Pengertian Seven Segment Display

Para pengguna jam digital pasti sudah tidak asing dengan beberapa garis yang bentuknya seperti angka 8. Garis-garis tersebut jumlahnya ada 7 buah dan menyala secara bergantian untuk menunjukkan waktu. Itulah yang disebut dengan pengertian seven segment secara singkat.

Seven segment juga sering dijumpai pada penunjuk hitungan mundur lampu lalu lintas. Ketahui lebih banyak mengenai 7 segment pada artikel ini.

Pengertian Seven Segment Display

tujuh segmen adalah

Seven segment adalah part yang dipakai untuk membuat tampilan angka-angka desimal. Di dalam seven segment sendiri terdapat 7 buah LED, yang bentuknya seperti batang atau garis dan disusun sedemikian rupa hingga membentuk seperti angka 8.

Masing-masing garis yang menyusun tujuh segmen diberi nama menggunakan huruf, mulai dari A hingga F. Nama-nama tersebut selanjutnya disebut sebagai DOT MATRIKS.

Pada setiap segment bisa terdiri dari satu hingga dua buah Light Emitting Dioda (LED). Untuk membentuk sebuah angka desimal, LED tersebut bisa dinyalakan atau dimatikan.

Driver seven segment merupakan alat yang dipakai untuk memudahkan operator dalam mengatur aktif atau tidaknya LED. Driver ini membaca input berupa angka biner untuk mengatur LED mana yang aktif dan nonaktif, sehingga membentuk pola tertentu.

Sinyal input yang berasal dari switch atau saklar dikirimkan ke decoder BCD (Binary Code Decimal). Decoder tersebut terbentuk dari gerbang logika yang inputnya berupa digit BCD. Setelah itu, baru dilanjutkan menuju seven segment sebagai interface.

Pola yang bisa dihasilkan oleh tujuh segmen antara lain angka dari 0 hingga 9, serta huruf dari A hingga F. Nah, tak hanya seven segment saja, kita harus mengetahui tentang pengertian diode maupun konversi desimal ke biner juga.

LED seven segment (Seven Segment LED)

Dari macam-macam seven segment display, yang paling banyak digunakan oleh penggemar elektronika adalah jenis LED. Seperti namanya, 7 segment display tersebut menggunakan penerang berupa Light Emitting Diode (LED).

Pada dasarnya terdapat 8 elemen LED dalam seven segment jenis ini. Kedelapan bagian tersebut terdiri dari 1 segment titik serta seven segment garis.

Seven segment ini dibagi menjadi dua jenis yaitu LED 7 segment katoda dan anoda. Perbedaan seven segment anoda dan katoda dijelaskan di bawah ini:

LED Seven Segment Tipe Common Cathode (Katoda)

Memiliki satu pin sebagai tempat untuk common cathode bergabung. Sementara input pada setiap segment LED berasal dari penunjang anoda.

Kaki-kaki seven segment berupa katoda tergabung menjadi 1 pin yang menjadi terminal negatif. Terminal tersebut juga bisa disebut sebagai ground. Sementara semua kaki anoda pada segment LED, menerima control signal atau sinyal kendali.

LED Seven Segment Tipe Common Anode (Anoda)

Dalam 7 segment common anoda, terdapat 1 pin yang merupakan gabungan kaki anoda dari setiap segment LED. Sementara input segment LED berasal dari kaki katoda.

Tegangan positif diberikan kepada pin gabungan anoda, sedangkan kaki katoda setiap segment LED diberi signal kendali.

Prinsip Kerja Seven segment

7 segment common anoda

Prinsip kerja dari seven segment dimulai dari bilangan biner yang diinput ke switch. Switch mengonversi input atau masukan tersebut lalu masuk ke decoder.

Langkah berikutnya, decoder melakukan konversi dari bilangan biner menjadi desimal. Bilangan desimal inilah yang nantinya menjadi output dan ditampilkan pada seven segment.

Cara kerja seven segment secara sederhananya sebagai berikut ini :

  1. Untuk menampilkan angka 0 maka bagian-bagian yang harus dinyalakan adalah A,B,C,D,E,F.
  2. Untuk menampilkan semua seven segment dapat dilakukan secara langsung dengan memberikan logika 1 pada baris common cathode dan memberikan logika 0 pada common anode.
  3. Namun, jika kita ingin menampilkan data dari input biner, maka kita harus memerlukan decorder biner ke 7 segement tersebut.

Untuk lebih jelas dan mudah dipahami kami akan menjabarkan prinsip kerja dari seven segment ini. Mari simak baik-baik ulasan dibawah ini.

7 segment

  1. Menampilkan digit 0, deretan yang harus dinyalakan yaitu A,B,C,D,E,F
  2. Menampilkan digit 1, deretan yang harus dinyalakan yaitu B,C
  3. Menampilkan digit 2, deretan yang harus dinyalakan yaitu A,B,D,E,G
  4. Menampilkan digit 3, deretan yang harus dinyalakan yaitu A, B, C, D, G
  5. Menampilkan digit 4, deretan yang harus dinyalakan yaitu B, C, F, G
  6. Menampilkan digit 5, deretan yang harus dinyalakan yaitu A, C, D, F, G
  7. Menampilkan digit 6, deretan yang harus dinyalakan yaitu A, C, D, E, F, G
  8. Menampilkan digit 7, deretan yang harus dinyalakan yaitu A, B, C
  9. Menampilkan digit 8, deretan yang harus dinyalakan yaitu A, B, C, D, E, F, G
  10. Menampilkan digit 9, deretan yang harus dinyalakan yaitu A, B, C, D, F, G

Penjelasan diatas pada kesimpulannya, seven segment akan menyalakan sesuai dengan tabel pengaktifan seven segment display.

Jenis-Jenis Seven segment

Secara umum, seven segment dibagi menjadi dua jenis yaitu common anoda dan common katoda. Berikut penjelasan :

Common Anoda

Common anoda merupakan kode yang tersambung dengan seluruh anoda LED dalam seven segment. Common anoda diberi tegangan VCC. Cara untuk mengaktifkan seven segment pada common anoda adalah memberikan aktif low atau logika low (0).

Nyala dan matinya LED pada seven segment ditentukan oleh kaki katoda, mulai dari A sampai H yang berperan sebagai kode aktivasi.

Common Katoda

Kaki-kaki seven segment

Sementara common katoda adalah pin yang tersambung dengan seluruh kaki katoda LED dalam seven segment. Untuk mengaktifkan common katoda, cara yang dilakukan adalah memberikan aktif high atau logika high (1).

Berbanding terbalik dengan common anoda, yang berperan sebagai kode aktivasi pada common katoda adalah kaki anoda dari A sampai H. Kode aktivasi tersebut akan menentukan nyala dan matinya LED.

Fungsi Seven Segment dalam Kehidupan Sehari-hari

Seven segment ini sangat sering dijumpai dalam peralatan yang digunakan sehari-hari. Berikut ini contohnya:

  1. Kalkulator kombinasi
  2. Papan penanda skor dalam pertandingan olahraga
  3. Jam digital
  4. Timer pada lampu lalu lintas.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian seven segment adalah alat yang dipakai untuk menampilkan angka desimal dan terdiri dari 7 bar atau garis. Prinsip kerjanya adalah menerima input berupa biner lalu melakukan konversi dan memberikan output angka desimal.

Leave a Comment