Wisata di Jogja

wisata di jogjakarta

Siapa yang tak mengenal Jogja? Ada banyak keistimewaan yang ada di Jogja. Mulai dari kerajaan, tempat wisata, dan kuliner. Kalian penggemar liburan dengan budget minim, Jogja adalah tempat yang pas buat Anda. Beragam destinasi wisata di Jogja dengan harga tiket masuk nol rupiah namun dijamin super keren bisa Anda kunjungi. Berikut ini Wisata di Jogja yang Super Murah dan Super Keren.

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

wisata di jogja selain pantai
airpaz.com

Gurun biasanya hanya ditemukan di Afrika atau Timur Tengah. Namun faktanya Indonesia yang notabene merupakan wilayah tropis dengan curah hujan tinggi juga memiliki gurun. Titik lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo adalah di sisi barat di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Di Gumuk Pasir Parangkusumo para pengunjung dapat memuaskan keingintahuan akan padang pasir.

Orang Jawa menyebut gundukan pasir dengan ‘gumuk’. Oleh karena itu, Gumuk Pasir adalah bukit pasir yang tersebar luas. Di dunia hanya ada dua fenomena gundukan pasir, di Indonesia dan Meksiko. Cuaca tidak berbeda dengan kondisi cuaca di gurun lain pada umumnya, yakni perbedaan suhu antara malam dan siang sangat terasa.

Jarang sekali ditemukan aktivitas perkemahan karena perbedaan suhu yang ekstrem ini. Terkadang, Gumuk Pasir Parangkusumo juga digunakan oleh orang-orang yang akan haji sebagai sarana untuk ritual haji sampai mereka sudah berada di Arab Saudi agar tubuh mereka dapat menyesuaikan diri.

Selain sebagai tempat selfie, banyak model dan fotografer profesional yang pergi ke tempat ini untuk melakukan sesi foto. Gumuk Pasir Parangkusumo juga menjadi incaran pasangan yang ingin foto pre-wedding. Lebih dari itu, Untuk perekaman film dan membuat video klip bahkan beberapa produser sengaja memilih tempat ini.

Menariknya, video klip HiVi (Orang Ketiga) dan Agnes Monica (Godai Aku Lagi) dibuat di sini. Gumuk Pasir Parangkusumo buka 24 jam setiap Senin-Minggu. Untuk menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo cukup mudah karena lokasinya dekat dengan Pantai Parangtritis.

Para pengunjung dapat mengambil rute satu arah dengan Parangtritis dari Yogyakarta. Sesampainya di Pantai Parangtritis, Anda akan menemukan pertigaan Hotel Gandung, dari hotel tersebut ambil saja arah barat menuju Pantai Depok.

2. Goa Langse

wisata di jogja yang murah
tstatic.net

Buka 24 jam setiap hari, Goa Langse yang terletak di kaki tebing Parangtritis ini telah terkenal dengan ziarahnya. Goa ini digunakan sebagai tempat meditasi bagi para peziarah. Misi peziarah biasanya untuk mendapatkan keberuntungan bisnis, kebahagiaan, dan kemakmuran. Pada hari-hari tertentu seperti Jum’at Kliwon (dalam kalender Jawa), goa selalu ramai pengunjung.

Untuk sampai ke goa ini, Anda harus berjalan 3 km ke arah timur Parangtritis. Ini karena kendaraan roda empat maupun roda dua tidak bisa menembus sulitnya medan. Setelah mengisi buku tamu, juru kunci akan mengantarkan pengunjung ke goa.

Meskipun perjalanan ke goa sangat melelahkan, tetapi dari sini Anda dapat menikmati laut selatan Jawa yang masih asli. Namun demikian, situs ini bukan akhir dari perjalanan Goa Langse, tepi tebing adalah awal dari perjalanan tantangan fisik dan semangat Anda.

Juru kunci akan memimpin Anda untuk turun ke tebing vertikal dengan ketinggian 300 meter dari permukaan laut untuk mencapai goa. Di beberapa bagian ada tangga besi, sedangkan sisanya adalah tangga tebing.

Jadi Anda harus berpegangan pada akar pohon maupun ranting bambu yang menempel di tebing. Setelah mencapai 30 meter dpl, maka Anda akan mencapai mulut goa. Sesampainya di goa, Anda bisa mandi di salah satu ruangan. Air untuk mandi mengalir dari air yang berasal dari mata air goa.

Air terasa dingin dan tawar dengan kandungan karst tinggi yang dapat menyembuhkan segala rasa lelah Anda. Setelah mandi, Anda bisa bermeditasi. Suasana hening mendukung para peziarah untuk mencapai ketenangan pikiran dan fokus.

Hanya suara ombak yang pecah yang bisa terdengar di sini. Di luar goa, ada tempat berlindung untuk menikmati laut biru, ombak, dan bebatuan. Gua ini memiliki panjang 30 meter dan lebar 10 meter, tingginya 20 meter dengan stalaktit gantung.

3. Curug Luweng Sampang

wisata di jogja terbaru
Sumber : indonesiakutravel.blogspot.co.id

Curug Luweng Sampang yang terletak di Dusun Karangasem, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, DIY ini buka 24 jam pada hari Senin-Minggu. Air terjun Luweng Sampang memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan lebar sekitar 1,5 meter.

Sisi kanan dan kirinya adalah batu besar menyerupai bukit kecil. Yang unik dari Curung Luweng Sampang adalah mempunyai pola batuan yang memiliki kesamaan dengan Antelope Canyon, Amerika Serikat, hanya saja terdapat perbedaan dari warna batuan. Untuk menciptakan harmoni yang tepat pada batu-batu besar, garis lengkung mengikuti struktur dan bentuk batu.

Seperti simfoni musik, alur atau garis membentuk pola yang sama seperti yang dibentuk oleh tangan manusia dengan pekerjaan, niat, kreativitas, dan rasa. Dua batu besar mengapit saluran air terjun kecil sehingga air yang mengalir tak pernah berhenti terdengar deras dan indah.

Air terjun Luweng Sampang ini dijadikan sebagai salah satu tempat favorit untuk hunting foto prewedding. Di sini Anda bisa mandi pada kolam air yang tidak terlalu dalam atau pun hanya sekedar bermain air. Atau Anda juga bisa berfoto ria dengan view air terjun yang sangat indah.

4. Bukit Bintang Hargodumilah

wisata di jogjakarta
Instagram @Syammr

Bukit Bintang Hargodumilah buka setiap hari 24 jam, namun lebih ramai pengunjung saat malam hari. Ya, tempat ini tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berbicara tentang wisata malam Jogja, Berada di Bukit Patuk Gunung Kidul, Bukit Hargodumilah atau lebih dikenal dengan sebutan Bukit Bintang.

Bagi pecinta wisata malam Jogja, tempat ini merupakan suatu primadona. Lokasinya yang berada di tepi jalan utama Jogja-Wonosari membuat destinasi ini sangat mudah dijangkau. Untuk membuat pengunjung yang datang menjadi lebih nyaman, berbagai fasilitas seperti tempat makan outdoor, area parkir, dan toilet juga telah dibangun.

Dari Bukit Bintang, Anda dapat melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, pemandangan Kota Jogja, dan landasan Adisucipto tanpa hambatan. Anda terbilang beruntung jika datang pada sore hari karena Anda dapat menikmati matahari terbenam yang indah di cakrawala barat.

Malam hari, lampu-lampu berkilauan dari kota di dasar bukit yang nampak seperti cahaya bintang akan menghangatkan suasana di cuaca dingin di Jogja. Karena itu, tidak heran jika tempat ini disebut sebagai Bukit Bintang.

Ini adalah tempat favorit bagi kaum muda untuk mengobrol dengan kerabat, teman dan orang-orang terkasih sambil menikmati secangkir kopi atau teh dan jangan lupa memanggang jagung untuk melengkapi kebersamaan di malam hari. Bagi wisatawan yang baru saja menghabiskan liburan di Gunung Kidul, tempat ini juga merupakan persinggahan favorit.

Sekarang Anda sudah tau beberapa destinasi di Jogja yang gratis dan super keren. Apabila anda ingin mengunjungi wisata di Jogja dengan mudah dan hemat, bisa melalui travel Jogja. Segera jelajahi Jogja dan temukan keunikan-keunikan yang ada di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *