain halnya miniatur Circuit Breaker meter merek Conlog, pada brand Glomet ini terdapat angka khusus juga, dengan kombinasi berbeda. Berikut ini beberapa kode yang bermanfaat bagi pengguna MCB Glomet.

  • Kode rahasia token listrik pada MCB meter Glomet untuk mengecek KWH yang tersisa adalah dengan mengetikkan angka 37
  • Apabila ingin mengetahui total KWH penggunaan setrum sebelumnya, ketik kode 38. Untuk mengecek voltase listrik, pelanggan perlu mengetikkan kode 41 mada keypad MCB Glomet tersebut
  • Kombinasi angka saat ingin mengecek pemakaian daya adalah 47
  • Pengguna juga bisa mengetahui token listrik prabayar pada pengisian terakhir dengan mengetikkan kode 54
  • Penggunaan KWH pada proses pengisian terakhir juga akan tampak apabila pengguna mengetikkan kode 59
  • Adapun untuk mencegah meteran listrik mati akibat kehabisan, dapat memanfaatkan fitur alarm dengan mengeset batas minimal KWH yang tersedia. Caranya tentu saja dengan mengetikkan kombinasi angka 79
  • Setiap MCB pelanggan memiliki kode uniknya masing-masing. Letak kode meteran listrik adalah di bawah barcode pada MCB. Namun, pada merek Glomet ini ada kode khusus untuk mengetahui ID pelanggan, yaitu dengan mengetikkan angka 75.

3. Kode Meteran Listrik Merek ITRON

kode token pln

Pelanggan listrik dengan MCB meter merek ITRON juga dapat memanfaatkan beberapa kombinasi angka rahasia untuk mendapatkan informasi terkait listrik di rumahnya. Silakan catat beberapa kode yang penting ini.

  • Apabila pada layar MCB muncul kode PLN periksa, pengguna merek ini perlu melakukan reset. kode reset meteran listrik pulsa ini adalah dengan mengetikkan kode 00, kemudian enter
  • Pengecekan total penggunaan setrum pada periode sebelumnya adalah dengan mengetik 03
  • Kode 07 bermanfaat untuk mengetahui batasan jumlah KWH
  • Adapun kode 09 berguna dalam mengecek penggunaan daya
  • Saat pengguna ingin mengetahui pemakaian daya saat ini, perlu mengetikkan kode 47, lalu tekan enter
  • Berikutnya, untuk mengecek kode identitas pelanggan listrik, dapat dengan mengetikkan angka 75

Pada merek MCB digital ITRON ini, pelanggan juga bisa melakukan pengaturan batas minimal untuk alarm sebagai pengingat KWH yang tersisa. Caranya adalah dengan mengetikkan kode 456xx. Pengguna dapat mengganti tulisan xx dengan minimal KWH saat alarm berbunyi.

Contohnya, saat mengetikkan 45607, maka alarm akan berbunyi saat tersisa hanya tujuh KWH saja. Alarm ini penting untuk mengingatkan pengguna bahwa sudah saatnya untuk segera melakukan pengisian ulang token.

4. Kode Meteran Listrik Merek STAR

kode reset meteran listrik periksa

Sebelumnya telah mengetahui beberapa kode rahasia pada MCB merek ITRON. Selanjutnya adalah kode meteran listrik digital untuk pengguna merek STAR. Berikut adalah beberapa kodenya.

  • 07 kemudian enter berfungsi untuk melakukan mengecek sisa KWH
  • 12 merupakan kode untuk mengecek batas KWH dalam mengaktifkan alarm
  • Kombinasi angka 37 berguna jika pelanggan ingin melakukan pengecekan delay pengaktifan alarm

Sama dengan merek-merek sebelumnya, pengguna juga bisa mengecek nomor pengenal konsumen dengan mengetikkan 65, kemudian enter. Nomor ID ini penting saat akan membeli token untuk mengisi ulang listrik.

5. Kode Meteran Listrik Merek HEXING

kode reset meteran listrik pulsa

Ada lagi merek yang umum ada di pasaran adalah HEXING. Perangkat MCB digital merk ini juga punya kombinasi angka khusus yang bermanfaat bagi pelanggan, maupun petugas PLN. Inilah beberapa di antaranya.

  • 800 merupakan kode untuk mengatasi meteran listrik eror atau terjadi suatu kesalahan sistem
  • 851 adalah kode khusus untuk pengecekan jumlah pemakaian KWH
  • 807 berfungsi sebagai kode meteran listrik prabayar untuk MCB Hexing dalam pengecekan tingkat voltase
  • 804 untuk mengetahui listrik tersebut telah mati berapa kali
  • 812 adalah kode untuk menonaktifkan alarm

Catatan: untuk mengoperasikan kode tersebut harus menekan tombol enter setelah mengetikkannya.

Selanjutnya, ada kalanya, pelanggan merasa perlu mengetahui kapan ia terakhir mengisi ulang token listrik. Caranya adalah dengan mengetikkan kode 815.

6. Kode Meteran Listrik Merek Sanxing

Selanjutnya adalah kombinasi angka rahasia yang perlu untuk mendapatkan informasi pada perangkat MCB digital merek Sanxing. Para pengguna bisa mengetikkan beragam kode di bawah ini pada layar miniatur Circuit Breaker tersebut.

  • Ketikkan angka 37 sebagai kode token PLN untuk mengetahui sisa token pada MCB Sanxing tersebut
  • Kode 41 berguna dalam pengecekan tegangan volt
  • Adapun untuk mengecek nilai tegangan ampere dapat dengan mengetikkan kode 44
  • Mengetikkan angka 79 adalah cara mengubah batas KWH untuk mengaktifkan alarm

7. Kode Meteran Listrik Merek Melcoinda

Terakhir adalah kode rahasia untuk para pengguna MCB meter merek Melcoinda. Pengguna sebaiknya mencatat kode listrik token ini agar muda apabila sewaktu-waktu memerlukannya. Inilah kode Melcoinda beserta fungsinya.

  • Untuk menghindari meteran listrik tidak jalan akibat kehabisan saldo KWH, perlu mengecek sisanya dengan mengetik angka 07
  • Selanjutnya, nomor meter PLN akan muncul apabila pelanggan mengetikkan kode 65, kemudian menekan enter
  • Apabila ingin mengetahui batas minimal KWH sebelum alarm berbunyi adalah dengan menggunakan kode 12

Itulah tadi beberapa angka rahasia yang cukup penting bagi pelanggan listrik dalam mengetahuinya. Hal yang umumnya perlu adalah mengatur ulang batas bawah KWH untuk mengaktifkan alarm, mengingat kadang bunyinya bisa cukup mengganggu.

Pelanggan bisa mengatur batasan pengingat KWH ini pada angka yang lebih rendah, sehingga pengingat bersuara ketika sisa setrum benar-benar sudah mendekati habis. Jangka waktu delay-nya pun bisa diubah, sehingga alarm tidak berulang terlalu sering.

Kesimpulan

Mengetahui kode rahasia pada meteran listrik ini sangat penting. Jangan lupa juga bahwa beda merek, bisa jadi berbeda pula kodenya. Oleh sebab itu, tak ada salahnya mencatat kode yang cocok dengan merek MCB di rumah.

Selanjutnya, pada jaringan listrik pintar ini, terkadang pada meteran listrik ada tulisan periksa. Sebenarnya asalkan listrik masih menyala, hal ini tidak terlalu berpengaruh. Biasanya yang menyebabkan meteran listrik periksa adalah masalah dalam kelistrikan di jaringan, atau adanya kerusakan alat elektronik.

Masalah selanjutnya yang juga sering muncul adalah meteran listrik ada gambar kunci. Apabila mengalami hal ini, pengguna dapat memasukkan kode reset meteran listrik periksa, yaitu angka 00. Langkah selanjutnya adalah menekan enter, dan memasukkan kode token listriknya.

Namun, apabila cara tersebut tidak berhasil, sebaiknya segera menghubungi call center PLN. Dengan demikian, akan ada petugas yang melakukan perbaikan.

Jadi, pelanggan sebaiknya memahami kode meteran listrik yang sesuai dengan MCB meter di rumahnya. Dengan demikian, tidak perlu merasa bingung lagi saat ingin mengetahui informasi tertentu terkait listrik pintarnya.

Leave a Comment