Doa Masuk Pasar

Para ibu-ibu pasti sudah sering pergi ke pasar untuk berbelanja segala macam kebutuhan. Kegiatan jual beli ada dagang sudah dilakukan oleh para pendahulu kita khususnya umat muslim di zaman rasulullah SAW. Agar kegiatan jual beli ini memberikan banyak manfaat untuk kehidupan, maka kita juga harus mengetahui doa masuk pasar agar semakin berkah.

Sebagai umat islam, doa menjadi bagian dalam kehidupan yang tidak dapat terpisahkan. Doa merupakan bagian dari syariat yang harus dijalankan sesuai ketentuan al-qur’an dan hadist. Hampir dalam setiap kegiatan, Kita disunnahkan untuk membaca doa terlebih dahulu, termasuk ketika ke pasar sebaiknya membaca doa dan dzikir masuk pasar agar senantiasa mendapatkan perlindungan Allah SWT.

Ketika sedang berbelanja ke pasar, Kita juga diharuskan memiliki adab yang benar sebelum hingga saat berbelanja. Hal ini karena selain membawa banyak kebaikan, pasar juga merupakan tempat yang membawa keburukan. Agar Kita semua menjadi muslim yang baik, simak ulasan berikut perihal doa masuk pasar!

Pengertian Pasar

Sebelum membahas mengenai doa masuk pasar yang harus dilafadzkan, Kita harus memahami terlebih dahulu tentang bagaimana pengertian pasar secara umum dan pendapat dari beberapa ahli. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Pengertian Secara Umum

Pasar adalah kumpulan sejumlah individu yang merupakan pembeli dan penjual dengan bahan tawaran jasa atau barang. Tugas pembeli adalah sebagai penentu permintaan barang dan jasa, sedangkan tugas penjual adalah sebagai penyedia barang dan jasa.

Istilah pembeli dan penjual bisa juga disebut sebagai konsumen dan produsen. Kedua subyek ini merupakan pelaku dalam kegiatan perdagangan di pasar. Peran konsumen dan produsen juga sebagai penentu dalam kisaran harga barang dan jasa.

2. Pendapat dari Para Ahli

Para ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pasar, di antaranya adalah:

• Simamora

Pasar merupakan sekelompok masyarakat yang memiliki keinginan dan kebutuhan guna mendapatkan barang tertentu. Kelompok masyarakat ini juga memiliki daya beli untuk mendapatkan produk barang dan jasa yang diinginkan. Kegiatan tukar menukar uang dengan barang juga menjadi kebanggaan tersendiri.

• Atep Adya Barata

Atep Adya berpendapat bahwa pasar merupakan tempat yang menjadi pertemuan para pembeli dan penjual. Pertemuan yang dilakukan bisa secara langsung maupun tidak langsung, artinya dapat melalui media atau perantara tertentu.

• Kotler dan Amstrong

Kotler dan Amstrong juga memberikan pendapat tentang pengertian pasar, yakni sebagai tempat bertemunya pembeli yang potensial dengan para penjual yang memperdagangkan barang dan jasa dengan harga tertentu.

• William J.Stanton

Menurut William, pasar merupakan kumpulan masyarakat yang memiliki tujuan untuk mengejar rasa puas. Rasa puas yang di maksud adalah kemampuan dalam menggunakan uang penghasilan mereka yang bisa ditukarkan dengan barang yang ingin dibeli.

• Handri Ma’aruf

Handri juga memberikan pendapat tentang pengertian pasar, yaitu sebuah ruang yang digunakan oleh para pembeli dan penjual untuk bertemu dan melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi yang di maksud adalah permintaan dan penawaran suatu produk.

Simak dan Baca Juga : Doa Sebelum Makan

Doa Masuk Pasar

doa masuk pasar latin

Ada banyak doa-doa yang bisa Kita gunakan saat sebelum masuk pasar. Membaca doa masuk keramaian menjadi salah satu doa yang sebaiknya Kita baca karena pasar merupakan tempatnya keramaian. Doa di tempat keramaian ini sangat dianjurkan karena agar terhindar dari mara bahaya yang bisa terjadi di tempat umum seperti pasar.

Tidak hanya doa saat berada di keramaian, ketika Kita sedang di pasar, usahakan untuk menggunakan jenis doa masuk pasar shahih. Hal ini di karenakan, doa yang shahih memiliki khasiat yang lebih nyata dan manjur dalam melindungi Kita dari godaan syaitan. Doa-doa yang shahih juga didapatkan dari sumber yang jelas dan kuat berdasarkan Qur’an dan hadist.

Bagi para pembeli, sangat dianjurkan untuk membaca doa masuk pasar agar senantiasa dilindungi Allah SWT saat bertransaksi dan terhindar dari penipuan. Sedangkan bagi para penjual, dianjurkan untuk membaca doa masuk pasar agar dagangan laris manis sehingga mendapatkan keberkahan muamalah.

Anjuran dalam membaca doa sebelum masuk pasar menjadi sarana untuk mencegah para muslimin dari sifat lalai. Setelah membaca doa, Kita juga dianjurkan untuk berdizikir, minimal dengan mengucapkan takbir atau shalawat atas baginda Rasulullah SAW.

Bacaan Doa Masuk Pasar Arab

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Bacaan Doa Masuk Pasar Latin

“Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahulmulku Walahulhamdu, Yuhyii Wa Yumiitu Wa Huwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khaiir, Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodiir.”

Arti Bacaan Doa Masuk Pasar

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, yang Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya segala kekuasaan dan pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Mematikan. Dia Yang Maha Hidup, yang tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” 

Adab Masuk Pasar

doa masuk pasar latinnya

Sebagai muslim dan muslimah yang baik dan santun, Kita juga harus senantiasa memperhatikan adab atau perilaku saat berkegiatan di suatu tempat, tidak terkecuali ketika berbelanja di pasar. Selain mengucapkan doa masuk pasar dan doa pagi hari, Kita juga harus melakukan adab dengan benar, di antaranya yakni:

1. Dzikir kepada Allah SWT ketika masuk dan sedang berada di pasar.
2. Melembutkan suara agar terhindar dari debat dan pertengkaran.
3. Senantiasa menjaga kebersihan lingkungan pasar.
4. Berbelanja sesuai akad dan janji atau kesepakatan yang sudah dibuat oleh pembeli dan penjual.
5. Memiliki sikap ramah dan mempermudah proses dagang yang sedang dilakukan.
6. Hindari obral sumpah jika sedang menawarkan barang dan jasa.
7. Jangan mendekati riba dan hindari penimbunan barang sehingga orang lain bisa merugi.
8. Hindarkan kegiatan jual beli dari barang dan jasa yang haram menurut islam.
9. Hindari promosi palsu dengan tujuan mencari perhatian para pembeli.
10. Tundukkan pandangan mata dengan lawan jenis agar tidak terjadi fitnah.
11. Tidak berkunjung ke pasar jika tidak ada yang dibutuhkan.
12. Khusus bagi para muslimah, sebaiknya menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat agar terhindar dari kedzaliman.
13. Belilah barang dan jasa yang memang benar-benar dibutuhkan dan memberikan manfaat.
14. Para penjual dan pembeli harus saling memiliki rasa jujur dan amanah.

Simak dan Baca Juga : Doa Berpergian

Kebaikan dan Keburukan Pasar

Pasar menjadi tempat berkumpulnya banyak orang untuk melakukan kegiatan ekonomi atau muamalah yakni jual beli barang dan jasa. Hal ini tentunya memberikan sisi kebaikan untuk kehidupan para muslim dan muslimah, tetapi juga dapat membawa keburukan. Berikut beberapa kebaikan dan keburukan bagi umat muslim, di antaranya yakni:

1. Kebaikan

• Pasar mampu mengasah kemampuan dan pengetahuan yang lebih modern.
• Pasar menjadi tempat yang bisa menyalurkan informasi secara tepat dan cepat.
• Sebagai tempat yang bebas untuk masyarakat dalam melakukan kegiatan muamalah.
• Sebagai tempat untuk membuat usaha semakin berkembang.

2. Keburukan

• Kegiatan ekonomi khususnya muamalah cenderung tidak stabil.
• Sistem muamalah yang dijalankan di luar syariat bisa digunakan untuk monopoli.
• Kegiatan muamalah yang bebas dapat menindas golongan tertentu.
• Kadangkala pasar tidak bisa menyediakan jenis barang tertentu.

Ulasan mengenai pengertian, adab masuk pasar hingga kebaikan dan keburukan pasar di maksudkan untuk memberikan pengertian bahwa Kita harus senantiasa ingat kepada sang Pencipta. Hal utama yang harus dilakukan adalah membaca doa masuk pasar sebelum memulai kegiatan muamalah. Sudahkah Kita melakukannya dengan benar?

Leave a Comment

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak