Doa Memakai Pakaian

Saat kita hendak memakai pakaian, Allah menganjurkan kita untuk membaca doa memakai pakaian. Pakaian sendiri merupakan hal pokok yang dibutuhkan bagi semua orang. Fungsi dari pakaian adalah melindungi kita dari hal-hal di luar sana, seperti terhindar dari panas atau udara yang dingin. Selain itu, pakaian juga memiliki fungsi menutup aurat.

Ada sebuah ungkapan Jawa yang berbicara tentang pakaian ini, yaitu ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana. Artinya bahwa kehormatan diri dapat kita ketahui terletak di kata yang dikeluarkan, dan kehormatan dari raga dapat kita lihat dari pakaian yang dikenakan. Dapat dilihat di sini, pakaian mempunyai peran yang penting.

Pakaian yang sesederhana apapun, akan berfungsi sebagai penutup tubuh. Ide yang mendasar dari sebuah ide menutup aurat kita dapat menyimaknya pada kisah antara Hawa, Nabi Adam, dan iblis. Barangkali di antara kita masih ada yang mengingat kisahnya. Saat iblis berusaha menyesatkan dengan cara berbisik akan hal jahat untuk memperlihatkan aurat.

Doa Memakai Pakaian

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan lepas dengan urusan sandang yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat berbagai amalan dan doa-doa yang dapat kita terapkan. Seperti contohnya doa ketika hendak memakai baju ini. kita dapat menghafalkan doa memakai pakaian dan artinya dan mempraktekkannya di bawah ini.

Ketika baju yang kita kenakan sudah tidak muat, biasanya kita akan menggantinya dengan membeli baju yang baru sesuai dengan ukuran pas di badan kita. Tak ada salahnya memakainya, bahkan ketika kita menggunakan baju baru adalah hal yang dianjurkan dan merupakan hal baik. Kita dapat lebih semangat dan tambah percaya diri.

Namun ada beberapa hal yang perlu untuk kita bersikap lebih waspada, yaitu timbulnya kesombongan atau ingin pamer pada orang lain. Dua hal itu merupakan hal buruk yang timbul karena kita memakai pakaian yang baru dibeli. Kita juga perlu mewaspadai sikap dipuji oleh orang lain. Itu merupakan hal yang harus dihindari.

Oleh karena itu, untuk menghindari sifat-sifat yang buruk di atas kita ada anjuran untuk membacakan doa memakai pakaian baru sebelum mengenakannya di badan. Setan akan senang jika sifat buruk di atas muncul pada diri kita. Sudah selayaknya kita tidak bersifat somboh dan ingin dipuji. Kita dapat membaca doanya di bawah.

Bacaan Doa Memakai Pakaian

doa melepas pakaian sesuai sunnah

Bacaan Doa Memakai Pakaian Arab

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bacaan Doa Memakai Pakaian Latin

“Bismillaahi, Allaahumma Innii As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu.”

Arti Bacaan Doa Memakai Pakaian

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku meminta kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya (pakaian) dan kebaikan apa saja yang ia dibuat untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ia dibuat untuknya.“ (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim).

Sedangkan kalau kita memiliki pakaian baru, hendaknya membaca doa memakai pakaian baru. berikut ini doa arab, latin dan artinya.

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru

doa memakai pakaian arab dan latin

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru Latin

“Alhamdu Lillaahil Ladzii Kasaanii Haadzaa Wa Rozaqoniihi Min Ghoiri Hawlim Minni Wa Laa Quwwatin.”

Arti Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru

“Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. seluruh penyusun kitab Sunan, kecuali Nasa’i).

Simak Juga : Doa Berpergian

Doa Melepas Pakaian

doa berpakaian

Menutup aurat adalah bagian dari ketaatan kita atas perintah Allah SWT. Menutup aurat juga merupakan perintah yang wajib kita ikuti dan patuhi. Ketika kita membuka aurat yang tidak sesuai dengan tempatnya seperti membukanya di tempat umum, kita akan mendapatkan dosa atas perbuatan tersebut. Kita dapat membaca bacaan doa ketika hendak menanggalkan pakaian kita.

Ketika kita hendak melakukan ibadah sholat, tentunya kita harus melakukan syarat sahnya sholat, yaitu dengan menutup aurat. Ketika melaksanakan umroh atau haji sekalipun kita harus menutup aurat kita. Kita dapat membaca bacaan doa ketika kita juga hendak menanggalkan pakaian kita.

Tujuannya adalah ketika kita melepas pakaiannya, Allah akan melindungi kita dari setan agar tidak dapat melihat aurat kita. Ketika lupa untuk melafalkan doanya, ketika ingat kita hendaknya segera meminta perlindungan Allah. Ada anjuran juga membaca doa melepas pakaian sesuai sunnah.

Bacaan Doa Melepas Pakaian

Bacaan Doa Melepas Pakaian Arab

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bacaan Doa Melepas Pakaian Latin

“Bismillaahil Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwa.”

Arti Bacaan Doa Melepas Pakaian

“Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”

Simak Juga : Doa Bercermin

Adab Berpakaian dalam Islam

adab berpakaian

1. Sebaiknya kita mengenakan pakaian yang halal, baik secara bahannya atau pun harta yang digunakan untuk membeli pakaian tersebut.

2. Tidak mengenakan pakaian seperti lawan jenis.

3. Mulai memakai baju dari sebelah kanan terlebih dahulu.

4. Tidak menggunakan pakaian seperti para orang kafir.

Adab-Adab Berpakaian Seorang Wanita

1. Aurat Seorang Wanita, Meliputi Semuanya Kecuali Wajah dan Telapak Tangan

Hal itu sesuai dengan perintah Allah dalam Al Quran surat Al ahzab bahwa seluruh perempuan mukmin hendaknya mengulurkan jilbab pada seluruh tubuhnya. Tujuannya adalah sebagai identitas dan tidak gampang diganggu oleh orang lain. Allah merupakan Maha Pengampun dan juga Maha Penyayang untuk semua makhluk-Nya.

2. Pakaian yang Memiliki Fungsi untuk Perhiasan

Perhiasan yang dimaksud di sini adalah ketika pakaian tersebut digunakan oleh seorang wanita, sebaiknya tidak membuat wanita tersebut menambah indah secara visual bila dipandang oleh lawan jenis. Hal itu dapat berdampak buruk, yaitu akan terjadi timbulnya fitnah bagi yang memakai pakaian tersebut.

3. Memilih Bahan Kain Pakaian yang Tebal, Serta Pakaian Memperlihatkan Bentuk Tubuh Seorang Wanita

Ketika memakai pakaian, seorang muslimah dianjurkan untuk memilik dari bahan kain yang tebal serta tak tipis. Sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Muslim menjelaskan bahwa dua golongan wanita yang pertama memiliki cambuk seekor sapi untuk memukul dan wanita yang berpakaian tetapi telanjang pada kepalanya ada benjolan seperti punuk unta.

Dua golongan wanita tersebut tidak akan masuk surga, jangankan untuk masuk surga bahkan untuk mencium harumnya bau surga saja mereka tidak akan bisa. Padahal bau harum surga dapat dicium pada jauhnya jarak suatu perjalanan dari sekian ke sekian perjalanan. Hadis ini pastinya akan membuat kita takut dan ngeri ketika membacanya.

4. Tidak Memberikan Wewangian Parfum

Seorang wanita tidak diperkenankan memberikan wewangian atau parfum ke badan atau baju mereka. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al Asy’ari bahwa Rasulullah bersabda yang inti hadis tersebut adalah seorang wanita yang memakai wewangian dan melewati sekumpulan seorang lelaki, dan mereka mencium wanginya, maka wanita tersebut termasuk pezina.

Adab Berpakaian Pada seorang Laki-laki

1. Hendaknya Menggunakan Pakaian Yang Auratnya Tertutup

Aurat seorang lelaki adalah batasannya pusar hingga lutut. Sebaiknya tidak memilih menggunakan celana yang menampakan kaki bagian paha atau celana pendek yang panjangnya di atas lutut. Pakaian yang pendek pun juga kurang sopan jika bertemu dengan orang lain. Lain halnya ketika kita berada di dalam kamar atau sedang sendirian.

2. Tidak Mengenakan Benda yang Terbuat dari Emas, Sutera, dan Isbal

Maksud dari adab berpakaian ini adalah, seorang laki-laki tidak diperkenankan menggunakan sesuatu yang terbuat dari emas atau sutera. Alasan dari hal itu adalah emas biasanya melekat pada seorang perempuan. Laki-laki juga dilarang menyerupai seorang perempuan. Saat mengenakan pakaian yang tepat, dianjurkan juga untuk membaca doa menggunakan pakaian.

Manfaat Menutup Aurat

anjuran menutup aurat

1. Melindungi badan dari panas atau dinginnya udara.

2. Menutup aib.

3. Dapat terhindar dari fitnah.

4. Mencegah timbul hawa nafsu dari lawan jenis.

5. Menjadi pembatas dan menunjukkan identitas mempunyai kepribadian yang baik.

6. Mencegah pasangan memiliki rasa cemburu terhadap kita.

7. Dapat mencegah dari ancaman penyakit yang dapat menyerang tubuh.

8. Terlindungi dari sebuah tindakan yang kriminal.

9. Menutup aib yang dimiliki.

Bacaan tentang doa memakai pakaian ada hubungannya dengan doa melepas pakaian. Biasanya kita akan membaca doa tersebut kebanyakan untuk doa pagi hari, karena pada saat pagi kita seringkali memulai aktivitas harian kita pada jam pagi. Kita dapat mengikuti anjuran Allah dan Rasulullah mengenai adab dalam berpakain serta doa sesuai ajarannya.

Leave a Reply