Doa Pagi Hari

Kita pasti sudah sering mendengar istilah “bangun pagi agar rezekinya tidak dipatok ayam”. Ungkapan ini sebenarnya mengandung banyak makna tersembunyi. Islam sendiri sangat menyukai umatnya yang rajin bangun dan melakukan aktivitas di pagi hari. Tak lupa juga, umat Islam harus mengawali hari dengan sholat subuh dan melantunkan doa pagi hari.

Kita mengawali hari dengan sholat subuh. Tujuannya adalah menghadap Allah SWT dan sembari mengucap syukur karena kita masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia ini satu hari lagi. Kemudian doa adalah senjata ampuh bagi kaum muslim untuk memohon pertolongan, perlindungan, berkah, dan rezeki sepanjang hari tersebut.

Kita juga harus mencontoh kebiasaan nabi besar Muhammad SAW yang rajin bangun pagi, beribadah, dan menyempatkan diri memanjatkan untaian doa pagi hari. Islam memberikan keutamaan waktu pagi bagi umat Muslim. Pagi hari adalah saat berkah dan rezeki diturunkan untuk seluruh umat manusia. Dan Allah SWT menyayangi orang-orang yang mengingat-Nya di pagi hari.

Doa Pagi Hari

Ternyata Rasulullah SAW memberikan tuntunan amalan yang bisa dilakukan umat muslim pada pagi hari. Bahkan ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud bahwa doa adalah salah satu ibadah. Doa adalah sarana umat muslim meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT. Apa saja doa pagi hari islami yang sepantasnya diamalkan oleh setiap umat Muslim?

1. Doa Minta Perlindungan Allah SWT

doa pagi hari islam bergambar

Nabi Muhammad SAW mencontohkan bahwa umat Muslim harus memanjatkan doa mohon perlindungan pada pagi hari. Maksud doa ini untuk memohon perlindungan dari segala godaan makhluk ciptaan Allah SWT baik itu jin, setan, dan manusia yang berniat jahat. Disunnahkan untuk membaca doa berikut ini sebanyak 3 kali:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

“àllàhummà bikà àshbàhnà, wà bikà àmsàinà, wà bikà nàhyà, wà bikà nàmutu, wà ilàikàn nusyuru.”

“Ya Allah, dengan-Mu aku menjalani pagi hari, dengan-Mu aku menjalani sore hari, dengan-Mu aku hidup, dengan-Mu aku mati. Hanya kepada-Mu aku kembali.” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

2. Doa Menyambut Pagi Hari

doa pagi hari jumat

Kemudian Anda bisa membaca doa untuk menyambut datangnya hari baru. Doa ini bertujuan untuk meminta kebaikan di awal hari, kemenangan di tengah hari, dan kejayaan di malam hari. Berikut ini bacaan doa memohon kebaikan di pagi hari:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir.

Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha.

Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Artinya :

“Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, dan tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia berkuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya.

Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa api neraka dan siksa kubur.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus : Darul Mallah, 1971 M/1391 H] halaman 64).

Simak dan Baca Juga : Doa Bangun Tidur

3. Doa Pagi Hari Menjemput Rezeki

untaian doa pagi hari

Kita juga dianjurkan untuk membaca doa memohon limpahan rezeki dari Allah SWT saat pagi hari. Doa ini bisa kita baca sebelum berangkat kerja, sekolah, ataupun beraktivitas biasa. Karena hakitatnya rezeki bukan hanya uang semata, tapi juga kesehatan dan kebahagiaan hidup juga. Bacaan doa menjemput rezeki di pagi hari sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rejeki yang baik dan amal yang diterima.” (HR Ibnu As – Sunni dan Ibnu Majah).

4. Doa Pagi Hari Jum’at

doa pagi hari menjemput rezeki

Diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sinni dari Anas r.a. bahwa barang siapa yang membaca doa khusus sebelum sholat pagi di hari Jum’at, maka Allah SWT akan memberikan ampunan meskipun ia memiliki dosa sebanyak buih-buih di lautan. Dan inilah doa istimewa pada hari Jum’at tersebut:

أسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذي لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ الحَيَّ القَيُّوْمَ وأَتُوْبُ إلَيْهِ

Astaghfirullâh alladzî lâ ilâha illâ huwa-l-hayyal qayyûma wa atûbu ilaihi

Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia Yang hidup kekal serta terus menerus mengurus (makhluk); dan aku bertobat kepada-Nya.”

5. Doa Pagi Hari Al-Matsurat

Al-Matsurat adalah sekumpulan doa/dzikir yang bisa dipanjatkan oleh umat Muslim setiap pagi dan juga sore hari. Untaian doa Al-Matsurat ini sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dianjurkan untuk membaca doa Al-Matsurat ini setelah sholat subuh. Berikut ini rangkaian doa yang harus Anda baca:

Anda bisa membaca doa pagi hari Al-Matsurat di ulasan berikut ini.

Hadits Berdoa di Waktu Pagi

Mengapa kita dianjurkan untuk berdoa di pagi hari? Sebagai umat muslim, kita wajib percaya bahwa pagi hari adalah saat-saat yang penuh berkah. Kita bisa mendapatkan beberapa keberkahan ini jika kita mau bangun pagi dan beribadah kepada Allah SWT:

1. Pagi Hari Penuh Keberkahan

Dalam H.R. Thabrani No. 7457, Nabi Muhammad bersabda “Berangkatlah pagi-pagi untuk mencari rizki dan segala kebutuhan. Sesungguhnya, berangkat bekerja di pagi hari (dipenuhi dengan) keberkahan dan kesuksesan.”

Dari hadits di atas kita bisa mengambil hikmah bahwa pagi hari adalah saat yang penuh berkah. Bahkan semua umat Muslim yang berangkat kerja pada pagi hari dijanjikan kesuksesan dan keberkahan oleh Allah SWT.

2. Nabi Muhammad SAW Mendoakan Orang yang Bangun Pagi

Salah satu kestimewaan pagi hari bagi umat Muslim adalah doa. Bahkan doa ini langsung diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini termuat dalam sebuah hadits dari H.R. Abu Dawud No. 2608 yang artinya:

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka. Dan (ketika) Beliau memberangkatkan tentara sariyyah atau jaisy, Beliau memberangkatkan pada awal siang. Dan Shakhr (perawi hadis) adalah seorang pedagang. Ia memberangkatkan dagangannya di pagi hari, maka ia menjadi kaya dan banyak harta.”

3. Waktu Pembagian Rezeki

Nabi Muhammad pernah bersabda dalam H.R. Al Baihaqi No. 4450 bahwa Allah SWT membagikan rezeki pada manusia mulai terbit fajar sampai terbitnya matahari. Sebagai umat muslim, kita lebih baik bangun sebelum waktu subuh agar Allah SWT mau memberikan rezeki yang berlimpah kepada kita.

“Wahai putri kecil, bangunlah! saksikanlah rizki Tuhanmu. Janganlah kau menjadi orang yang lalai. Sesungguhnya, Allah membagi rizki-rizki manusia di (waktu) antara terbitnya fajar sampai terbitnya matahari.”

Begitu istimewanya waktu terbit fajar sampai terbit matahari, maka dalam Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan di waktu ini. Nabi Muhammad SAW juga mencontohkan pada umatnya untuk memperbanyak doa di pagi hari sebelum kita beraktivitas. Hal ini termuat dalam H.R. Abu Daud dan Ibnu Majah yang artinya:

Dari Ibnu Umar, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggal-kan doa-doa berikut ini di pagi dan di sore hari, ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu ampunan keselamatan dalam agama dan duniaku, keluarga, dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah kejelekanku dan tentramkanlah hatiku. Ya Allah, lindungilah dari depan dan dari belakangku, sebelah kanan dan kiriku dari atas kepalaku, serta dengan keagungan-Mu aku berlindung dari upaya makar atasku dari bawahku.’” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Simak dan Baca Juga : Doa Bercermin

Aktivitas Pagi Hari

Umat Islam mengenal adab setelah bangun tidur di pagi hari. Adab ini hendaknya dilakukan dan jadi kebiasaan sehari-hari bagi seluruh umat Islam demi mendapat keberkahan dari Allah SWT. Waktu pagi adalah saat bagi umat Muslim untuk mengawali hari barunya. Di pagi hari ini, rezeki mengalir deras dan siap dijemput oleh manusia.

Kita akan rugi jika menghabiskan waktu pagi hanya untuk bermalas-malasan. Lagi pula, Allah SWT tidak menyukai orang yang terlambat bangun, telat sholat subuh, dan melewatkan waktu pagi hanya untuk tidur-tiduran. Muslim yang baik dan taat akan selalu berusaha untuk bangun pagi dan bersemangat mengawali hari. Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai aktivitas pagi hari?

1. Bangun Sebelum Subuh

Godaan untuk bermalas-malasan di pagi hari memang besar. Nabi Muhammad SAW sendiri bersabda bahwa setan mengikat manusia agar terlambat bangun di pagi hari. Dan ikatan setan ini baru bisa lepas saat kita selesai menunaikan sholat subuh. Jadi, barang siapa terlambat sholat subuh, maka ia ada dalam ikatan setan sepanjang hari.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Setan akan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian saat tidur dengan tiga ikatan ia akan membisikkan kepadamu bahwa malam masih panjang, jika ia terbangun lalu berdzikir pada Allah lepaslah satu ikatan, jika ia berwudlu maka lepaslah dua ikatan, dan jika ia melanjutkan dengan sholat, maka lepaslah seluruh ikatan itu, sehingga pada pagi harinya ia mulai dengan penuh kesemangatan dan jiwanya pun sehat, namun jika tidak, maka dia akan memasuki waktu pagi dengan jiwa yang keji dan penuh kemalasan.” [HR Bukhari]

Jangan lupa untuk selalu membaca doa bangun tidur. Doa ini adalah bentuk syukur kita karena Allah SWT masih membangunkan makhluknya dari tidur. Karena sejatinya saat tidur, bisa dikatakan juga kita sedang mati suri.

2. Berdzikir

Agar hati diliputi ketenangan sepanjang hari, kita dianjurkan untuk mengisi waktu berdzikir pagi. Amalan ini bisa kita lakukan mulai masuk waktu sholat subuh sampai terbit matahari. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa dzikir pagi bisa dibaca sampai matahari bergeser ke arah barat (sore hari).

3. Membaca Al Qur’an

Setelah selesai sholat subuh dan berdzikir, kita bisa menambah amalan pagi dengan membaca Al Qur’an. Hendaknya ayat-ayat suci Al Qur’an dibaca dengan penuh penghayatan dan pemahaman. Agar kita bukan saja mendapat pahala dari membacanya, tapi juga bisa mengamalkan ajaran kitab suci ini.

Membaca Al Qur’an di pagi hari ternyata juga bermanfaat bagi fisik dan mental. Membaca Al Qur’an bisa membantu otak untuk siap menjalani aktivitas harian. Otak jadi lebih tajam dan muda mengingat hal-hal penting. Bagi kita yang masih kuliah/sekolah, pastinya kita butuh daya ingat lebih dan bisa kita tingkatkan dengan membaca Al Qur’an pagi.

Membaca Al Qur’an sambil memahami terjemahannya juga sangat baik bagi kondisi hati kita. Psikis kita jadi bisa lebih damai, tenang, dan merasa selalu dilindungi oleh Allah SWT. Kita juga bisa punya pemikiran yang positif bahwa Allah SWT akan selalu meridhoi langkah kita hari ini dalam mencari rezeki.

4. Mulai Aktivitas Pagi

Setelah selesai beribadah pagi, kita harus segera mulai beraktivitas. Bahkan ada beberapa ungkapan yang menganjurkan kita untuk segera beraktivitas sepagi mungkin. Misalnya Bangsa Arab yang mengenal peribahasa “waktu adalah pedang”, Bangsa Indonesia juga mengenal pepatah “berangkat pagi sebelum rezekinya dipatok ayam”.

Semua kiasan tersebut menggambarkan bahwa kita harus segera beraktivitas. Jangan sampai bermalas-malasan setelah sholat subuh. Apalagi sampai tidur lagi. Perbuatan ini sungguh sangat dibenci oleh Allah SWT. Mulailah aktivitas pagi hari dengan mandi, membersihkan rumah, menyiapkan makanan, dan lain sebagainya.

5. Sholat Dhuha

Amalan sholat dhuha hukumnya sunnah muakaddah. Artinya, sholat dhuha adalah ibadah sunnah yang diutamakan. Banyak sekali pahala yang dijanjikan saat kita menjalankan sholat dhuha. Tapi, sebenarnya umat Muslim sendiri disunnahkan untuk sholat dhuha sebagai bentuk sedekah atas setiap sendi dalam tubuh kita.

6. Larangan di Pagi Hari

Umat Islam dianjurkan untuk memanfaatkan waktu pagi sebaik mungkin. Ibnul Qayyim dalam Kitab Zaadul Ma’ad pernah menyatakan ada 4 hal yang bisa menghambat datangnya rezeki yaitu:

– Tidur setelah sholat subuh (atau tidur sampai terlewat waktu shubuh).
– Sedikit menjalankan sholat.
– Bermalas-malasan.
– Berkhianat

Cara Agar Pikiran dan Badan Segar di Pagi Hari

Sesekali merasa lelah saat bangun tidur mungkin tidak apa-apa. Terlebih lagi jika kita baru beraktivitas berat atau melakukan perjalanan jauh. Tapi jika hampir setiap hari kita merasa lemas dan malas saat bangun pagi, mungkin ada masalah pada diri kita. Karena itu, kita harus mulai mengubah kebiasaan saat bangun pagi. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Minum air putih saat bangun tidur. Rasa segar dari air bisa membuat kita terjaga dan mata segar kembali.
2. Rutin melakukan olahraga ringan seperti yoga atau stretching.
3. Jangan lupa untuk makan sarapan dan memanjatkan doa sebelum makan. Tapi sebisa mungkin hindari kopi saat sarapan.
4. Lakukan kegiatan ringan yang bisa mengasah otak seperti belajar atau membaca buku sebentar. Jangan lupa untuk memanjatkan doa sebelum belajar dulu agar daya ingat kita lebih kuat.
5. Ucapkan syukur kepada Allah SWT sebelum berangkat kerja dan jangan lupa berdoa mohon dilancarkan rezeki untuk hari ini.

Terus mengingat Allah SWT saat pagi hari adalah kewajiban setiap umat Muslim. Jangan sampai kita hanya mengingat kepentingan dunia, tapi lalai untuk memanjatkan doa pagi hari pada Sang Pemberi Rezeki.

Leave a Comment