doa sebelum belajar latin

Doa Sebelum Belajar

Dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya kita membiasakan untuk membaca doa-doa sebelum memulai kegiatan. Termasuk ketika kita hendak memulai untuk belajar, kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum belajar. Saat kita melakukan kegiatan berdoa ini, diharapkan saat belajar kita diberikan kemudahan, ilmu yang berkah dan bermanfaat, serta selamat sampai akhir waktunya belajar.

Saat belajar pun, kita juga perlu memperhatikan adab-adabnya. Salah satunya adalah dengan membaca doa sebelum belajar dan sesudah belajar. Semua orang mulai dari berusia muda hingga berusia dewasa saat memulai kegiatan belajarnya hendaknya selalu mengawalinya dengan membaca doa.

Di dalam agama Islam tidak ada batasan umur dalam menuntut ilmu. Siapa pun yang memiliki kemauan, dapat belajar sampai kapan pun. Kita bisa mempelajari banyak hal, berupa ilmu pengetahuan umum ataupun ilmu dalam agama. Bahkan ada pepatah belajar dapat dilakukan sejak berada dalam perut ibu hingga ke liang lahat.

Contents

Doa Belajar

Ilmu yang dapat kita pelajari terbagi atas dua, penjelasannya ada di bawah ini.

1. Agama

Ilmu agama yang dapat kita pelajari adalah bagaimana cara kita melakukan ibadah kepada Allah SWT dengan baik dan benar sesuai tuntunan. Saat melakukan ibadah, kita tidak bisa melakukannya sesuai dengan kemauan. Semua hal yang akan kita lakukan di dunia ini ada ilmunya. Jika tidak berdasarkan ilmu, maka ibadahnya belum benar.

2. Dunia

Maksud dari ilmu dunia di sini adalah ilmu yang ada hubungannya dengan hal-hal keduniawian. Seperti ilmu pengetahuan umum yang kita pelajari di sekolah. Ilmu scientist yang dipelajari oleh para ahli-ahli di bidangnya. Kita juga perlu mempelajari hal yang bersifat dunia agar ilmu yang kita miliki seimbang di antara keduanya.

Islam mengharuskan seluruh umatnya untuk dapat menuntut kedua ilmu di atas. Ilmu dunia serta ilmu agama harus dituntut secara seimbang supaya dapat memperoleh kebaikan di dunia maupun di akhirat. Salah satunya adalah kita belajar dan menghafalkan ilmu tentang doa sebelum belajar sesuai sunnah.

Doa Sebelum Belajar

Sebelum membahas tentang doa sebelum belajar, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan belajar. Belajar merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh ilmu baik berupa pengetahuan atau keterampilan, serta adanya perubahan dalam bentuk sikap kita dan munculnya nilai-nilai positif bersumber dari seluruh materi yang telah dipelajari.

Allah berfirman dalam surat Al Mujahidah ayat ke-11, bahwa Allah akan mengangkat dan meninggikan derajat orang beriman yang berilmu, serta Allah adalah Maha Tetiliti pada apa-apa yang telah kita kerjakan di dunia. Hukum dalam mencari dan mengamalkan ilmu yang kita dapatkan adalah wajib. Kunci mendapatkan dunia dan akhirat adalah ilmu.

Saat hendak belajar, para guru akan mengawali kegiatan belajarnya dengan membaca doa sebelum belajar di sekolah. Hal itu dimaksudkan agar ilmu yang diberikan guru dan diterima kita dapat menjadi ilmu yang berkah dalam kehidupan. Dari kecil hingga sudah dewasa, kita akan terbiasa dengan mengamalkan doa tersebut.

Tidak hanya di sekolah saja, saat mengaji di majelis ilmu di Taman Pendidikan Al Quran para siswanya juga akan dibiasakan untuk membaca doa sebelum belajar mengaji. Hal itu juga menandakan kita sudah diajarkan ilmu untuk kehidupan kita di akhirat kelak. Penting untuk menanamkan hal baik ketika di rumah.

Doa sebelum belajar dan artinya dapat kita pelajari di bawah ini.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Umum (Pertama)

doa sebelum belajar bahasa inggris

Bacaan Doa Sebelum Belajar Arab

رَضِتُ بِااللَهِ رَبَا وَبِاالْاِسْلَامِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلَا رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًاوَرْزُقْنِيْ فَهْمًا

Bacaan Doa Sebelum Belajar Latin

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Simak Juga : Doa Sebelum Tidur

Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat (Kedua)

doa sebelum belajar bahasa indonesia

Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat Arab

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat Latin

“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah (Ketiga)

doa sebelum belajar dan artinya

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah Arab

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah Latin

“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah

“Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahumma Inniy (Keempat)

doa sebelum belajar

Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahumma Inniy Arab

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahumma Inniy Latin

Allahumma Inniy As-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahumma Inniy

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahummaftah ‘alaina (Kelima)

doa sebelum belajar di sekolah

Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahummaftah ‘alaina Arab

 اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahummaftah ‘alaina Latin

Allahummaftah ‘alaina hikmataka wansyur ‘alainaa min khozaa,ini rohmatika yaa arhamarraahimiin.

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Allahummaftah ‘alaina

” Ya Allah, bukakanlah untuk kami hikmah-Mu dan taburkanlah kepda kami rahmat-Mu dari gudang-gudang rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Kasih.”
Simak Juga : Doa Pagi Hari

Doa Sesudah Belajar

Tak lupa juga setelah kita melakukan kegiatan belajar, dianjurkan membaca doa sesudah belajar. Supaya ilmu yang kita dapatkan menjadi bermnafaat dan berkah untuk semuanya. Bacaan doa setelah selesai belajar adalah sebagai berikut.

Bacaan Doa Sesudah Belajar Pertama

doa sesudah belajar dan sebelum belajar

Bacaan Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal Haqqa Arab

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Bacaan Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal Haqqa Latin

“Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu”.

Arti Bacaan Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal Haqqa Latin

Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran, sehingga kami bisa mengikutinya. Serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya.

Bacaan Doa Sesudah Belajar Kedua

doa sesudah belajar ngaji

Bacaan Doa Sesudah Belajar Rabbanan fa’naa Arab

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Bacaan Doa Sesudah Belajar Rabbanan fa’naa Latin

“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal”.

Arti Bacaan Doa Sesudah Belajar Rabbanan fa’naa

Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.

Bacaan Doa Sesudah Belajar Ketiga

doa sesudah belajar

Bacaan Doa Sesudah Belajar Allaahumma innii istaudi’uka Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Sesudah Belajar Allaahumma innii istaudi’uka Latin

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin”.

Arti Bacaan Doa Sesudah Belajar Allaahumma innii istaudi’uka

Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku, maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.

Adab Menuntut Ilmu

Saat sejak dini, orang kita biasanya sudah membiasakan kita untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan suatu kegiatan. Bahkan, di sekolah Taman Kanak-kanak kita juga diajari membaca doa mau belajar anak tk. Sebegitu pentingnya, saat mulai membiasakan dalam memulai dengan berdoa sejak dini. Kita memang perlu dilatih sejak kecil.

Ketika seseorang yang hendak belajar, kita perlu memiliki akhlak yang mulia serta adab yang mengiringinya. Adab memang diperlukan dalam melakukan sesuatu, apalagi ketika sedang menuntut ilmu kepada guru kita. Ilmu yang diperoleh juga perlu untuk diamalkan dengan diterapkannya aklak yang baik untuk diri sendiri dan kepada orang lain.

Di bawah ini adalah adab-adab dalam menuntut ilmu yang harus kita perhatikan.

1. Meluruskan niat yang ikhlas saat menuntut ilmu

Dalam melakukan berbagai hal, seharusnya didasari dengan rasa ikhlas lillahi ta’ala. Termasuk juga dalam menimba ilmu. Saat kita merasa ikhlas, selain mendapatkan ilmu yang mempunyi manfaat kita juga akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Allah juga akan meridhoi kegiatan apa saja yang akan kita lakukan.

Ketika kita mecari ilmu dan kita niatkan bukan karena Allah, maka kita adalah orang yang pertama kalinya akan dipanaskan oleh api neraka. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah bahwa ketika seseorang dalam menuntut ilmu tidak karena Allah. Orang tersebut malah meniatkannya untuk mendapatkan keuntungan yang ada di dunia, ia tidak akan pernah mencium wangi surga saat kiamat.

2. Berdoa kepada Allah dengan rajin untuk meminta agar ilmu yang dipelajari menjadi manfaat

Setiap orang yang menuntut ilmu seharusnya selalu meminta kepada Allah agar ilmu yang didapatkan mempunyai manfaat. Memohon juga untuk selalu diberi pertolongan serta senantiasa mengingat Allah. Terutama memohon agar dilindungi dari ilmu yang tidak ada manfaatnya yang dapat membuang-buang waktu saja dengan percuma.

3. Saat belajar seharusnya dengan rasa sungguh-sungguh dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Kita perlu bersungguh-sungguh disertai dengan sikap rajin dalam menimba ilmu. Kita tidak sepantasnya bermalas-malasan ketika belajar, karena ketika kita malas maka ilmu yang didapatkan juga sulit untuk diterima. Dengan izin Allah, kita akan memperoleh ilmu yang bermanfaat.

4. Berusaha untuk menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan dosa lainnya

Ketika seseorang melakukan dosa atau berbuat sesuatu hal yang maksiat, hal itu akan menjadi penghalang untuknya dala menerima ilmu yang diberikan oleh guru kita. Sesungguhnya kemaksiatan dan dosa memang dapat menghalangi seseorang mendapatkan sebuah ilmu yang bermanfaat. Dampak lain yang ditimbulkan adalah hidup menjadi rusak dan tentu saja mendapatkan dosa.

5. Kita tidak diperbolehkan memiliki sifat sombong dan merasa malu

Saat kita memiliki perasaan malu dan sombong, dapat menyebabkan kita sulitnya untu memperoleh ilmu yang dipelajari. Ketika kita masih memiliki dua sifat buruk tersebut dalam diri kita, percayalah bahwa kita tidak akan diberi kemudahan untuk memahami ilmunya. Sesuai dengan hadist riwayat Bukhari, bahwa seseorang tidak akan mendapatkan ilmu jika memiliki sifat sombong dan pemalu.

6. Memperhatikan dengan sesama saat guru menyampaikan ilmu

Adab ke-6 adalah seharusnya kita mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama pada apa-apa yang disampaikan oleh guru. Hal itu sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran surat Az-Zumar pada ayat ke-17 sampai dengan 18. Ayat tersebut memiliki inti bahwa seseorang yang mendengarkan kemudian mengamalkan dan mempraktekkan adalah seseorang yang diberi petunjuk.

7. Tidak ramai saat diterangkan pelajaran

Saat guru menyampaikan ilmu kepada kita, adab yang harus dilakukan adalah mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama. Sebaiknya kita berbicara sendiri dan tidak ramai. Hal yang harus kita lakukan adalah berbicara atau bertanya ketika pada waktu yang sudah diberikan guru, misalnya ketika berdiskusi atau saat diberikan kesempatan oleh guru untuk berbicara.

8. Berusaha untuk memahami apa yang disampaikan

Tips yang harus kita lakukan dalam mencari ilmu adalah mencari tempat atau kursi yang berada tepat di depan guru. Tidak hanya mendengarkan, kita juga perlu membuat catatan pada buku. Saat kita mencatat, otak akan bekerja dua kali dalam menerima ilmu. Kita juga dapat mempelajarinya dengan mengulang materi yang telah disampaikan.

Simak Juga : Doa Memakai Pakaian

Keutamaan Membaca Doa Belajar

Saat di sekolah, kita juga dibiasakan untuk membaca doa mau belajar di sekolah mulai dari kecil hingga kita menginjak di bangku kuliah. Saat membaca doanya, kita akan menemui berbagai keutamaan yang akan kita peroleh. Salah satunya adalah Allah memberikan kita ilmu yang membawa manfaat yang dapat membuahkan rezeki dari Allah dan amal-amal kita diterima-Nya.

Kita sudah mengetahui bersama bahwa dalam belajar, kadang kita mengalami kendala-kendala dan bukan sesuatu perkara mudah untuk dijalankan. Keinginan, waktu, dan biaya adalah hal-hal yang dibutuhkan saat belajar. Tak banyak orang yang memiliki hal tersebut. Ada juga penghalang yang dapat menghambat belajar, dengan membaca doa kita akan mendapatkan hikmahnya.

1. Ilmu yang diperoleh menjadi lebih berkah

Hukum mencari sebuah ilmu adalah wajib, hal itu sesuai dengan hadist riwayat Al Baihaqi bahwa setiap laki-laki maupun perempuan wajib hukumnya dalam mencari ilmu. Kita yang terbiasa untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum memulaibelajar, akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkannya dari guru kita, serta berkahnya akan kita dapatkan juga.
Tidak hanya berkahnya saja, tidak lupa kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Hal itu terjadi karena alasannya adalah, saat kita berdoa dalam sebelum dan sesudah kegiatan apa saja maka artinya kita sudah melibatkan Allah dalam setiap kegiatan yang akan kita kerjakan. Maka dengan izin Allah, kita akan diberikan limpahan berkah oleh-Nya.

2. Diberikan kemudahan saat belajar

Saat kita belajar, tentunya kita akan mendapatkan dan menjumpai berbagai halangan. Saat belajar dan kita membaca doa terlebih dahulu, dengan membacanya itu Allah akan memudahkan kita dalam menangkap ilmu yang diajarkan oleh guru-guru kita di sekolah. Hal itu nantinya akan memudahkan kita dalam ilmu yang dipelajari akan memudahkannya untuk diterima.

3. Kita akan memperoleh pahala yang banyak

Saat kita sering berdoa dan menjadi kebiasaan kita memulai dan mengakhiri kegiatan, maka kita akan mendapatkan imbalan yang dapat berupa sebuah pahala dari allah SWT. Imbalan lainnya juga dapat berupa doa-doa yang kita panjatkan akan terkabulkan jika Allah menghendaki. Maka kita tidak perlu ragu untuk membiasakan diri kita melakukan hal yang baik.

Hal-hal yang baik memang perlu untuk dibiasakan sejak dini. Kita dapat memulainya dengan mengawali dari hal-hal yang kecil. Membaca doa dalam setiap apa yang akan kita kerjakan adalah hal yang penting. Selain membacakan doa setelah belajar, kita juga perlu membaca doa kafaratul majelis.

Tinggalkan komentar

Tentang | Privasi | Penulsi | Kontak