Pengertian Sensor Proximity, Jenis-jenis dan Cara Kerja

Setiap sensor memiliki karakteristik serta kegunaannya masing-masing. Sensor sendiri pada umumnya berguna untuk mengetahui perubahan fisik suatu benda ataupun tekanan tertentu. Selain pengertian sensor proximity, di sini juga akan dibahas cara kerja serta fungsi dari sensor proximity.

Dalam definisinya, sensor merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengetahui perubahan suhu, kecepatan, serta fenomena yang berada di lingkungan sekitarnya. Sensor dibedakan menjadi beberapa jenis. Saat ini kami akan membahas salah satu jenis sensor yaitu sensor proximity.

Pengertian Sensor Proximity

Sensor jarak atau proximity sensor adalah sensor yang mengawasi objek disekitar sensor tanpa adanya sentuhan. Sensor ini dapat mengubah informasi tentang keberadaan objek atau sebaliknya keberadaan objek yang nantinya akan menjadi sinyal.

Pada umumnya sensor proximity digunakan untuk memantau, perhitungan, serta kedekatan objek pada sistem manufaktur industri, seperti mesin pencetak plastik, pengerjaan logam, serta pengolahan makan, dan masih banyak yang lainnya.

Jenis-Jenis Sensor Proximity (Sensor Jarak)

Ternyata macam-macam sensor jarak cukup beragam, dan berikut ini dapat Anda simak penjelasannya:

Sensor Jarak Fotolistrik (Photoelectric Proximity Sensor)

Sensor jarak

Dari namanya sensor ini menggunakan cahaya untuk mendeteksi objek. Sumber cahaya tersebut dapat disebut juga dengan nama Emitor. Sensor ini terdiri dari 3 jenis yang memiliki fungsi masing-masing, yakni:

1. Direct Reflection

Pada direct reflection ini sinar yang memancar tersebar di setiap sudutnya. Di permukaannya terdapat difus yang ideal atau refleksi lambertian, dimana ada iluminasi yang sama jika dilihat di lain arah.

2. Refleksi dengan Reflector

Reflektor merupakan suatu alat yang terbuat dari plastik, mempunyai bentuk prisma atau segi enam yang fungsinya untuk memantulkan cahaya.

3. Melalui Beam

Keuntungan yang dihasilkan ketika memakai fotolistrik sensor yang melalui beam adalah pendeteksi yang dihasilkan paling kuat, rentang terhadap penginderaan yang panjang serta dapat diandalkan.

Sedangkan, kekurangan jika melalui beam adalah harus menginstal pada dua titik system yaitu emitor dan penerima, mungkin saja tidak mendeteksi objek yang tembus cahaya, serta false trigger saat posisi tidak sejajar.

Sensor Jarak Ultrasonik (Ultrasonic Proximity Sensor)

proximity sensor adalah

Sensor ultrasonic memiliki prinsip yang sama seperti radar. Dengan menghasilkan gelombang frekuensi untuk menganalisa gema yang nantinya diterima, lalu terpantul dari objek yang mendekati.

Sensor Jarak Kapasitif (Capacitive Proximity Sensor)

pengertian sensor proximity

Sensor ini dapat digunakan untuk mendeteksi gerakan, komposisi, serta tingkat cairan tekanan yang biasanya terdapat pada bahan makanan. Sensor ini juga dapat berfungsi untuk menangani bahan-bahan dielektrik rendah, seperti kaca ataupun plastik.

Sensor Jarak Induktif (Inductive Proximity Sensor)

Fungsi sensor proximity

Sensor ini digunakan untuk melacak atau mendeteksi logam yang berjenis ferrous maupun non-ferrous. Selain itu, sensor ini juga dapat digunakan untuk mencari keberadaan benda yang di dalamnya terdapat logam atau tidak.

Fungsi dan Kegunaan Sensor Proximity

Capacitive Proximity Sensor

1. Untuk Smartphone

Pada smartphone sensor proximity ini berfungsi sebagai pendeteksi adanya sentuhan ataupun pendeteksi wajah yang terlihat pada smartphone. Ketika smartphone sedang menerima panggilan, cukup mendekatkan smartphone mendekati telinga, maka smartphone tersebut akan automatis menerima.

Pada dasarnya sensor proximity ini terdapat di handphone berlayar sentuh atau touchscreen. Fungsi sensor proximity bagi handphone touchscreen adalah pengaman layar dari sentuhan yang tidak sengaja atau pengaman sensitive gerakan.

Ketika handphone ditempelkan di telinga, sensor akan mematikan fungsi touchscreen saat mengangkat telepon. Hal itulah yang dikatakan fungsi dari sensor ini.

2. Mesin Produksi

Setiap mesin produksi makanan ataupun bahan-bahan, biasanya dipakai sensor proximity ini. Hal itu berguna untuk memisahkan bahan mana yang telah berhasil masuk ke dalam list atau tidak cacat bentuk.

3. Untuk Mobil

Ketika Anda memarkir mobil, biasanya akan terlihat pada kamera belakang mobil Anda jika ada benda apapun yang mendekati. Ketika jaraknya sudah sangat dekat, maka sensor proximity akan berfungsi dengan membunyikan suara ataupun bel.

Cara Kerja Sensor Proximity

Pada umumnya cara kerja sensor itu semua sama. Sensor ini bekerja berdasarkan jarak objek yang mendekati. Jika ada suatu objek logam maupun non-logam yang akan mendekati sensor dengan jarak yang begitu dekat, maka sensor tersebut akan mendeteksi objek serta menangkap sinyal yang melewati sensor.

Di sini telah dijelaskan tentang pengertian sensor proximity serta fungsi dari sensor ini sendiri. Jangan lupa selalu belajar lebih luas untuk memahami tentang beberapa sensor lainnya. Jika perlu Anda bisa mempelajari tentang pengertian elektronika dan juga komponen elektronika sekaligus.

Leave a Comment