doa berpergian

Doa Berpergian

Siapa sih yang tidak pernah berpergian? Semua orang pasti pernah melakukan berpergian, baik itu dekat maupun jauh. Meskipun jarak yang ditempuh dekat atau jauh lebih baiknya kita membaca doa berpergian terlebih dahulu sebelum berangkat. Agar Allah SWT selalu melindungi kita  dari mara bahaya.

Karena kita tidak tahu kapan datangnya malapetaka yang terjadi pada kita. Maka dari itu dianjurkan untuk berdoa kepada Allah sebelum berpergian agar selalu dalam lindungan-Nya.

Namun kita juga tetap diharuskan berhati-hati ketika sedang menaiki kendaraan. Baik itu mengendarai kendaraan darat, kendaraan udara atau kendaraan laut.

Doa Berpergian Naik Kendaraan Darat

doa bepergian dan naik kendaraan

Bacaan Doa Berpergian Naik Kendaraan Darat Arab

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ.. سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ.. الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Doa Berpergian Naik Kendaraan Darat Latin

BISMILLAH , AL’HAMDULILLAH . SUB’HAANALLADZII SAKHORO LANAA HADZAA WA MAA KUNNAA LAHU MUQRINIIN. WA INNAA ILA RABBINAA LAMUNNGQOLIBUUN… AL’HAMDULILLAAH, AL’HAMDULILLAAH, AL’HAMDULILLAAH, ALLAAHUAKBAR, ALLAAHUAKBAR, ALLAAHUAKBAR.. SUB’HAANAKALLAAHUMMA INNII DZHOLAMTU NAFSII FAGHFIRLII, FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANNTA

Arti Doa Berpergian Naik Kendaraan Darat

“Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah… Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Simak dan Baca Juga : Doa Bercermin

Doa Berpergian Naik Kendaraan Laut / Udara

doa bepergian latin

Doa Berpergian Naik Kendaraan Laut / Udara Arab

 بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Doa Berpergian Naik Kendaraan Laut / Udara Latin

BISMILLAAHI MAJRAAHAA WA MURSAAHAA. INNA RABBII LAGHOFUURURRAA’HIIM

Arti Doa Berpergian Naik Kendaraan Laut / Udara

“Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Selamat Sampai Tujuan

doa bepergian jauh

Setelah kita sampai tujuan juga dianjurkan untuk berdoa, doa ini mengandung pujian kepada Allah karena telah memberikan perlindungan dan keselamatan kepada kita. Sehingga kita bisa selamat sampai tujuan tanpa halangan satupun.

Doa Selamat Sampai Tujuan Arab

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Doa Selamat Sampai Tujuan Latin

ALHAMDULILLAHILLADZI SALLAMANI WALLADZI AWAANII WALLADZI JAMA’ASSAMLA BII

Arti Doa Selamat Sampai Tujuan

“Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Adab Orang yang Berpergian

doa bepergian umroh

Ketika kita hendak melakukan berpergian maka kita harus memiliki bekal yang paling utama yaitu ilmu. Supaya perjalanan kita bisa mendapatkan ridho dari Allah SWT dan tetap didalam tuntunan Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu saja, kita juga diharuskan menaati adab-adab ketika berpergian.

1. Berpamitan Kepada Keluarga dan Handai Taulannya

Sebelum melakukan perjalanan maka disunnahkan untuk meminta izin kepada keluarga. Supaya dalam perjalanan kita di ridhoi orang tua dan hati lebih tenang.

2. Mencari Teman Safar yang Baik atau Seperjalanan

Disarankan ketika kita mau berpergian (jauh) jangan melakukan sendirian. Hendaknya mengajak sahabat, mahram, teman atau sauadara. Sehingga lebih aman dan bisa mengingatkan kebaikan dan melarang kemungkaran di perjalanan.

Diriwayatkan Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

الرَّاكِبُ شَيْطَانٌ، وَالرَّاكِبَانِ شَيْطَانَانِ، وَالثَّلَاثَةُ رَكْبٌ

orang yang berkendaraan sendirian adalah setan, orang yang berkendaraan berdua adalah dua setan, orang yang berkendaraan bertiga maka itulah orang yang berkendaraan yang benar.“ (HR. Malik dalam Al Muwatha, Abu Daud no.2607, dan At Tirmidzi no. 1674, dihasankan Al Albani dalam Shahih Abu Daud)

Dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لو يعلمُ الناسُ ما في الوَحْدَةِ ما أعلَمُ، ما سار راكبٌ بليلٍ وَحْدَه

Andaikan orang-orang mengetahui akibat dari bersafar sendirian sebagaimana yang aku ketahui, maka mereka tidak akan bersafar di malam hari sendirian. (HR. Bukhari no. 2998).

3. Membaca Doa Ketika Keluar Rumah

Sebelum meninggalkan rumah, dianjurkan untuk doa keluar rumah. Doa ini meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah. Ketika kita mengamalkannya maka malaikat bersiap melindungi kita selama berada di luar rumah.

4. Perbanyaklah Membaca Zikir dan Doa Selama di Perjalanan

Salah satu waktu yang paling mustajaB untuk memanjatkan doa adalah ketika sedang berpergian. Karena doa seorang musafir (orang yang melakukan perjalanan) merupakan salah satu doa yang diijabah oleh Allah SWT.

Dengan begitu, ketika kita memiliki keinginan atau hajat yang belum tercapaikan maka berdoalah ketika sedang perjalanan. Selain itu juga dapat bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan selamaa dalam perjalanan.

5. Bersedekah

Sedekah dalam Islam sangat dianjurkan, termasuk sebelum melakukan perjalanan maka kita diharuskan untuk bersedekah. Disebutkan dalam beberapa hadits yang berisi bahwa sedekah dapat menolak mara bahaya, bencana dan mencegah hal buruk.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sedekah itu menolak bala (bencana).”

Dalam hadits lain beliau njuga pernah bersabda:

“Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

6. Membawa Oleh-oleh

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh keluarga dan sanak family ketika saudara berpergian yaitu oleh-oleh. Dalam riwayat-riwayat Islam menganjurkan bahwa ketika ada seorang yang berpergian maka hendaknya membawa oleh-oleh untuk keluarga, meskipun itu sesuatu yang kecil dan murah. Rasulullah SAW bersabda.

“Jika salah seorang dari kalian keluar melakukan perjalanan, tatkala kembali ke tengah keluarganya hendaklah membawakan untuk mereka hadiah meskipun hanya sepotong batu.” (Bihârul Anwâr, jil. 76, bab 52)

Maksud rasulullah bukan batu sebenarnya, dtetapi sekecil atau semurah apapun orang menerima pasti akan senang.

Simak dan Baca Juga : Doa Pagi Hari

Keutamaan Membaca Doa Berpergian

doa bepergian jauh bahasa arab

Ketahuilah bahwa ketika kita berdoa pasti menjadi bentuk amalan untuk selalu mengingat kepada Allah SWT. Yang mana segala doa yang dipanjatkan kepada Allah ini semua baik. Selain itu juga akan mendatangkan pahala bagi siapa yang mengerjakannya.

Khusus untuk membaca doa berpergian ini kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari godaan-godaan setan dan mara bahaya selama kita bersafar. Sehingga kita akan selamat sampai tujuan dan nyaman dijalan.

Demikian ulasan tentang doa berpergian, adab-adab orang yang berpegian dan keutamaan membaca doa berpergian. Selalu senantiasa berdoa dimanapun dan kapanpun agar mendapat perlindungan pertolongan dari Allah SWT, Aamiin.

Tinggalkan komentar

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak