wisata di semarang

Wisata di Semarang

Semarang adalah salah satu daerah populer di Indonesia karena memiliki banyak destinasi wisata menarik. Faktanya wisatawan tidak enggan berkunjung ke Semarang meskipun kota ini terkenal dengan kawasan industri yang sibuk di Pulau Jawa. Keindahan alam dan tempat wisata di Semarang yang instagramable membuat kota ini populer di kalangan wisatawan.

Tempat Wisata di Semarang yang Instagramable

1. Lawang Sewu

wisata di semarang atas
tribun jateng

Lawang Sewu buka setiap Senin-Minggu mulai pukul 07.00-21.00 WIB. Lawang Sewu adalah salah satu bangunan megah di kota Semarang dan terletak di lokasi yang strategis di kota Semarang. Yakni Jalan Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di kawasan Tugu Muda.

Harga tiket masuk untuk anak-anak domestik Rp5.000, dewasa domestik Rp10.000, turis mancanegara Rp20.000. Kata ‘Lawang Sewu’ ini berasal dari bahasa Jawa, yang mempunyai arti pintu (lawang) seribu (sewu). Jika didefinisikan secara harfiah, Lawang Sewu berarti ‘Bangunan Seribu Pintu’.

Meskipun orang menyebutnya gedung seribu pintu, bukan berarti pintu benar-benar hadir dalam jumlah seribu. Menurut pemerintah setempat, hanya ada 342 pintu. Lawang Sewu adalah museum dengan bentuk bangunan klasik dan artistik. Anda akan menemukan banyak sejarah perkembangan kereta api di Indonesia hanya dengan mengunjungi Lawang Sewu ini.

Mulai dari kereta pertama hingga yang terbaru. Di Lawang Sewu, Anda dapat menyaksikan kemegahan arsitektur klasik. Mengunjunginya di malam hari akan memberikan sensasi tersendiri bagi Anda. Beberapa pengunjung sengaja datang ke sini hanya untuk duduk santai atau berfoto.

Bahkan, sudah biasa bagi pengunjung menggunakannya untuk foto prewedding. Sedangkan untuk tempat foto terbaik ada di aula utama.

2. Kuil Sam Poo Kong

wisata di semarang bandungan
wacana.co

Kuil Sam Poo Kong terletak di Jalan Simongan, sekitar 3 km barat daya Simpang Lima dan sekitar 20 menit dari pusat kota. Buka setiap Senin-Minggu mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Kuil Sam Poo Kong yang juga dikenal dengan sebutan Gedung Batu. Kuil ini juga merupakan kuil China tertua yang ada di Semarang.

Kuil Sam Poo Kong berbeda dari kuil lainnya karena bukan milik agama tertentu. Ciri khas cat warna merah yang memperlihatkan kemegahan ini dimahkotai atap berupa pagoda yang berlapis tiga, memperlihatkan ciri khas budaya Asia bagian timur. Daerah sekitarnya penuh dengan asap dupa, memberikan nuansa berada di China.

Beberapa keunikan Kuil Sam Poo Kong sebagai berikut.

a. Tidak hanya kebudayaan Tiongkok saja, namun Sam Poo Kong juga menyimpan kebudayaan islam.
b. Di dalam kuil terdapat jangkar dari kapal Cheng Ho yang kemudian dinamai Kiai Djangkar.
c. Terdapat makam Kiai Tumpeng yang berada di sebelah petilasan Kiai Djangkar.
d. Adanya pohon rantai berusia 611 tahun lamanya.
e. Pengunjung bisa melihat kisah dari laksamana Cheng Ho dari relief yang dipahat di area klenteng.

Untuk masuk ke kuil yang kaya akan sejarah ini, orang dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 7000, anak-anak sebesar Rp5000, dan wisatawan asing sebesar Rp10.000. Serta dikenakan biaya Rp 40.000 untuk wisatawan asing dan untuk wisatawan lokal cukup Rp 27.000 saja jika sekaligus masuk ke area sembahyang.
Kuil Sam Poo Kong juga menyiapkan jasa foto menggunakan pakaian khas Tiongkok. Dengan biaya sewa kostum sebesar Rp 70.000 per orang, Anda sudah bisa foto ala-ala China.

3. Ayanaz Gedong Songo

wisata di semarang kota
traveloka

Untuk hari Senin-Sabtu Ayanaz Gedong Songo buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB, khusus hari Minggu buka mulai pukul 07.15-18.00 WIB. Terletak di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Ayanaz Gedong Songo berada di dalam kawasan Candi Gedong Songo.

Jadi Anda harus membeli tiket masuk candi terlebih dahulu seharga Rp 10.000 kemudian Anda harus membeli tiket lagi untuk masuk ke Ayanaz Gedong Songo. Tiket untuk untuk anak-anak Rp 10.000, untuk orang dewasa Rp 25.000. Dengan harga berikut Anda bisa menikmati spot foto di banyak tempat dan sudut.

Namun sayangnya Anda harus membayar Rp 10.000 per orang untuk spot foto tenda gelembung. dengan Rp 10.000 tersebut Anda diberi waktu 3 menit untuk berfoto. Ada puluhan spot foto menarik di sini, antara lain, rumput, cozy room, balon udara, bubble tent, sofa tengah kolam, balon udara, dan ayunan.

4. New Sabana Rawa Pening

wisata di semarang
Instagram/ardhimo_ongsukoco

Tempat wisata yang berada di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, dan Kabupaten Semarang ini buka setiap Senin-Minggu mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Perlu diketahui bahwa lokasi parkiran berada 100 meter dari lokasi rawa dengan jalan setapak kecil. Pada musim penghujan, jalan setapak tersebut selalu terendam air.

Banyak orang selfie di tempat ini. Jika berkunjung saat cuaca cerah, Anda bahkan dapat menikmati keindahan pemandangan Gunung Ungaran Telomoyo, dan Merbabu dari kejauhan. New Sabana Rawa Pening awalnya merupakan bagian dari danau, seiring musim kemarau yang panjang menyebabkan danau mengering hingga lumpur di dasar danau muncul.

Itu menciptakan sabana hijau yang indah dan sangat menarik. New Sabana Rawa Pening ini hanya muncul selama musim kemarau dan akan berakhir ketika musim hujan datang. Karena terbuat dari lumpur danau, ada beberapa area yang sebenarnya berbahaya untuk dilalui. Oleh karena itu, Anda harus menjauh dari area tersebut.

Namun jangan khawatir, pihak pengelola Rawa Pening telah menaruh beberapa tanda pada area berbahaya tersebut. Untuk bisa masuk ke wisata New Sabana Rawa Pening, dihari biasa Anda harus membayar Rp 3000 per orang dan di hari libur membayar Rp 3.500 per orang.

Sedangkan untuk menyewa perahu dikenakan biaya Rp 30.000 per perahu dengan waktu sewa 30 menit dan mampu diisi sampai 8 orang.

5. Lakers BSB

wisata di semarang yang lagi hits
travelingyuk.com

Lakers BSB terletak di Jalan RM Hadi Subeno Sasrowardoyo, Desa Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang dan buka setiap hari mulai pukul 07.00-22.00 WIB. Banyak makanan lokal hingga western yang dihidangkan dengan hidangan lezat di sini.

Di bawah komplek perumahan BSB terdapat danau buatan, maka restoran ini diberi nama Lakers (berasal dari kata ‘lake’ yang berarti ‘danau’). Menu nasi bancakan atau nasi liwet merupakan menu paling favorit yang dipesan pengunjung. Hanya beralaskan daun pisang, menu ini disajikan langsung begitu saja di atas meja.

Masih dalam arena restoran Instagramable ini, di sini juga terdapat kolam renang dengan pemandangan pegunungan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lakers Sport Club. Di sini Anda bisa berenang sambil selfie dengan pegunungan sebagai view nya.

Kolam renang tersedia untuk dewasa dan anak-anak lengkap dengan berbagai permainannya. Ini merupakan satu-satunya kolam renang di Semarang yang menggunakan air laut buatan, tak heran banyak yang berbondong-bondong ke sini.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Semarang dikenal juga dengan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Semarang tentu memiliki beragam potensi wisata karena merupakan ibu kota Jawa Tengah. Dengan menikmati wisata di Semarang bersama travel Semarang Jepara, jadikan waktu libur Anda menjadi lebih berwarna.

Tinggalkan komentar

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak