Doa Masuk Kamar Mandi

Para muslim yang senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap kegiatannya, pasti tidak lupa untuk menyisipkan niat yang baik dengan disertai doa. Hal ini juga merupakan anjuran kepada seluruh umat islam agar segala urusan yang dilakukannya mendapatkan ridho Allah SWT.

Mandi merupakan kegiatan yang selalu Kita lakukan minimal 2x sehari. Aktivitas rutin ini adalah bagian dari cara kita menjaga kebersihan diri sesuai dengan anjuran agama islam. Hal ini karena kebersihan adalah sebagian daripada gambaran iman seseorang.

Selain membaca doa masuk WC atau doa masuk kamar mandi, Kita juga disunnahkan untuk membaca doa saat keluar dari kamar mandi. Kedua doa ini merupakan paket lengkap dalam aktivitas Kita di pagi dan sore hari. Supaya aktivitas rutin tersebut menjadi ibadah yang lebih sempurna dan menambah ketaqwaan Kita kepada Allah SWT, maka Kita juga harus menggunakan adab yang baik dan benar. Berikut ulasannya!

Doa Masuk Kamar Mandi

doa masuk kamar mandi tulisan arab

Seluruh umat Muslim di bumi sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan seperti halnya yang sudah diajarkan baginda Rasulullah SAW dengan diiringi sebuah doa. Kegiatan ini dimulai dari bangun tidur hingga menuju tidur. Doa yang paling dianjurkan untuk dibaca adalah doa sebelum tidur. Hal ini karena saat tertidur, hidup Kita berada pada kondisi setengah mati.

Setelah bangun dari tidur, jangan lupa untuk membaca doa dan kemudian dilanjutkan dengan mandi pagi agar tubuh terasa segar. Pada aktivitas sebelum mandi ini, banyak hal yang banyak dilakukan oleh kaum muslim mulai dari bersih-bersih kamar tidur hingga menyiapkan baju. Selain itu, jangan lupa juga untuk membaca doa masuk kamar mandi beserta artinya agar senantiasa dilindungi dari godaan syaitan.

Bacaan doa masuk kamar mandi arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Bacaan doa kamar mandi latin

“Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi”

Artinya dalam bahasa Indonesia

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

Doa Keluar Kamar Mandi

doa masuk kamar mandi dan artinya

Setelah Kita mengucapkan doa masuk kamar mandi sunnah yang menjadi anjuran Rasulullah SAW, Kita juga harus membaca doa saat keluar dari kamar mandi. Ucapan doa ini merupakan bentuk rasa syukur Kita kepada Allah SWT atas nikmat yang sudah diberikan pada pagi dan sore hari.

Bacaan doa keluar kamar mandi arab

 الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Bacaan doa keluar kamar mandi latin

“Alhamdulillaahil-ladzii Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii”

Artinya dalam bahasa Indonesia

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

Simak dan Baca Juga : Doa Masuk Masjid

Pentingnya Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Membaca doa sebagai awalan dalam melakukan dan mengakhiri aktivitas merupakan bagian dari cara Kita untuk menambahkan keimanan kepada Allah SWT, termasuk saat aktivitas mandi. Pentingnya membaca doa di kala mandi ini akan memberikan banyak manfaat karena:

1. Mendapatkan pahala berlipat ganda.
2. Usaha Kita untuk mendapatkan perlindungan Allah SWT.
3. Syaitan tidak mampu melihat aurat Kita
4. Bisa mendapatkan khusnul khotimah saat meninggal dunia.

Adab Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi

doa masuk kamar mandi

Supaya ibadah Kita lebih sempurna dan diterima oleh Allah SWT, maka Kita harus melakukannya dengan baik dan benar sesuai dengan adab yang dianjurkan. Dalam hal ini juga diberlakukan untuk aktivitas sebelum dan sesudah mandi. Berikut beberapa adab yang sebaiknya Kita lakukan, di antaranya adalah:

1. Jangan Baca Basmalah

Meskipun dalam banyak kegiatan Kita sehari-hari dianjurkan membaca basmalah terlebih dahulu, namun saat akan mandi, kita dilarang untuk membacanya. Hal ini karena nama Allah tidak boleh diucapkan di tempat yang kotor.

2. Membaca Doa Masuk Kamar Mandi atau WC

Sebelum masuk kamar mandi, Kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu agar senantiasa dilindungi Allah SWT dari godaan syaitan dan jin kafir jahat. Alangkah baiknya lagi jika Kita menambahkan arti saat membacanya.

3. Masuk Dengan Kaki Kiri Terlebih Dahulu

Ketika masuk ke kamar mandi yang merupakan tempat kotor dan disenangi oleh jin dan syaitan, sebaiknya gunakan kaki kiri terlebih dahulu saat memasukinya. Hal ini sudah tertuang pada beberapa hadist yang menyatakan bahwa gunakan kaki kiri terlebih dahulu saat masuk atau berada di tempat yang kotor dan najis.

4. Usahakan untuk Menggunakan Alas Kaki

Kamar mandi atau WC merupakan tempat yang kotor dan mengandung najis, maka sebaiknya Kita menggunakan alas kaki berupa sandal. Hal ini menjadi salah satu cara untuk kita agar terhindar dari najis setelah selesai mandi.

5. Hindari Bersuara Keras dan Nyanyi Dengan Lantang

Bagi umat muslim yang masih suka bernyanyi di kamar mandi, sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena merupakan bagian dari hal yang disukai syaitan. Beberapa hadist sudah menerangkan tentang larangan bersuara keras dan bernyanyi saat mandi.

6. Dilarang Membaca Ayat Suci Al-Quran Apalagi Hingga Membawanya

Jika bersuara keras atau bernyanyi saja sudah dilarang, maka sudah tentu membaca ayat Al-quran juga dilarang kecuali saat mandi besar. Hal ini karena ayat suci Al-quran mengandung nama-nama agung Sang Pencipta sehingga tidak boleh dilafazkan di tempat yang kotor dan najis.

7. Saat Buang Air Kecil dan Besar Dilarang Menghadap dan Membelakangi Kiblat

Salah satu adab saat mandi adalah tidak menghadap dan membelakangi kiblat saat buang air kecil dan besar. Agar meminimalisir kesalahan ini, sebaiknya saat membangun rumah, bagian toilet atau WC nya dihadapkan selain ke arah kiblat. Salah satu hadits shahih yang menjelaskan tentang hal ini adalah dari riwayat Al-Bukhari.

8. Tidak Mengucapkan dan Menjawab Salam

Bacaan salam mengandung ayat Al-quran dan nama Allah SWT sehingga tidak boleh diucapkan ketika Kita berada di kamar mandi atau WC. Selain dilarang mengucapkan salam, Kita juga dilarang menjawab salam saat di kamar mandi. Kita bisa menjawabnya setelah keluar dari kamar mandi.

Simak dan Baca Juga : Doa Masuk Pasar

9. Tutup Kamar Mandi

Saat mandi, pastikan untuk menutup pintu dengan rapat sehingga orang lain tidak dapat melihatnya. Hal ini karena saat Kita mandi, seluruh aurat terlihat sehingga Kita harus menjaganya dari pandangan orang lain.

10. Selalu Siram Setelah Selesai Buang Hajat

Jika segala macam aktivitas di kamar mandi sudah selesai baik mandi dan buang hajat, sebaiknya siram dengan air secukupnya agar najis dan kotoran bisa hilang. Hal ini di maksudkan agar ketika orang lain masuk ke kamar mandi atau WC tidak terkena sisa najis dari Kita.

11. Gunakan Kaki Kanan Saat Keluar dari Kamar Mandi

Jika masuk ke kamar mandi dianjurkan untuk menggunakan kaki kiri, maka saat Kita keluar kamar mandi dianjurkan mendahulukan kaki kanan. Hal ini karena Kita sudah dalam kondisi yang suci dan bersih serta siap melakukan aktivitas lainnya.

12. Membaca Doa Keluar WC Arab dan Latin

Selain mendahulukan kaki kanan, Kita juga disunnahkan membaca doa keluar WC baik membaca tulisan arabnya maupun latinnya. Agar lebih afdhol lagi, selipkan artinya sekaligus sehingga doanya lebih komplit. Jangan lupa juga untuk menengadahkan tangan dan menghadap ke kiblat.

Beberapa doa masuk kamar mandi, keluar kamar mandi, hingga adab saat mandi merupakan bagian penting yang harus dijalankan oleh umat islam termasuk Kita. Hal ini menjadi cara kita untuk melakukan ibadah secara sempurna agar mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT. Sudahkah Kita senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap kegiatan sehari-hari?

Leave a Comment

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak