wisata di malang

Wisata di Malang

Bicara soal destinasi liburan, ada baiknya Anda tidak melupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur ini. Selain menawarkan suasana yang sejuk, Ada banyak sekali wisata di Malang baik wisata alam maupun buatan yang tak boleh Anda lewatkan. Ya, Bagi warga Jawa Timur, Malang merupakan surganya wisata.

Daftar Tempat Wisata di Malang yang Tak Boleh Dilewatkan

1. Omah Kayu

wisata di malang kota

Buka setiap hari pukul 9.00 sampai 17.00 WIB. Omah Kayu yang memiliki tagline ‘Not Just Tree House’ terletak di objek Gunung wisata di Malang Banyak dan berdekatan dengan wisata paralayang. Didirikan di atas pohon pinus di lereng bukit, Omah Kayu memiliki konsep rumah dengan bahan kayu yang kuat dan berkualitas baik.

Kayu terdiri atas kayu eucalyptus, pinus dan kasuarina. Perpaduan pemandangan indah antara kamar di Omah Kayu dan suasana asri Gunung Banyak adalah daya tarik utama para wisatawan untuk menginap atau hanya sekedar foto-foto.

Jika malam dan langit cerah, lampu-lampu lampu Kota Malang dan Batu akan terlihat sangat indah dari Omah Kayu. Jika Anda datang sebagai pengunjung reguler (bukan tamu), jam untuk berwisata di Omah Kayu terbatas hanya sampai pukul 17.00 WIB. Jika Anda datang untuk menginap, bisa tinggal di Omah Kayu selama menginap.

Omah Kayu mempunyai dimensi 3m x 2m x 2m. Tentunya cukup nyaman untuk 2 hingga 3 orang. Meski terbuat dari kayu tapi ruangannya tertutup rapat sehingga tak banyak angin yang masuk ke ruangan, jadi Anda tidak akan merasa terlalu dingin walaupun udara luar sangat dingin di malam hari.

Fasilitas di dalam ruangan meliputi 1 unit tempat tidur, bantal, selimut, dan peralatan makan+minum. Sedangkan untuk kamar mandi ada 2 unit tetapi di luar. Karena udaranya sangat dingin, di sini disediakan air panas untuk mandi.

Anda hanya akan dikenakan Rp. 10.000 per orang, murah bukan? Parkir roda dua Rp. 5.000 dan roda 4 Rp. 10.000. Harga sewa untuk menginap di Omah Kayu adalah Rp. 350.000/kabin (ruangan)/malam untuk hari biasa dan Rp. 450.000/kabin (ruangan)/malam pada hari libur.

Jika Anda menginap, kabin yang ditempati oleh tamu akan diberikan penghalang sehingga pengunjung yang datang hanya untuk jalan-jalan atau sekedar foto tidak akan pergi sampai ke area kabin yang telah Anda sewa.

2. Pantai Balekambang

wisata di malang

Bagian selatan Malang, yakni Pantai Balekambang menawarkan suasana pantai yang berbeda. Pantai memiliki tiga pulau dengan jarak masing-masing sekitar seratus meter dan dua di antaranya terhubung oleh jembatan selebar satu meter. Salah satu dari ketiga pulau tersebut adalah Pulau Ismoyo yang memiliki kuil Hindu yang didirikan oleh umat Hindu setempat.

Ritual dan upacara tradisional Jalanidhipuja (upacara Hindu) dan Suran (upacara Tahun Baru Jawa) diadakan di pantai ini setiap tahunnya. Demi kenyamanan pengunjung berbagai fasilitas seperti area parkir, warung, toko souvenir, penginapan, dan fasilitas pariwisata lainnya telah disediakan.
Terletak di Desa Srigonco, Kabupaten Bantur, sekitar 57 km ke selatan dari Malang, Pantai Balekambang dapat diakses dengan transportasi umum. Loket karcis Pantai Balekambang hanya dibuka mulai pagi hingga sore saja, namun pantainya sendiri buka 24 jam setiap hari.

Tarif tiket per orangnya berkisar Rp 15.000 saja. Parkir roda dua Rp. 5.000, roda empat Rp. 10.000. untuk mengunjungi pariwisata Pantai Balekambang dan nikmati ombaknya yang indah dengan angin laut yang lembut. Di sini Anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset serta melakukan beberapa kegiatan pantai, seperti berenang, berjemur, dan lain-lain.

3. Kasembon Rafting

wisata di malang terbaru

Berlokasi di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Kasembon Rafting buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Lokasi Kasembon Rafting dikelilingi oleh bukit dan pegunungan serta pemandangan khas persawahan di sisinya. Memiliki 5 kanal dengan ketinggian 2-3 meter, arus sungai Kasembon mempunyai tingkat kesulitan level 2-3.

Bagi para rafter, arung jeram di sini cukup menantang karena ada yang mempunyai ketinggian hingga 4 meter dari 8 jeram yang ada. Air sungai berasal dari Bendungan Mendalan, rafting di Kasembon tidak memandang musim. Dan inilah yang membedakan Kasembon Rafting dengan rafting di tempat lainnya.

Debit air juga bisa diatur sehingga memudahkan bagi rafter profesional atau rafter pemula. Selain rafting, di sini Anda juga bisa melakukan camping, outbond, flying fox, paintball, airsoftgunt, offroad, ataupun trail.

TRIP dan HARGA

Rafting + Outbound + Paint Ball Rp 450.000/pax
Rafting + Flying Fox Rp 325.000/pax
Rafting + Outbound Rp 320.000/pax
Rafting + Paint Ball Rp 300.000/pax
Kasembon Rafting Arung Jeram Rp 215.000/pax

Adapun paket lainnya, yaitu sebagai berkut.

1. Family trip

Jarak tempuh : 7,5 km
Waktu tempuh : 1,5- 2 jam
Harga paket : hari kerja Rp. 175.000, akhir pekan Rp. 195.000 (min. 5 pax)

2. Adventure trip

Jarak tempuh : 12,5 km
Waktu tempuh : 3- 4 jam
Harga paket : Rp. 199.000 (min. 10 pax)

3. Night rafting

Jarak tempuh : 7,5 km
Waktu tempuh : 1,5 – 2 jam
Harga paket : Rp. 199.000 (min. 20 pax)

Anda mendapatkan fasilitas welcome drink, peralatan keselamatan, pemandu, tim penyelamat, transportasi lokal, coffee break, 1x makan, asuransi, dan instruktur.

4. Masjid Turen/Tiban

wisata di malang batu

Lokasi Masjid Turen/Tiban berada di tengah permukiman warga, tepatnya di Jalan Wakhid Hasyim Gang Anggur No. 10, Sananrejo – Turen – Malang. Masjid buka 24 jam setiap hari. Tidak dipungut biaya alias gratis untuk masuk masjid ini, Anda hanya dikenakan biaya parkir saja, sedangkan untuk tiket masuknya gratis.

Biaya parkir roda empat sebesar Rp5.000 sedangkan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000. Masjid Tiban atau yang disebut juga Masjid Ajaib (ada juga yang menyebutnya dengan masjid jin) sebenarnya merupakan masjid milik Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah).

Karena pembangunannya yang amat kilat maka dijuluki lah masjid ini dengan nama Masjid Tiban. Masjid ini tiba-tiba langsung ada begitu saja dalam waktu semalam. Tiban berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai arti ‘tiba-tiba ada’. Masjid ini memiliki desain bangunan dan model arsitektur yang sangat unik dan berbeda dengan masjid lainya.

Bentuknya sangat luar biasa dengan segala model yang ala Timur Tengah. Bangunan masjid memiliki beberapa bangunan menara dengan ujungnya yang cukup lancip dan didominasi dengan warna biru tua. Terdapat aktivitas jual beli di dalam Masjid Tiban.

Satu hal yang unik lagi yaitu setiap masuk waktu sholat semua ruko tutup dengan sendirinya dikarenakan para penjual berbondong-bondong mengikuti sholat berjamaah. Setelah selesai sholat berjamaah, aktivitas jual beli dilanjutkan kembali.

Jangan khawatir akan keindahan Kota Malang jika Anda hendak berlibur ke kota ini. Malang menawarkan cukup banyak pilihan wisata baik wisata alam maupun buatan yang recommended untuk Anda kunjungi. Tak kalah juga dengan Kota Yogyakarta yang juga banyak destinasi wisatanya, Anda bisa menempuh perjalanan dengan travel Malang Jogja, jelajahi keindahan wisata di Malang dan Jogja.

Tinggalkan komentar

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak