doa nurbuat pdf

Doa Nurbuat

Doa nurbuat merupakan sebuah amalan ibadah yang sangat dianjurkan dan ditekankan dalam agama Islam. Terdapat banyak amalan doa-doa sehari-hari dan doa-doa yang dibaca khusus. Kata doa mempunyai arti secara bahasa yaitu seruan. Ketika kamu berdoa dapat jadi mempunyai arti menyeru, memanjatkan atau membaca, memanggil, mengucap. Doa memiliki arti yang luas.

Kata doa sendirinya mempunyai arti memohon atau meminta sesuatu yang baik yang ditujukan kepada Allah agar doa tersebut dikabulkan serta dapat terhindar dari berbagai cobaan sebuah bencana dan bahaya yang mengintai. Kamu pun dapat meminta kepada Allah doa-doa yang baik. Seperti misalnya berdoa keselamatan dunia akhirat, dan dimudahkan oleh Allah.

Doa baik lainnya juga dapat berupa diampuni seluruh dosa serta dijauhkan dari siksa api neraka, memohon diberi rezeki halal, kelancaran dalam usaha, dsb. Allah telah memberikan perintah bahwa kita harus memohon hanya kepada Allah ta’ala. Urusan berdoa juga sudah ada di dalam Al Qur’an surat Al Mukmin pada ayat ke-60.

Doa Nurbuat

Doa ini merupakan yang termasuk ke dalam salah satu dari banyak doa yang mempunyai banyak keutamaan. Doa ini pun dapat dikatakan menjadi sebuah doa untuk pengasihan. Manfaat dari mengamalkan doa ini adalah kamu dapat disayangi oleh orang-orang yang memusuhimu. Banyak keutamaan yang ada dari doa selain yang disebutkan di atas.

Dikenal juga dengan doa nurbuwwah atau doa nurun nubuwah dengan makna cahaya kenabian. Mengamalkannya dapat membuatmu juga terhindar dari adanya godaan para setan yang dikutuk oleh Allah SWT. Doa ini juga banyak dipercaya oleh orang dalam hal khasiatnya yang sangat hebat dan luar biasa.

Biasanya doa ini menjadi pegangan para santriwan dan santriwati yang ada dalam doa majemuk. Orang-orang juga mengenal doa ini dengan sebutan doa Jibril. Di dalam doa nurbuat yang asli, doa sebagiannya diambil dari sebuah hadis riwayat dari seorang bernama Ibnu Asakir dan bagian yang lainnya diambil tidak dari sebuah hadis.

Doa-doanya yang diambil dari hadis dan bukan tersebut membuat banyak orang menjadi pro dan kontra. Ada sebagian orang yang membolehkan dan sebagian lainnya yang melarang menggunakan. Dari semua hal itu, yang terpenting adalah ketika kita berdoa tetap dalam ajaran Islam dan tidak melenceng. Hal yang paling penting mendekat kepada Allah.

Bacaan Doa Nurbuat

doa nurbuat

Bacaan Doa Nurbuat Arab

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Nurbuat Latin

“Allaahumma dzissulthanil’adziim. Wa dzilmannil qadiim. Wa dzilwajhil kariimi wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi‘ainil qudrati wannaaziriina wa‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absaarihim lammaa sami’udzdzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waratsa sulaimaan daawuuda‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thawwil‘umrii wa shahhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.

Wa tabaa’adil‘adaawata kullahaa min bani aadama‘alaihissalaamu man kaana hayyan wa yahiqqoal qaulu‘alal kaafiriin. Wa qul jaa al haqqu wa zahaqal baathilu innal baathila kaana zahuuqan.

Wanunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa un wa rohmatun lilmu’miniin. Wa laa yaziiduzzaalimiina illaa khasaaraa. Subhaana rabbika rabbil‘azzati‘ammaa yashifuun. Wa salaamun‘alalmursaliina wal hamdulillaahirabbil‘aalamiin.”

Arti Bacaan Doa Nurbuat

Wahai Tuhanku, pemilik kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka,ketika mendengar Al Quran (dibaca) lalu mereka berkata:

“Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila.’ Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman yang telah mewarisi Daud as.

Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi memilik singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam a.s. dari orang-orang kafir.”

Dan katakanlah : “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah. Sesungguhnya yang batil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan Al Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Maha suci Allah, Tuhan yang Maha Mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Sejarah Doa Nurbuat

doa nurbuat di alquran surat apa ayat berapa

Allah memberikan doa ini kepada Rasulullah Muhammad SAW, yang disampaikan oleh malaikat Jilbril atas utusan perintah-Nya. Dikisahkan bahwa suatu hari ketika Rasulullah dan para sahabatnya yang telah selesai melaksanakan sholat subuh, yang dilaksanakan di Masjidil Harom. Seketika itu juga malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad. Jibril membawa sebuat perintah Allah.

Malaikat jibril pun menyampaikan maksud kedatangannya bahwa ia diutus oleh Allah SWT menyampika tentang doa Nurun Nubuwwah. Setelah doa tersebut disampaikan oleh Jibril, Rasulullah pun langsung menerima dan kemudia doa tersebut disampaikan dan diajarkan kepada para sahabat serta para umat-umat Nabi Muhammad SAW. Doa ini pun akhirnya sampai pada kita.

Kita bisa untuk membiasakan mengamalkan hal-hal yang baik seperti contohnya mengamalkan doa ini dapat bertujuan untuk menjadi tameng atau benteng kita dari hal buruk, serta doa ini memiliki banyak khasiat dan manfaat yang dapat kita dapatkan ketika mengamalkannya.

Banyak manfaat yang dapat kita ambil ketika kita mengamalkan doa ini. Berikut di bawah ini bacaan doa nurbuat lengkap yang dapat kita amalkan. Adapun bacaan doa nurbuat bahasa Indonesia juga dapat kita baca di bawah ini.

Keutamaan dan Manfaat Doa Nurbuat

doa nurbuat mp3

1. Membantu Kita untuk Dapat Selalu Mengingat Allah SWT

Manusia biasa seperti kita akan banyak sekali kesalahan-kesalahan dalam menjalankan perintah-Nya. Ketika kita mengamalkan doa ini, menjadi kunci doa nurbuat untuk selalu mengingat akan adanya Allah SWT. Pada awal doa ini akan ditemukan kalimat-kalimat yang memberikan pujian Allah.
Kalimat-kalimat di dalamnya mempunyai arti atau makna yang indah sekali untuk diketahui.

2. Para Malaikat Ikut Serta Dalam Memohonkan Ampunan

Setiap orang dari kita pasti pernah melakukan perbuatan yang berdosa. Jika kita bersungguh-sungguh dan tulus dalam memohon ampunan Allah, dosa-dosa tersebut dapat diampuni oleh-Nya. Manfat lain yang dapat kita peroleh adalah malaikat akan turut serta memohonkan ampunan-Nya atas segala dosa yang pernah kita perbuat. Pun memohonkan ampunan hal penghapus ibadah.

3. Membantu Mempertemukan Kita dengan Nabi Muhammad SAW

Setiap manusia beragama Islam tentunya memiliki angan-angan dan mendambakan untuk dapat bertemu Rasulullah. Rasulullah pun bersabda barang siapa yang menginginkan untuk berjumpa dengannya, diperintahkan untuk membaca doa ini ketika sebelum tidur. Jika dikehendaki oleh Allah, siapa saja yang membaca doa ini akan diberikan bunga tidur berjumpa dengan para nabi terdahulu.

4. Hajat Kita Terkabulkan

Ketika kita menginginkan untuk terkabulnya keinginan kita, maka kita harus berusaha serta memohon kepada Allah sengan sekuat tenaga yang kita miliki. Doa ini ketika diamalkan dapat membuat hajat yang yang mengamalkannya cepat terkabul. Tentunya harus dengan usaha maksimal dan hati yang tulus serta niat dalam hari yang ikhlas ketika mengamalkan.

Khodam doa nurbuat adalah yang pertama kita harus membaca doanya. Kita dapat membaca doa dengan diulang-ulang sebanyak 7 kali pengulangan. Selanjutnya kita dapat menyebut apa keinginannya dalam hati yang ditujukan kepada Allah SWT. Cara melakukan wirid atau khodamnya yaitu dengan kita membaca tawasul terlebih dahulu.

5. Orang yang Bertengkar Dapat Didamaikan

Kalimat-kalimat yang ada di dalamnya mempunyai maksud yang secara jelas untuk meminta kedamaian untuk semua manusia. Para manusia ini pun diharapkan untuk hidup sebagai manusia yang saling mengasihi dan menyayangi terhadap sesamanya. Untuk kita kita dapat mengamalkannya dengan harapan mendapatkan kedamaian untuk kita semua.

6. Dapat Membuat Wajah Terlihat Cerah

Ketika kita ingin membuat wajah kita tampak lebih cerah, kita dapat mencoba dengan istiqomah mengamalkan doa ini. Jangan lupa untuk berniat ikhlas lillahi ta’ala. Kita akan mempunyai wajah yang cerah karena melakukan amalan doa-doa yang dipanjatkan dengan memberi pujian-pujian untuk Allah dan para rasul-Nya. Memiliki arti juga yang bermakna cahaya sebuah kenabian.

7. Mendapat Perlindungan Sihir

Sejak zaman dahulu kala, ilmu sihir membuat banyak manusia telah disesatkan karenanya. Padahal ilmu sihir mendapat larangan Allah SWT, sebuah ilmu yang syirik karena menyekutukan Allah. Untuk menghindari hal tersebut, kita dan keluarga kita dapat mengamalkan doa nurbuat dalam keseharian. Dianjurkan untuk membacanya ketika senja atau sebelum terjadinya matahari terbenam.

8. Diberikan Petunjuk Tentang Kebenaran

Saat kita mengamalkan doa ini, kita akan dituntun untuk menjauh dari hal-hal yang bersifat bathil. Karena dalam doa ini, terdapat salah satu arti yang terkandung di dalamnya adalah untuk diberi petunjuk tentang kebenaran dan mencegah kita dari kebathilan. Maka kita dapat mengamalkan dengan membacanya agar kita semua senantiasa petunjuk kebenaran.

9. Allah Menambahkan Kekayaan

Doa ini dikenal juga dengan yang dapat membukakan pintu rezeki selain sholat dhuha, ketika diamalkan oleh muslimin dan muslimah yang mengamalkan doa ini. Kita akan diberikan tambahan rezeki atas izin Allah SWT. Terdapat doa-doa secara jelas yang ketika memohon kepada Allah untuk nikmat ditambahkannya rezeki.

10. Banyak Orang yang Akan Menyukai Kita

Saat kita mengamalkan doa ini, mempunyai khasiat atau manfaat membuat banyak orang yang akan senang dan menyayangi kita. Namun membaca saja tidak cukup, kita juga perlu mengiringinya dalam melakukan kebaikan pada semua orang, kita tidak boleh pilih kasih dan membedakan saat berbuat kebaikan. Terdapat kalimat dalam doa yang berarti berdoa agar para manusia saling mencintai.

Keajaiban dan Khasiat Doa Nurbuat

doa nurbuat asli dan artinya

  1. Allah akan mengampuni seluruh dosa yang telah lalu jika kita membacanya pada saat matahari hampir terbit atau menjelang pagi.
  2. Kita dapat membacanya sejumlah 50 kali pada tiap Kamis malam agardapat terhindar dari melakukan perbuatan maksiat serta terjauh dari sifat kufur.
  3. Ketika kita menulis doa ini serta menyimpan di dalam rumah maka seluruh penghuni dalam rumah pleh Allah akan selalu diberikan lindungan-Nya dari segala mara bahaya seperti sihir, penyakit, dsb.
  4. Kita yang menginginkan untuk selalu terlihat awet muda walaupun sudah berumur banyak dapat membacanya setiap Sabtu malam.
  5. Ketika kita membaca 100 kali pada tiap malam, maka kita akan melihat berbagai hal yang indah yang diperlihatkan oleh Allah.
  6. Ketika dibaca pada setiap malam hari, maka kita akan mendapatkan keselamatan dalam hidup, menguatkan tubuh, gigi, serta membuat terlihat lebih tampan dan cantik.
  7. Kita akan diberi kesembuhan atas bermacam penyakit, dengan cara membacakan doa di minyak kelapa, kemudian kita dapat mengoleskannya pada bagian-bagian tubuh yang merasa sakit.
  8. Para kaum wanita akan diberi kemudahan dalam proses melahirkan buah hati. Caranya adalah membaca doa pada mangkok putih yang telah diisi oleh air kemudian air pada mangkok diberikan kepada wanita yang hendak melahirkan. Cara lainnya yaitu dengan membaca pada bagian tubuh yaitu pada pinggang. Proses melahirkan akan berjalan lancar dan mudah
  9. Menyembuhkan sakit mata saat kita membacanya sambil meniupkan ke mata yang merasa sakit.
  10. Terkabulnya segala hajat atau keinginan dengan cara membaca doa satu kali setelah selesai melaksanakan sholat secara istiqomah dengan izin Allah.
  11. Ketika kita hendak melamar atau meminang seorang wanita, kita dapat melakukan puasa dalam waktu satu hari kemudian dilanjutkan dengan tidak tidur atau terjaga ketika malam. Ketika terjaga tersebut kita mengamalkan doa secara terus, maka dengan izin Allah kita akan diterima lamarannya.
  12. Kita akan dapat sebuah kemuliaan dari lingkungan masyarakat sekitar kita, caranya kita dapat membaca doa ini dengan rutin setiap hari. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah tentang ketika kita menginginkan dimuliakan orang, maka kita dianjurkan untuk membaca doa nurbuat.

Doa nurbuat yang dibahas dalam artikel ini mempunyai karomah atau keistimewaan yang berkedudukan sangat tinggi, serta dapat digunakan untuk meluluhkan hati. Bagi kita yang menginginkan untuk jodoh kita agar mendekat juga dapat mengamalkannya. Manfaat doa yang dianggap sebagai doa pengasihan memang kenyataan dan benar-benar terjadi karena Allah yang telah meridhoinya terjadi. Banyak orang telah mengamalkan dengan ikhlas serta membuktikannya.

Tinggalkan komentar

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak