Pengertian Fiber Optik, Bagian-bagian, Jenis dan Fungsinya

Dalam rangka membangun instalasi jaringan internet berskala besar, dibutuhkan banyak sekali sumber daya berbagai jenis material. Tujuannya, untuk mengirimkan data secepat mungkin dari jarak sangat jauh. Salah satunya dengan menggunakan fiber optik. Apa pengertian fiber optik?

Membangun jaringan internet lintas negara, bahkan lintas benua sangatlah sulit. Sebab jaraknya yang sangat jauh dan medan, serta iklim yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan jaringan yang berkecepatan tinggi serta tidak terpengaruh oleh cuaca.

Pengertian Fiber Optik (Optical Fiber)

Apa itu fiber optik? Serat optik atau sering disebut sebagai fiber optik adalah salah satu teknologi kabel yang dibuat menggunakan serat kaca. Serat tersebut mampu digunakan untuk mengirimkan data dalam jarak yang sangat jauh dalam waktu singkat.

Prinsip kerja fiber optic memanfaatkan sifat cahaya. Data digital diubah terlebih dahulu menjadi impuls cahaya, kemudian dihantarkan menggunakan kabel ini. Untuk lebih mengerti fiber optik, perlu mempelajari dulu pengertian kabel jaringan.

Bagian-Bagian dan Komponen Kabel Fiber Optik

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kabel serat optik dibentangkan bermil-mil jauhnya melewati lautan dan berbagai jenis gambar kabel. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika memerlukan perlindungan lebih kuat. Maka dari itu, ada cukup banyak lapisan serat optik.

1. Core

Bahan fiber optik terbuat dari kaca yang bisa mentransmisikan gelombang cahaya. Semakin besar ukuran core, maka akan semakin banyak pula data yang dapat ditransmisikan.

2. Cladding

Cladding adalah komponen yang membungkus core secara langsung. Cladding akan memantulkan impuls cahaya kembali ke dalam cor, sehingga tetap berada di jalur.

3. Coating

Coating juga merupakan lapisan untuk melindungi inti dari kabel FO agar lebih tahan terhadap guncangan dan melindungi kabel dari masuknya air serta kerusakan lainnya.

4. Outer Jacket

Outer Jacket adalah lapisan terluar dari kabel kaca fiber. Lapisan ini digunakan untuk melindungi komponen bagian dalam dari berbagai macam kerusakan.

Jenis-Jenis Kabel Fiber Optik

Fungsi kabel tentunya sebagai media untuk mentransmisikan sesuatu. Bisa berupa listrik, suara, bahkan cahaya dan optik.

• Single-mode Fiber (SMF)

Fiber optic single mode adalah jenis kabel fiber optik yang digunakan untuk mentransmisikan data dengan jarak yang luar biasa jauh. Kabel ini berukuran sangat kecil sehingga hanya mengirimkan satu mode cahaya saja.

• Multi-mode Fiber (MMF)

Multi-mode Fiber atau kabel FO adalah konektor kabel fiber optik untuk mentransmisikan banyak data dalam waktu bersamaan. Ukuran core pada kabel jenis ini membuat pelemahan gelombang menjadi lebih cepat, sehingga hanya cocok untuk jarak yang tidak terlalu jauh.

Tipe Kabel Fiber Optic

Ada cukup banyak tipe fiber optik yang tentunya memiliki fungsi kabel yang sedikit berbeda. Kecepatan dan ketahanan dalam mengirimkan modul fiber optik juga berbeda-beda.

  • Zipcord cable
  • Breakout Cable (Indoor/Outdoor)
  • Simplex cable
  • Tight Buffer (Indoor/Outdoor)
  • Low Smoke Zero Halogen (LSZH)
  • Armored Cable
  • Hybrid & Composite Cable
  • Aerial Cable/Self-Supporting

Fungsi Fiber Optik

Apa itu fiber optik dan apa fungsinya? Arti dari fiber merupakan serat serta memiliki fungsi untuk mentransmisikan data dengan kecepatan tinggi. Serat tersebut digunakan dalam membangun jaringan fiber optik untuk menghubungkan antar komputer.

Dengan adanya fungsi tersebut, maka topologi fiber optik menjadi lebih bermanfaat lagi untuk membuat sebuah jaringan besar yang lebih efisien.

Cara Kerja Fiber Optik

Cara kerja tentang fiber optik cukup sederhana. Data biner yang ada di dalam komputer diolah sesuai dengan program yang ada menggunakan logic gate beserta komponen lainnya, seperti transformator, resistor, processor, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, perlu sekali untuk mempelajari dan memahami pengertian logic gate beserta komponen lainnya. Selain itu, pengertian transistor juga tidak kalah penting untuk diketahui.

Data biner kemudian dikirim ke komputer atau ke server lainnya menggunakan kabel fiber optik. Kabel tersebut juga melewati daerah terbuka seperti halnya dengan kabel listrik outdoor. Data biner tersebut ditransmisikan dalam bentuk gelombang cahaya, sehingga bergerak lebih cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kelebihan

  • Gambar kabel fiber optik lebih mudah dipahami
  • Mampu mempertahankan daya dengan sangat baik
  • Lebih aman dibandingkan kabel jenis lain
  • Bandwidth tinggi.

Kelemahan

  • Harganya sangat mahal
  • Mudah patah
  • Biaya perawatan mahal
  • Memerlukan alat ukur jarak agar lebih akurat.

Sejarah fiber optik dimulai dari keresahan saat menggunakan kabel tembaga maupun logam lainnya untuk mentransmisikan data. Perkembangan ini terus berlanjut sampai pada akhirnya terbentuklah jaringan internet sebesar sekarang ini. Nah, sekarang sudah tahu pengertian fiber optik, kan?

Leave a Comment