doa sebelum tidur

Doa Sebelum Tidur

Setelah melakukan banyak kegiatan sehari penuh, apa yang paling kita butuhkan dan inginkan? Tentu segera istirahat dan tidur bukan? Namun, apakah Kita bisa langsung tidur seenaknya saja? Tentu hal ini sangat tidak dianjurkan bagi umat islam. Sebagai muslim yang baik, hendaknya selalu memperhatikan adab sebelum tidur dan membaca doa sebelum tidur maupun sesudah tidur.

Tidur memang menjadi dambaan setiap orang untuk melepas lelah sehingga badan akan terasa segar kembali. Bagi umat muslim yang selalu ingin meningkatkan keimanan dan senantiasa mendapatkan perlindungan Allah SWT, tentu akan melakukan semua kegiatan dengan diawali sebuah doa, termasuk ketika akan tidur hingga bangun kembali

Ada beberapa etika atau adab tidur orang islam yang harus dilakukan agar tidur tersebut juga mendapatkan pahala dan melindungi diri dari syaitan. Adapun doa-doa yang harus dibaca merupakan beberapa potongan ayat yang digabungkan dengan makna masing-masing. Untuk mengetahui ulasan lebih lengkapnya, mari simak penjelasan berikut!

Etika Sebelum Tidur

Ketika Kita hendak tidur, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan mulai dari menata tempat tidur hingga membaca doa sebelum tidur. Meskipun tidur menjadi kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari, namun Kita harus tetap memperhatikan etika yang baik saat tidur. Berikut etika sebelum tidur yang dianjurkan oleh baginda Rasulullah SAW:

1. Muhasabah diri

Muhasabah merupakan koreksi atas semua perbuatan yang dilakukan. Sesaat sebelum tidur, hendaknya sebagai seorang muslim selalu melakukan introspeksi diri atas semua perbuatan yang terjadi dalam sehari. Kegiatan ini sangat dianjurkan agar manusia selalu ingat kepada Allah dan ingat akan dosa yang dilakukannya. Sehingga manusia akan terus berdoa dan bertaubat.

2. Usahakan tidur lebih awal

Apapun kesibukan kita dari pagi hari hingga petang, usahakan untuk beristirahat (tidur) sesegera mungkin. Hal ini sesuai dengan kebiasaan baginda Nabi Muhammad SAW yang selalu mengawali tidur, sehingga akan bangun di sepertiga malam untuk melakukan shalat.

3. Berwudhu

Ketika tidur, raga dan jiwa kita berada pada fase yang tenang, sehingga seperti orang yang sedang mati. Maka, selalu sempatkanlah untuk berwudhu terlebih dahulu agar raga Kita tetap dalam keadaan yang suci.

4. Bersihkan area tempat tidur, jika perlu kibaskan sprei sebanyak 3x

Hadis dari Abu Hurairah menjelaskan bahwa salah satu kebiasaan Rasulullah sebelum tidur adalah merapikan tempat tidur dan mengibaskan sprei sebanyak 3x. Hal ini dimaksudkan agar ketika Kita tidur bisa merasakan nyaman dan nyenyak.

5. Berbaring ke arah kanan dan menghadap kiblat

Sesuai ajaran dari Rasulullah SAW untuk seluruh umat muslim yakni berbaring ke arah kanan dan menghadap kiblat ketika tidur. Posisi miring ke kanan juga akan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk organ tubuh Kita.

6. Hindari posisi tidur tengkurap

Adab tidur miring ke kanan memang sebaiknya Kita lakukan pada tiap kali tidur, tetapi jangan memulai tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini sudah diriwayatkan sahabat nabi bahwa tidur tengkurap sama seperti tidurnya para penghuni neraka.

7. Hindari tidur di tempat terbuka

Salah satu adab yang harus dilakukan oleh umat muslim agar tetap dilindungi Allah SWT adalah menghindari tidur di tempat yang terbuka. Beberapa hadis yang shahih menerangkan jika apabila manusia tidur di atas tempat yang terbuka, maka hilanglah jaminan keselamatannya.

8. Pastikan pintu tertutup dan matikan lampu kamar

Adab yang sebaiknya dijalankan oleh kaum muslim sebelum tidur adalah memastikan semua pintu, jendela, wadah makanan dan minuman hingga bejana air sudah tertutup dengan baik. Selain itu, Kita juga dianjurkan untuk mematikan lampu kamar agar proses detoksifikasi tubuh bisa lebih maksimal.

9. Baca surat-surat pendek

Tidur akan lebih nyenyak dan mendapatkan pahala jika Kita melakukan adab yang benar. salah satunya adalah membaca surat-surat pendek seperti ayat kursi, surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan 2 ayat terakhir surah Al-Baqarah. Ketentuan adab ini sudah tertuang dalam beberapa hadis yang shahih.

10. Baca doa sebelum tidur sesuai sunnah dan dzikir

Sebagai umat muslim yang selalu menjalankan tuntunan agama, pasti akan memulai segala kegiatan dengan doa dan zikir. Ketika hendak tidur pun, kita sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa dan berzikir atas segala nikmat yang diberikan dan memohon ampunan atas kesalahan yang telah dilakukan.

11. Membaca doa khusus saat tiba-tiba terbangun

Islam memang agama yang memberikan rahmat kepada setiap makhlukNya. Apa saja yang menimpa manusia hendaknya selalu diselipkan doa yang tertuju kepada Sang Ilahi. Ketika tiba-tiba kita terbangun saat tertidur pulas, kita disunnahkan untuk membaca doa khusus sehingga bisa kembali tidur dengan baik.

12. Adab saat mimpi baik dan mimpi buruk

Ketika kita bermimpi baik, Kita harus berbahagia dan cukup menceritakan mimpi tersebut kepada kerabat terdekat yang amanah. Namun, saat mimpi buruk menimpa kita, meludah lah sebanyak 3x, membaca taawudz, pindah posisi tidur dan melaksanakan shalat malam serta beristighfar yang banyak. Selain itu, Kita juga dilarang menceritakan mimpi buruk tersebut kepada muslim yang lain.

13. Membaca doa bangun tidur dan artinya

Tidur yang kita lakukan sepanjang malam akan menjadi sebuah pahala yang sempurna jika kita mengakhirinya dengan doa. Maka, selalu panjatkan doa bangun tidur sebagai bentuk rasa syukur Kita kepada Allah SWT karena mata ini masih bisa melihat indahnya dunia kembali.

Simak dan Baca Juga : Doa Masuk Kamar Mandi

Doa Sebelum Tidur

Doa merupakan salah satu hal yang abstrak tetapi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satu doa yang tidak boleh Kita lupakan adalah doa sebelum tidur yang benar dan sesuai syariat Islam. Tidak hanya doa sebelum tidur saja, pasti Kita melakukan banyak kegiatan sebelum tidur mulai dari belajar hingga membersihkan diri di kamar mandi.

Ketika malam hari sesuai belajar, kita juga disunnahkan untuk membaca doa setelah belajar agar materi yang Kita pelajari dapat meresap pada pemikiran Kita sehingga akan mudah diingat. Setelah belajar, tentunya Kita akan merapikan dan membersihkan tempat tidur, kemudian persiapan bersih-bersih badan di kamar mandi.

Pada saat ke kamar mandi, ucapkanlah doa masuk kamar mandi sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW agar badan kita bersih, segar dan suci. Kita juga disarankan untuk menjaga wudhu agar tidur Kita menjadi pahala.

Terdapat beberapa doa sebelum tidur yang perlu Kita baca dan memiliki fungsi masing-masing. Doa ini terdiri dari potongan-potongan ayat yang bisa Kita jadikan satu sehingga doa yang dipanjatkan lebih komplit, di antaranya adalah:

1. Doa mengingat kematian.
2. Doa memohon penjagaan dan kasih sayang.

Doa Sebelum Tidur Untuk Mengingat Kematian

doa sebelum tidur dan artinya

Kematian pasti akan dialami oleh semua makhluk Allah, dan kita tidak tau kapan waktu ajal akan menjemput kita. Banyak juga kejadian orang yang meninggal saat dia tertidur pulas. Rasulullah mengajarkan doa sebelum tidur untuk mengingat kematian bisa menjemput kapan aja. berikut ini doa sebelum tidur untuk mengingat kematian.

Bacaan Doa Sebelum Tidur Arab

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bacaan Doa Sebelum Tidur Latin

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Arti Bacaan Doa Sebelum Tidur

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Doa Sebelum Tidur Untuk Memohon Penjagaan dan Kasih Sayang

doa sebelum tidur sesuai sunnah

Hidup dan mati kita ada di Allah, kita tidak punya kuasa apa pun atas hal tersebut. Allah bisa mengambil nyawa kita disaat kita tidur atau hal lainnya. Dengan begitu, rasulullah telah mengajarkan kepada umatnya untuk selalu memohon penjagaan dan kasih sayang. berikut ini doa rasulullah:

بِاسْمِكَ رَبِّي وَضَعْتُ جَنْبِي، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا، بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Artinya:

“Dengan nama Engkau, wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan, Dengan nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan ruhku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Didalam riwayat ini, terkandung pengakuan bahwa Allah adalah dzat yang maha menghidupkan dan mematikan makhluk ciptaan-Nya.

Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Setelah memastikan badan bersih dan mengucapkan doa sebelum tidur untuk agama islam yang sesuai tuntunan nabi, Kita juga dianjurkan untuk melafazkan beberapa bacaan zikir. Hal ini sangat baik dilakukan guna menambah iman Kita kepada Allah SWT dan mendapatkan pelindungan dari godaan syaitan selama tidur.

Bacaan dzikir yang dianjurkan untuk Kita lakukan adalah membaca istighfar, tahmid, tasbih dan takbir. Selain itu, ada beberapa surah yang dianjurkan untuk dibaca di antaranya yakni surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, Al-Kafirun dan 2 ayat terakhir pada Surat Al-Baqarah.

Dzikir Sebelum Tidur

doa sebelum tidur islam

Bacaan Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ

“Subhanallah” (33x)

Artinya:  “Maha suci Allah.” (33x)

Bacaan Tahmid

الْحَمْدُ لِلَّهِ

“Alhamdulillah (33x)”

Artinya: “Segala puji bagi Allah.” (33x)

Bacaan Takbir

اللهُ أَكْبَرُ

Allahu Akbar (33x)

Artinya: “Allah Maha Besar.” (34x)

Doa Bangun Tidur

doa sebelum tidur latin

Ketika Kita bangun dari tidur, hal pertama apa yang biasanya Kita lakukan? Jika anak zaman sekarang biasanya melihat hpnya terlebih dahulu, maka hindarilah perilaku seperti ini. Sebab, sebagai muslim yang baik, hendaknya langsung membaca doa bangun tidur islam sesuai anjuran sang Baginda Rasul.

Bacaan Doa Bangun Tidur Arab

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Bacaan Doa Bangun Tidur Latin

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”

Arti Doa Bangun Tidur

“Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Selain membaca doa, Kita juga disunnah untuk melaksanakan beberapa amalan sehingga pahala yang didapatkan lebih sempurna. Amalan yang dilakukan juga sangat ringan dan tidak akan memberatkan Kita. Apa saja amalan yang harus Kita lakukan seusai bangun tidur?

Amalan Sunnah Setelah Bangun Tidur

Jika hal diatas sudah menjelaskan tentang etika atau adab sebelum tidur, maka setelah bangun dari tidur pun juga ada beberapa amalan yang harus dilakukan oleh umat muslim. Hal ini sebagai penyempurna ibadah tidur Kita. Selain membaca doa, sebaiknya kita:

1. Mengusap muka setelah bangun

Sahabat nabi bernama Abbas meriwayatkan, jika nabi pernah berkata kepada beliau bahwa setelah bangun dari tidur, hendaknya kaum muslim selalu mengusap bekas tidur yang ada di wajah. Hal ini dilakukan agar kantuk yang Kita rasakan di pagi hari segera menghilang dan Kita bergegas untuk melaksanakan shalat subuh.

2. Melantunkan doa bangun tidur

Kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur dan bangun tidur. Hal ini menjadi paket komplit ibadah tidur agar mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT. Lakukan secara rutin dalam membaca doa setelah bangun tidur. Doa ini juga sebagai ungkapan rasa syukur Kita kepada Allah SWT karena masih diberikan umur.

3. Baca surat Ali Imran pada 10 ayat terakhirnya

Surat Ali Imran sangatlah panjang dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Tetapi, saat bangun tidur, Kita cukup dianjurkan membaca 10 ayat terakhirnya. Sepuluh ayat ini memiliki makna atas syukur Kita kepada Allah SWT.

4. Gosok gigi setelah bangun tidur

Amalan yang kadangkala orang sepelekan adalah menggosok gigi setelah bangun tidur. Pada kenyataanya, kegiatan ini jika dilakukan secara rutin akan memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani Kita. Ketika hendak shalat subuh, pasti akan lebih segar jika Kita sudah menggosok gigi dengan baik dan bersih. Sudahkah Kita semua rajin melakukannya?

5. Bersihkan hidung dengan hati-hati

Saat bangun tidur adalah waktu yang paling baik untuk Kita membersihkan badan dari kotoran yang masih menempel. Salah satu kegiatan yang dianjurkan adalah membersihkan hidung dengan hati-hati. Lakukan pembersihan ini dengan memasukkan air bersih ke dalam hidung dan ulangi sebanyak 3 kali.

6. Cuci tangan sebanyak 3x

Setelah membersihkan rongga hidung dari kotoran, Kita dianjurkan untuk bergegas ke kamar mandi atau wastafel untuk mencuci tangan sebanyak 3x. amalan ini sudah sesuai dengan perintah Rasulullah yang dituangkan dalam hadis Bukhari dan Muslim. Sangat mudah untuk dipraktekkan bukan?

Simak dan Baca Juga : Doa Setelah Wudhu

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca doa sebelum tidur sudah menjadi anjuran dari Rasulullah agar umat muslim senantiasa mengingat Allah SWT walaupun di kala tidur. Doa tidur malam yang Kita lakukan secara rutin ini ternyata memberikan manfaat atau keutamaan yang luar biasa, di antaranya yakni:

1. Seluruh organ tubuh dapat beristirahat dengan maksimal

Jika sebelum tertidur nyenyak Kita membaca doa terlebih dahulu, maka kinerja seluruh organ tubuh kita bisa berjalan dengan maksimal. Hal ini karena pikiran Kita lebih rileks setelah membaca doa. Kekuatan doa kadangkala memang sulit untuk dipercaya, tetapi manfaatnya nyata adanya.

2. Jantung akan lebih sehat

Pikiran dan tubuh yang rileks juga akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Setelah Kita bebersih dan siap tidur dengan bacaan doa, alam bawah sadar Kita akan semakin rileks sehingga kinerja jantung juga lebih baik dan lancar.

3. Sebagai perangsang untuk BAB lebih lancar

Membaca doa sebelum tidur dan diimbangi dengan adab tidur yang baik dapat merangsang usus untuk menyiapkan bab yang lebih lancar. Sehingga pada pagi hari sebelum tidur, Kita bisa langsung membuang kotoran dan tubuh menjadi lebih sehat.

4. Sistem pernafasan lebih baik

Kondisi tubuh yang rileks karena adanya bantuan doa dapat memperbaiki sistem pernafasan tubuh sehingga lebih baik dan melegakan. Kinerja organ tubuh yang baik selama tidur pasti akan memberikan efek yang baik pula untuk sistem pernafasan.

5. Penyerapan zat gizi bisa dilakukan lebih maksimal

Pada malam hari, organ tubuh memang sedang beristirahat. Tetapi proses penyerapan gizi akan terjadi lebih maksimal pada waktu ini. Maka, ketika doa selalu dipanjatkan sebelum tidur, tubuh kita akan rileks dan bisa berfungsi lebih optimal.

6. Mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT

Membaca doa sudah menjadi tuntunan dari nabi Muhammad SAW agar senantiasa ingat Sang Maha Pencipta. Tidak hanya mendapatkan ketenangan dan pelindungan saja, umat muslim yang selalu berdoa sebelum tidur pasti akan mendapatkan pahala yang besar dan amalnya dicatat oleh malaikat.

7. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT

Berdoa sebelum tidur juga akan meningkatkan ketakwaan Kita kepada Allah SWT, sehingga Kita akan merasa lebih dekat dan tenang. Pastikan untuk selalu membaca doa dengan benar dan sesuai adab yang dianjurkan.

Keutamaan Membaca Bangun Tidur

Selain keutamaan membaca doa sebelum tidur, Kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah tidur agar mendapatkan keutamaannya juga. Ada beberapa keutamaan yang bisa Kita rasakan sebagai umat muslim, di antaranya yaitu:

1. Sebagai wujud syukur kepada Allah SWT

Keutamaan ini tentu akan dirasakan oleh kaum muslimin yang senantiasa berdoa dan mengingat Allah SWT. Doa setelah bangun ini merupakan ungkapan syukur karena masih diberikan kesempatan untuk menikmati hidup di dunia ciptaanNya.

2. Mampu meningkatkan semangat agar Kita selalu berbuat baik setiap waktu

Doa setelah bangun tidur juga mampu meningkatkan semangat Kita untuk terus berbuat kebaikan. Semangat ini akan terus tumbuh karena Kita beranggapan jika tidur adalah saudaranya mati, sehingga Kita perlu mempersiapkan bekal sebanyak mungkin untuk kembali ke dunia yang kekal abadi yakni akhirat.

Ulasan yang cukup panjang tentang doa sebelum tidur dan sesudahnya serta keutamaan yang akan didapatkan diharapkan bisa mengingatkan Kita akan kebesaran Allah SWT. Kita harus senantiasa membaca doa sebelum tidur dan sesudah tidur agar selamat dunia dan akhirat. Jangan lupa untuk membaca doa lainnya di setiap kegiatan. Benar begitu bukan?

Tinggalkan komentar

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak