Teknik dan Cara Menggunakan Solder

Tentunya, Anda pasti sudah pernah mendengar solder. Solder adalah alat elektronik atau alat pertukangan yang juga dikenal dengan nama pateri. Selain menjadi pengetahuan umum, pengetahuan mengenai solder juga akan sangat berguna bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari dunia perbengkelan.

Solder adalah alat penghantar panas. Supaya Anda dapat memahaminya lebih jauh, kita akan membahas satu per satu mengenai solder.

Apa itu Solder?

Jika Anda membutuhkan alat untuk menyatukan atau merakit sebuah rangkaian elektronik, maka solder adalah alat yang Anda cari. Fungsi solder adalah untuk melelehkan timah.

Proses pelelehan timah ini akan sangat berguna ketika Anda ingin menyatukan komponen pada suatu rangkaian elektronik. Alasannya, ketika timah meleleh, maka sebuah komponen akan mudah menyatu dengan PCB (Printed Circuit Board).

Seorang teknisi elektronik harus memahami teknik menyolder, karena teknik ini merupakan teknik dasar. Kegunaan solder adalah hal yang harus sangat dipahami. Solder sendiri adalah alat panas, sehingga penggunaannya pun harus sangat berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan.

Jenis-Jenis Solder

perubahan energi pada solder adalah

Solder terdiri dari beberapa jenis. Anda dapat mempelajarinya di bawah ini:

Solder Biasa

Para teknisi biasanya paling sering menggunakan solder biasa. Mudah sekali untuk menemukan solder biasa ini di pertokoan. Cara menggunakannya pun cenderung umum dan tidak terlalu rumit.

Fungsinya pun sama dan standar, yaitu untuk melelehkan timah agar bersatu. Contohnya saja untuk menyambungkan kawat. Jika Anda butuh membeli solder, maka membeli solder biasa tidak akan memakan banyak uang.

Solder dengan Pengontrol Suhu

Kali ini, jenis soldernya sudah naik tingkat karena terdapat pengontrol suhu untuk melengkapi. Solder adalah logam yang ketika kita menggunakannya terlalu lama, maka ia akan semakin panas. Namun, lain halnya dengan solder dengan pengontrol suhu.

Walaupun Anda menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, suhu pada solder akan cenderung stabil. Alat solder dengan pengontrol suhu ini juga berpengaruh terhadap daya tahan solder itu sendiri. Solder Anda akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Solder Uap/Hot Air/Blower

Anda pasti tahu bahwa solder uap juga termasuk solder yang canggih. Jangan heran jika penjual memasang harga tinggi untuk sebuah solder uap.

Solder uap memanfaatkan hembusan angin panas, berbeda dengan jenis solder lainnya. Pada solder uap juga terdapat pengaturan panas dan tekanan. Pengaturan panas mengatur seberapa panas mata solder. Pengaturan tekanan mengatur tekanan angin panas yang keluar dari solder.

Bagian Solder Listrik

Sambil melihat gambar solder, Anda juga harus sambil memahami bahwa sebuah solder listrik adalah kesatuan dari beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian dari solder listrik:

Elemen Panas

Pada prinsipnya, perubahan energi pada solder adalah dari energi listrik menjadi energi panas yang kemudian berfungsi untuk melelehkan logam timah. Oleh karena itu, elemen pemanas adalah elemen terpenting pada solder.

Pilihlah solder dengan elemen pemanas yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan yang kurang tepat akan membuat solder rusak karena pemakaiannya tidak sesuai.

Besi Solder

Bagian konduktor pada solder adalah besi solder. Tanpa besi solder, tentu saja panas dari elemen pemanas tidak akan mengalir. Pastikan solder listrik yang Anda beli memiliki konduktor yang baik agar kerja solder menjadi optimal.

Mata Solder

Mata solder adalah ujung dimana panas berkumpul, sehingga solder mampu untuk melelehkan timah. Ujung solder biasanya terbuat dari tembaga agar dapat menjadi penghantar panas yang baik.

Gagang Solder

Nah, bagian gagang haruslah terbuat dari bahan yang dingin. Gagang solder biasanya terbuat dari plastik khusus yang tidak akan meleleh akibat panasnya solder.

Fungsi dan Kegunaan Solder

kegunaan solder adalah

Berikut adalah fungsi dan kegunaan solder dalam kehidupan sehari-hari:

Melelehkan Logam Galvanis

Logam galvanis adalah jenis logam cukup sering ditemukan. Contohnya saja, pipa industri yang mengalirkan bahan kimia. Anda harus memilih flux solder yang bersifat non korosif untuk mengerjakan logam galvanis.

Membuat Kaca Mozaik

Pernah melihat kaca mozaik sebagai hiasan di jendela rumah? Proses pembuatannya adalah menggunakan solder.

Membuat Pipa Saluran Air

Pipa saluran air berukuran kecil dan menyatukan pipa-pipa kecil membutuhkan bantuan solder.

Hiasan

Dari mulai pajangan hingga perhiasan, solder memiliki jasa dalam proses pembuatannya.

Cara Menggunakan Solder

bagian konduktor pada solder adalah

Berikut langkah-langkah menggunakan solder yang benar dan aman:

  1. Sambungkan solder ke sambungan listrik. Tunggu beberapa saat hingga solder panas. Idealnya solder akan panas setelah 5 menit.
  2. Sambil menunggu panas, Anda bisa siapkan wadah solder.
  3. Sediakan pembersih mata solder. Anda harus membersihkan mata solder agar tidak ada sisa-sisa timah di mata soldernya.
  4. Mulai lakukan solder. Siapkan timah yang ingin Anda lelehkan dan tempelkan ke solder. Timah pun akan mencair dan Anda dapat menempelkannya ke PCB.
  5. Berhati-hatilah saat memasangkan komponen. Jangan sampai salah komponen dan jangan menempel terlalu banyak komponen dalam waktu yang sama agar terhindar dari kesalahan.

Teknik dan Proses Penyolderan

Teknik-teknik soldering tentunya ada banyak. Sebagai contoh, sebut saja torch soldering, furnace soldering, iron soldering, dan lain-lain. Penjelasan masing-masing teknik bisa Anda pelajari pada kesempatan lain.

Proses penyolderan sendiri merupakan keterampilan dasar, terutama bagi mereka yang bekerja atau sedang belajar menjadi teknisi. Penjelasan proses penyolderan juga sudah tersedia pada penjelasan cara penggunaan solder sebelumnya.

Sebelum Anda memulai proses penyolderan, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan :

  • Timah solder, yaitu metal dengan titik cair rendah. Orang juga menyebutnya dengan tenol.
  • Multimeter/multitester, sebagai pengecek komponen sebelum Anda menyoldernya.
  • Penjepit, yaitu untuk mengambil komponen. Tentu Anda tidak mungkin memegang langsung komponen yang sedang mengalami soldering.
  • Penghisap solder, jika Anda butuh untuk mencabut komponen dari bidang PCB.
  • Wadah solder, berguna untuk menyimpan solder saat jeda. Jangan pernah menaruh solder sembarangan karena akan sangat berbahaya.

Pengetahuan mengenai solder adalah pengetahuan penting yang harus Anda kuasai sebelum Anda memegangnya dan menggunakannya. Perhatikan juga keselamatan diri Anda ketika sedang mengoperasikan solder. Jauhkan area kerja Anda dari jangkauan anak-anak demi keselamatan.

Leave a Comment