Doa Sebelum Makan

Seorang muslim dan muslimah hendaknya selalu bersyukur atas nikmat yang dirasakannya setiap hari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan rasa syukur itu mulai dari membaca doa hingga bersedekah. Doa merupakan ucapan syukur paling mudah dan simple untuk dilakukan.

Doa sebelum makan hingga doa sebelum tidur menjadi hal yang familiar karena sudah diajarkan sejak Kita masih kecil. Tidak hanya itu, biasanya Kita juga diajarkan doa setelah wudhu sebagai penyempurna sholat. Apakah kamu selalu menyelipkan doa dalam setiap kegiatan?

Adanya doa khusus sebelum dan sesudah makan menjadi hal penting yang harus dilakukan karena makan merupakan aktivitas rutin yang Kita lakukan minimal 2 hingga 3 kali sehari. Maka, tidak heran jika dalam melakukan aktivitas ini harus diimbangi dengan tetap menjaga iman Kita kepada Allah SWT. Membaca doa sebelum makan sesuai sunnah Rasulullah akan menghindarkan Kita dari syaitan.

Sebaiknya, Kita juga belajar membaca doa sebelum makan dan artinya agar doa yang dipanjatkan lebih komplit. Selain itu, sebagai umat muslim yang santun, Kita juga dianjurkan memiliki adab yang baik saat makan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut!

Doa Sebelum Makan

doa sebelum makan beserta artinya

Makan merupakan kegiatan rutin yang pasti dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Sebagai umat muslim, Kita diwajibkan untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, salah satunya membaca doa pagi hari dan doa sebelum makan. Doa yang dipanjatkan dengan ikhlas dan tulus bertujuan untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

Pentingnya sebuah doa sebelum mulai makan menjadi anjuran yang sangat disunnahkan agar makanan yang masuk ke tubuh kita membuat badan lebih sehat dan berkah. Bahkan, ketika Kita lupa membaca doa, ada doa khusus saat kita sedang makan meskipun makanan di piring tinggal sedikit. Hal ini menjadi bukti bahwa umat Islam selalu dianjurkan untuk mengingat Allah dalam setiap waktu.

Bacaan Doa Sebelum Makan Arab

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Doa Sebelum Makan Latin

“Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Arti Doa Sebelum Makan

“Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.” (HR.Ibnu Sunni).

Doa Sesudah Makan

doa sebelum makan dan artinya

Setelah membaca doa sebelum makan, Kita juga harus mengakhirinya dengan doa. Doa setelah makan sesuai sunnah Rasulullah SAW harus dilakukan dengan baik dan benar. mengucapkan doa sesudah makan merupakan bentuk syukur kita atas limpahan rezeki yang halal dari Sang Pencipta. Jangan lupa untuk mendahuluinya dengan bacaan basmalah.

Bacaan Doa Sesudah Makan Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan Doa Sesudah Makan Latin

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Arti Doa Sesudah Makan

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Simak dan Baca Juga : Doa Masuk Kamar Mandi

Adab Makan Dalam Islam

doa sebelum makan latin

Anjuran untuk membaca doa sesudah makan dan sebelum makan menjadi sunnah yang harus dilakukan agar pahala Kita semakin sempurna. Sebagai muslimin dan muslimat yang taat kepada Allah SWT, juga harus memperhatikan adab ketika makan dan minum, di antaranya adalah:

1. Pilih Makanan yang Halal

Dalam Al-quran dan hadits sudah dijelaskan bahwa umat muslim harus memilih makanan yang baik dan halal serta menghindari makanan haram. Hal ini merupakan perintah langsung dari Allah SWT agar umatnya senantiasa berhati-hati dalam memasukkan makanan ke tubuhnya.

2. Tidak Mencela Makanan

Sebagai umat muslim yang beradab dan memiliki sopan santun, hendaknya tidak mencela makanan walaupun memiliki rasa yang kurang enak dan porsi yang sedikit. Hal ini karena Kita diwajibkan untuk selalu bersyukur atas pemberian rezeki dari Allah SWT.

3. Jika Makanan Sudah Disajikan, Sebaiknya Makan Terlebih Dahulu Daripada Sholat

Ketika makanan sudah siap di meja dan masuk waktu sholat, Kita dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Hal ini di maksudkan agar Kita merasa tenang saat melaksanakan shalat. Ketika lapar pun juga dianjurkan untuk mendahulukan makan, sehingga tidak akan terpikir tentang makanan.

4. Hindari Alat Makan dan Minum yang Terbuat Dari Perak Dan Emas

Umat islam dianjurkan untuk hidup sederhana dan tidak menampakkan kemewahan. Begitu juga dengan alat makan yang disediakan di rumah sebaiknya tidak menggunakan bahan perak dan emas. Selain itu, larangan ini juga sudah dijelaskan dalam sebuah hadits yang menerangkan bahwa wadah dari emas dan perak akan mengobarkan api neraka jahanam.

5. Gunakan 3 Jari Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kebaikan dalam semua hal termasuk cara makan. Beliau selalu menggunakan 3 jari yakni ibu jari, telunjuk dan jari tengah saat makan. Setelah selesai makan, beliau menjilati sisa makanan di tangan. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat makanan yang diberikan Allah SWT.

6. Menyantap Makanan dalam Keadaan Dingin

Salah satu adab makan yang baik adalah menghindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jika makanan terlalu panas dan dingin dapat membahayakan kondisi tubuh. Maka, pastikan untuk menyantap makanan saat dingin.

7. Mengambil Makanan dari Jarak Paling Dekat

Ketika dalam meja makan tersedia berbagai macam makanan, maka ambillah makanan yang jaraknya paling dekat dengan posisi duduk kita. Hal ini merupakan bagian dari sopan santun sebagai umat muslim.

Simak dan Baca Juga : Doa Berpergian

8. Membersihkan Makanan yang Jatuh

Salah satu pepatah dalam islam menerangkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman seseorang. Maka, ketika Kita sedang makan dan beberapa makanan tidak sengaja terjatuh, sebaiknya selalu membersihkannya sesuai makan. Jika sisa makanan yang jatuh dibiarkan saja, makanan tersebut akan dimakan syaitan dan tidak menjadi berkah.

9. Celupkan Lalat yang Jatuh Kemudian Buang

Jika saat sedang makan ada lalat yang tidak sengaja terjatuh ke dalam makanan Kita, maka sebaiknya mengambil dan mencelupkannya terlebih dahulu kedalam air bersih. Setelah itu, Kita bisa langsung membuangnya ke tempat sampah.

10. Sebaiknya Mencuci Tangan Sebelum dan Setelah Makan

Untuk memastikan makanan yang masuk ke dalam perut Kita benar-benar bersih, pastikan untuk mencuci tangan dahulu sebelum dan sesudah makan. Hal ini perlu dilakukan agar terbebas dari bakteri dan sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

11. Selalu Baca Doa Makan Islam Baik Sebelum dan Sesudahnya

Sebagai umat muslim yang baik, Kita harus senantiasa mengingat nama Allah SWT dalam melakukan semua aktivitas, termasuk makan. Kita bisa membaca lafaz arabnya saja maupun ditambah dengan artinya. Jangan lupa untuk mendahuluinya dengan bacaan basmalah. Bacaan doa ini juga bertujuan agar syaitan tidak ikut makan makanan Kita.

12. Gunakan Tangan Kanan dan Makan Sambil Duduk

Selalu gunakan tangan kanan ketika sedang makan dan minum. Hal ini merupakan sebuah budaya dan tata krama yang mencerminkan sopan santun umat beragama. Selain itu, usahakan untuk selalu duduk baik saat makan maupun minum.

13. Habiskan Makanan, Jangan Biarkan Mubazir

Salah satu cara untuk mewujudkan rasa syukur Kita kepada Allah SWT adalah selalu menghabiskan makanan yang Kita ambil. Selain itu, Kita juga dilarang untuk menghamburkan rezeki tanpa memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Ulasan mengenai doa sebelum maupun doa sesudah makan dan minum menjadi ketentuan yang sangat disunnahkan bagi umat islam. Kita juga harus memperhatikan adab makan yang baik dan benar sesuai tuntunan nabi Muhammad SAW agar mendapatkan pahala dan berkah. Sudahkan kita melakukan doa sebelum makan dan sesudahnya dengan benar?

Leave a Reply