Pengertian Potensiometer, Fungsi dan Prinsip Kerja

Ada cukup banyak komponen yang menyusun suatu perangkat elektronik berupa komponen dengan fungsi yang berbeda. Komponen yang wajib ada dalam suatu perangkat adalah resistor. Salah satu jenis resistor adalah potensiometer. Apa pengertian potensiometer?

Resistor atau hambatan memiliki fungsi untuk menghambat aliran kuat arus listrik. Komponen ini biasanya dibuat menggunakan bahan semikonduktor. Materi tentang komponen elektronika seperti pengertian resistor biasanya dipelajari waktu SMA, dan merupakan materi yang cukup mudah.

Pengertian Potensiometer

Apa itu potensiometer? Potensiometer adalah salah satu jenis resistor variabel yang menggunakan tuas kecil untuk mengatur nilai hambatannya. Penggunaan tuas kecil ini sangat menguntungkan, sebab mengubah nilai resistensi menjadi lebih mudah dan cepat.

Kemampuannya untuk dapat diubah nilai hambatannya menjadi poin tersendiri. Akibatnya, resistor jenis ini cukup banyak digunakan dalam berbagai macam perangkat elektronika, seperti DVD Player, speaker, dan berbagai macam perangkat lainnya.

Simbol potensiometer berupa garis zig-zag yang menunjukkan nilai hambatan. Simbol ini juga digunakan pada jenis hambatan lainnya. Komponen resistor ini juga memiliki beberapa seri pabrikan yang tergabung dalam datasheet potensiometer. Salah satu bagiannya adalah potensio 10K

Struktur Potensiometer dan Bagiannya

Potensiometer juga memiliki struktur yang unik dan sederhana. Berikut ini adalah beberapa komponen dan bagian dari struktur potensio:

  • Kaki potensiometer
  • Material resistif
  • Wiper
  • Tuas

Jenis-Jenis Potensiometer

bentuk potensiometer

Potensiometer memiliki cukup banyak jenis dengan beragam bentuk yang berbeda. Tidak hanya bentuk saja, namun cara kerja potensiometer untuk setiap bentuknya juga cukup berbeda. Di bawah ini merupakan ulasan tentang jenis-jenis potensiometer berdasarkan bentuknya:

  • Slider Potensiometer

Potensiometer jenis slider memiliki pengoperasian dengan cara menggeser tuasnya ke kanan dan ke kiri untuk mengatur nilai hambatan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya hal ini dilakukan menggunakan ibu jari, sebab jujur saja menggeser tuas tersebut cukup sulit

  • Rotary Potensiometer

Rotary potensiometer diatur dengan cara memutar bagian tuasnya. Apabila tuas diputar, maka wiper juga akan ikut berputar, sehingga nilai resistensi dari Potensiometer akan ikut berubah.

  • Trimmer Potensiometer

Trimmer merupakan salah satu potensiometer yang memiliki ukuran paling kecil. Jenis ini juga tidak memiliki tuas seperti yang lainnya. Hanya saja, terdapat lubang untuk mengatur besaran resistensi. Mengubah resistensi biasanya dilakukan menggunakan bantuan obeng.

Fungsi Potensiometer

Potensiometer termasuk ke dalam resistor variabel, sehingga nilai resistensinya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Di samping itu, komponen ini juga memiliki beberapa kegunaan potensiometer yang sangat bermanfaat, yaitu:

  • Sebagai pengatur volume perangkat elektronika (menggunakan potensiometer stereo)
  • Potensio volume juga berguna sebagai komponen mixer dan fungsinya
  • Mengatur tegangan listrik bagi rangkaian power supply dengan potensiometer
  • Membagi tegangan listrik
  • Membuat aplikasi Switch TRIAC
  • Rangkaian potensiometer digunakan untuk membuat joystick pada transducer
  • Untuk mengendalikan level sinyal

Prinsip Kerja Potensiometer

cara kerja potensiometer

Komponen ini digunakan ke dalam berbagai jenis perangkat, baik itu potensio arduino, maupun potensio stereo, atau potensio volume control, memiliki prinsip kerja yang sama.
Komponen tersebut selalu memiliki tiga jenis terminal, satu untuk wiper yang terhubung langsung dengan tuas, dan dua lainnya terhubung dengan material resistif.

Apabila tuas diputar, maka wiper akan ikut berputar pula. Perputaran tersebut akan menggeser jarum ke bagian lain dari material resistif. Bagian material resistif berbeda biasanya memiliki nilai resistensi berbeda pula. Hal inilah yang membuat potentiometer dapat diatur sesuka hati.

Pengaturan yang dilakukan tersebut menyebabkan tegangan listrik yang dihasilkan oleh resistor tersebut juga selalu berubah. Akan tetapi, tegangan tersebut masih dapat diukur menggunakan potensiometer arduino.

Cara memasang potensiometer sesuai dengan fungsinya sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, ukuran komponen yang kecil membuatnya menjadi sulit untuk orang awam, sehingga memerlukan keahlian khusus untuk memasangnya agar fungsi resistensinya menjadi maksimal.

Potensiometer VS Voltmeter

Dari pengertian potensiometer dapat diketahui bahwa komponen potensio memiliki banyak sekali keunggulan. Di antaranya adalah kemampuan untuk dapat diubah resistensinya sesuai kebutuhan. Hal tersebut sangat membantu dalam pengembangan banyak teknologi kelistrikan.

Leave a Comment