Pengertian USB, Jenis dan Cara Kerjanya

USB adalah Universal Serial Bus atau bisa disebut sebagai perangkat elektronik yang berguna untuk menghubungkan satu perangkat elektronik dengan perangkat yang lain. Ini berguna agar transfer data, suara, gambar atau lainnya bisa lancar.

Di era digital ini, penggunaan USB bukanlah hal baru. Beragam tipe dan model, telah hadir dengan keunggulan masing-masing. Mengingat, kebutuhan transfer data membutuhkan kehadiran alat tersebut. Agar lebih jelas, mari simak dalam ulasan berikut ini.

Pengertian USB

pengertian usb

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. Jadi perangkat elektronik ini biasanya untuk menghubungkan perangkat lain ke komputer. Misalnya saja printer, speaker, kamera, bluetooth dan banyak lagi lainnya.

Tidak hanya dengan personal komputer atau laptop, dapat juga menggunakan USB ini untuk menghubungkan speaker aktif dengan ponsel. Bahkan, dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, penggunaannya pun semakin luas.

Misalnya saja penghubung televisi dengan joystick untuk bermain game, ponsel dengan ring light, serta beragam penggunaan lainnya. Menarik sekali bukan? Jadi penasaran seperti apa sejarah perangkat banyak guna ini.

Sejarah USB

konektor usb

Tahukah jika USB ini memiliki forum pengawas? Ya, betul. USB Implementer Forum merupakan forum pengawas dalam penggunaan USB. Menarik bukan? Bagaimana perangkat yang lahir di tahun 90-an ini memiliki regulasi yang ketat dalam pengembangan dan pengelolaannya.

Agar lebih memahami, mari simak perjalanan USB ini dari awal kemunculannya hingga saat ini.

  • Perusahaan yang awal memproduksi soket sambungan ini adalah IBM, Compaq, Intel, DEC, Microsoft, Nortel dan NEC.
  • Pada bulan Januari, tahun 1996 pertama kali muncul dan berhasil menyita perhatian public.
  • Pada bulan Mei di tahun 1996, mulai memproduksi secara massal.
  • Awal muncul, memiliki kecepatan dalam mentransfer data hanya sebesar 1.5 Mbit.
  • Tipe awal atau saat mulai membanjiri pasaran adalah tipe 1.0.
  • Pertama muncul di tahun 1996, kabel USB hanya bisa untuk program OSR 2,1 dan Windows 95.
  • Kemunculan tipe kedua, yaitu tipe 1.1 sudah memiliki kecepatan transfer data sebesar 12 Mbit pada bulan Agustus tahun 1998.
  • Tipe selanjutnya port usb adalah yaitu 2.0 sudah memiliki kecepatan transfer 480 Mbit dan ini ada di bulan April, tahun 2000.
  • Tipe 3.0 dengan kecepatan 3 Gbit/ detik baru muncul pada tahun 2008 bulan November.
  • Pada tahun 2010, sudah mulai banyak perangkat yang cocok untuk menggunakan tipe 3.0 dan produksinya pun semakin meluas.
  • Berlanjut pada tahun 2013, bulan Juli, sudah ada yang memproduksi dengan kecepatan transfer 10 Gbit dan ini adalah tipe 3.1.

Hingga saat ini, USB ini pun semakin berkembang dengan beragam tipe lain yang lebih nyaman untuk berbagai perangkat. Apa saja jenisnya? Mari simak dalam penjelasan di bawah ini.

Jenis Konektor USB

Kepanjangan USB adalah Universal Serial Bus, yang artinya adalah penghubung dari satu perangkat elektronik ke perangkat lain untuk transfer berbagai macam jenis data. Berdasarkan jenisnya, USB ini dapat dibedakan dalam istilah huruf. Seperti, A, B, C dan lainnya. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan berbagai jenis USB berikut ini.

kepanjangan usb

1. Tipe A Jenis Standard

USb tipe ini ditandai dengan bentuknya lebar dan panjang, sekilas seperti persegi panjang. Biasanya jenis ini berguna untuk:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Printer
  • Flashdisk
  • Eksternal harddisk
  • Modem

Intinya, tipe satu ini banyak berguna untuk ekstender perangkat komputer. Jadi memang didesain agar cocok ketika dimasukkan ke dalam perangkat yang hendak disambungkan.

2. Tipe A Jenis Mikro

Seperti namanya, jenis ini merupakan versi mini-nya tipe A standard. Bentuknya sendiri menyerupai persegi panjang, namun lebih tipis dan kecil pada bagian konektornya. Jenis USB ini biasanya memiliki kecepatan transfer 480 Mbit dan untuk charger atau USB on the go.

3. Tipe B Jenis Standard

Berbeda dengan tipe A, jenis B ini lebih mendekati bentuk segi empat. Jadi bentukan konektornya kotak. Jenis ini biasanya berguna untuk menghubungkan printer dengan scanner, mouse, keyboard dan banyak lagi lainnya.

4. Tipe B Jenis Mikro

Tipe ini adalah versi mininya tipe B. Jadi bentuknya kotak tapi lebih pipih lagi konektornya. Biasanya ini untuk charger ponsel.

5. Tipe C

Lahir dari kebutuhan pengecasan yang cepat, tipe C ini biasanya dimiliki oleh kabel charger dan port USB ponsel menengah ke atas. Bentuknya mirip tipe A, tetapi ujungnya oval.

6. Tipe C Jenis Mikro

Bentuknya sama dengan tipe c standar, tapi ukurannya lebih pipih dan mungil. Biasanya ada pada charger ponsel.

6. USB Mini

Tipe ini sudah jarang beredar, karena dulu banyak untuk pengisian daya ponsel dari komputer ke ponsel. Bentuknya lebih kecil dari tipe A dan tipe B.

7. USB lightning

Bentukannya memang miri-mirip dengan tipe lain. Akan tetapi, jenis ini hanya khusus untuk perangkat produksi Apple saja. Jadi pemakaiannya terbatas.

Setelah mengetahui beragam tipe atau jenis USB, maka mulai memahami bahwa setiap perangkat mengusung spesifikasi berbeda-beda dengan banyak pertimbangan. Sehingga, pastikan untuk mengecek tipenya agar tidak salah membeli.

Cara Kerja USB

Cara kerja dari perangkat ini, sangatlah sederhana. Di dalam kabel dengan isi empat macam sambungan kabel tersebut, memiliki tugas masing-masing. Jadi, ketika kabel USB disambungkan dengan host-nya, semua data yang hendak dipindah atau dibaca bisa terdeteksi atau terbaca.

Istilah Yang Terkait Dengan USB

Terkait dengan istilah-istilah yang sering ada terkait pemakaian perangkat ini adalah:

  • Host – tempat tujuan kabel USB, misalnya colokan di komputer, di ponsel dan lainnya.
  • USB port – sambungan kabel USB
  • USB OTG – USB OTG adalah Universal Serial Bus on The Go yang artinya perangkat USB untuk ponsel. Jadi ponsel selaku host-nya untuk bisa menjalankan hardware lain atau sebagai USB OTG adapter.
  • USB Killer – seperti namanya, USB ini memang mematikan. Karena dapat menghancurkan host saat dimasukkan dalam port. Tujuannya, untuk misi rahasia atau pengamanan data secara cepat dari pihak tidak bertanggung jawab.
  • USB Debugging – USB debugging adalah perangkat konektor yang dapat melakukan pengembangan dalam ponsel. Misalnya saja untuk instal langsung ke RAM atau ROM ponsel dan fungsi lainnya.
  • USB TTL – perangkat ini berguna untuk ubah atau hubungkan Universal Serial Bus menjadi TTL atau UART. Sehingga, data dapat terbaca saat melakukan interfacing.
  • USB Y cable – berguna untuk menambah daya perangkat host sehingga bisa menyala lebih lama. Selain itu, bisa juga untuk menghubungkan banyak perangkat sekaligus ke host, bahkan bisa untuk menghubungkan kabel USB to USB.
  • USB Network Adapter – USB yang berguna untuk menghubungkan adaptor jaringan ke host. Misalnya dari WiFi ke komputer.

Kelebihan dan Kekurangan USB

Berbicara soal kelebihan dan kekurangan, perangkat ini pun memilikinya. Dari sisi kelebihan, perangkat ini jelas sangat membantu transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Selain itu, penggunaan jangka panjang juga relatif awet dan tidak banyak mengalami masalah. Demikian juga dengan port-nya, bisa bertahan lama meski sering keluar masuk host.

Akan tetapi, daripada dengan konektor lain, seperti bluetooth misalnya. Tentu lebih nyaman karena wireless. Tidak banyak kabel yang mengganggu aktifitas. Misalnya saja mouse, penggunaan jenis yang wireless lebih praktis daripada yang pakai USB.

Belum lagi jika ada masalah pada salah satu bagian kabel, maka mau tidak mau harus beli baru ketimbang transfer data terganggu.

Model Transfer data pada USB

Saat melakukan transfer data, kabel USB memiliki peran dan fungsi masing-masing. Jadi satu berfungsi sebagai ground, dengan tanda warna asli kabel atau perak. Kemudian, satu berwarna merah dengan tugas mengalirkan daya. Sedangkan kabel berwarna kuning biru, berfungsi untuk menghantarkan data.

Tipe USB

Sebagaimana yang telah dibahas di atas, maka tipe USB ini secara garis besar adalah:

1. Tipe A
2. Tipe A mikro
3. Tipe B
4. Tipe B mikro
5. Tipe C
6. Tipe C mikro
7. Tipe mini
8. Tipe Lighting

Jadi ada 8 tipe berdasarkan jenis konektornya. Sedangkan secara fungsi, bermacam-macam tergantung penggunaan. Ada yang untuk debugging, killer, dan banyak fungsi lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai perangkat bernama USB. Sehingga, ketika ditanya apa maksudnya, dapat menjawab jika USB adalah penghubung dengan banyak tipe, fungsi dan juga jenis. Semuanya memiliki spesifikasi masing-masing, jadi pastikan untuk cek jenis tercocok berdasarkan fungsi sebelum membeli.

Leave a Comment